CARA DOWNLOAD VIDEO DI FACEBOOK LITE TANPA APLIKASI

Facebook kini telah meningkatkan dan mengubah beberapa fitur yang sempat mengalami eror. Modifikasi dan perbaikan dari versi sebelumnya menambah pengalaman berselancar facebook jauh lebih baik. Sejak hadirnya aplikasi facebook, Youtube tidak lagi menjadi satu-satunya wadah untuk menonton video online secara gratis. Kini facebook juga menghadirkan konten video yang bisa ditonton bagi pemakai setia aplikasi facebook. Pergeseran eksistensi ini tentunya sangat disambut oleh banyak kalangan.

Sama seperti aplikasi lainnya, Facebook Lite juga menggunakan sistem cache yang dapat dimanfaatkan dalam menyimpan data. Sehingga, Anda tidak perlu mendownload menggunakan aplikasi tambahan jika Anda ingin mengunduh video ataupun file lainnya. Namun, tidak semua mengetahui hal ini.

Cara Download Video di Facebook Lite Tanpa Aplikasi

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara download video di Facebook Lite dan juga cara menyimpan file video tersebut ke galeri.  Sebelum itu, cara yang akan disampaikan nanti tidak menggunakan aplikasi tambahan untuk menghemat memori dan juga kita bisa memanfaatkan cache yang ada pada aplikasi facebook lite ini. Yuk simak caranya !

Ini langkah-langkahnya :

  1. Buka facebook Lite anda dan putar video yang ingin Anda download.
  2. Tonton video tersebut sampai habis dan jangan di skip. Hal ini bertujuan agar data cache yang tersimpan akan sempurna terdownload.
  3. Setelah video sudah ditonton sampai habis, silakan keluar aplikasi Facebook Lite. Kemudian buka file penyimpanan data lalu pilih penyimpanan telepon.
  4. Selanjutnya pilih folder Android.
  5. Selanjutnya pilih folder Data.
  6. Scroll down atau geser ke bawah untuk mencari folder yang bernama com.facebook.lite, lalu buka folder tersebut.
  7. Kemudian pilih folder cache.
  8. Sesuai dengan file yang telah didownload yaitu berupa video, maka silakan pilih folder video.
  9. Jika ada banyak folder video dengan nama yang acak, agar tidak bingung silakan urutkan folder sesuai waktu didownload atau sort by time. Lalu pilih folder dengan waktu terakhir kali.
  10. Lalu akan ada file dengan nama 0000000000000000, langkah selanjutnya yaitu ganti nama file tersebut dengan cara pilih file tersebut > pilih ikon menu atau lainnya > kemudian pilih rename.
  11. Tambahkan (.mp4) di akhir nama file sebagai format file tersebut lalu pilih OK atau simpan.
  12. Video siap untuk ditonton sampai sepuasnya.

Memindahkan Video ke Galeri

File cache yang sudah anda ubah menjadi mp4 tersebut tidak selamnya berada di dalam folder. Pada beberapa kasus, pengguna sering menghapus file cache aplikasi dengan aplikasi keamanan pada smartphone sehingga file tersebut akan terhapus.

Maka dari itu sebelum kamu menghapus cache, kamu harus memindahkan video tersebut ke tempat penyimpanan lainnya dengan cara :

  1. Pilih video yang sebelumnya telah berhasil didownload lalu pilih pindahkan atau Move to. Anda juga boleh memilih Copy atau salin.
  2. Silakan paste atau pindahkan video ke tempat penyimpanan yang Anda inginkan dan memindahkan video telah berhasil dilakukan.

Seperti caranya, mudah bukan? Dengan cara itu anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan untuk mendownload video terutama jika anda memiliki smartphone yang ruang penyimpanan kecil atau sedang penuh untuk menginstall aplikasi. Itulah cara donwload video di facebook Lite tanpa menggunakan aplikasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang bingung menyimpan video facebook tanpa aplikasi. Terima kasih.