Mengulas Tentang Manfaat Green Coffee dan Efek Sampingnya

Manfaat green coffee  sebagai salah satu menu diet telah menjadi perdebatan. Kopi hijau hampir sama dengan kopi lainnya, hanya saja warnanya hijau. Biji hijau tidak melalui proses pemanggangan sehingga tidak mengalami perubahan warna menjadi coklat. Setiap biji kopi memiliki asam klorogenik jika diproses dalam pemanggangan maka akan menurunkan jumlah zat tersebut. kopi hijau yang tidak melalui proses ini membuat asam klorogenik membawa banyak manfaat dalam tubuh termasuk menurunkan berat badan. Kopi hijau diklaim sebagai cara untuk membakar lemak dengan cepat tanpa mengubah pola hidup sehat maupun olahraga.

Berikut adalah manfaat kopi hijau diantaranya:

  • Mampu meningkatkan metabolisme karena asam tinggi, tingkat akan melepaskan glukosa dari tubuh dan menahan pelepasannya terlalu banyak menuju hati dalam darah.
  • Mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga dapat terkontrol dengan baik sehingga dapat dikonsumsi untuk orang yang mengalami kolesterol tinggi dan memiliki gangguan jantung dengan cara meminumnya ekstraknya.
  • Detoksifikasi merupakan penghilang racun dalam tubuh dan berbagai masalah tubuh sehingga tidak perlu takut jika bertambah gendut.
  • Sebagai antioksidan yang dapat mengurangi terjadinya efek radikal bebas penyebab kerusakan sel pada tubuh dan mencegah pertumbuhan 4 jenis sel kanker.
  • Membantu peningkatan mood dan kognitif sehingga akan membantu reaksi waktu, fokus, memori, dan tingkat kewaspadaan.

Jika ingin mengonsumsi kopi hijau maka cukup menyiapkannya dan menghaluskan dalam 1 sendok bubuk kopi dalam cangkir. Lalu seduh menggunakan air panas lalu aduk secara merata dan tambahkan kenikmatan dengan air lemon maupun madu. Untuk membuat khasiat kopi tidak hilang maka sebaiknya jangan tambahkan gula terutama jika menjalani program diet dan kopi hijau dalam dikonsumsi dalam 3 kali sehari sebelum melakukan olahraga.

Untuk mengonsumsi kopi hijau dapat dilakukan dengan cara teknik drip method yaitu biji kopi bubuk disaring menggunakan kertas saring. Lalu menuangkannya air panas diatas kopi lalu merendamnya dengan memanaskan bejana lalu kopi hijau dapat disajikan dengan baik. Dapat menggunakan metode french press dengan menuangkan kopi dalam french press, pastikan dimasukkan dalam air panas hingga menghasilkan gelembung air dan memberikan aroma kopi yang pas lalu aduk dan proses terakhir dengan tutup french press perlahan lalu mencampurkan kopi dalam cangkir yang siap dihidangkan. Kopi hijau dengan cara teknik turkish coffe dengan menggiling kopi manua dengan lesung hingga menjadi bubu, lalu letakkan kopi dalam bejana lalu campurkan air dan gula, racik dan diamkan hingga 3 kali lalu kopi sudah siap disajikan dengan enak.

Berikut adalah efek samping dari kopi hijau diantaranya:

  • Gangguan psikis seperti gelisah, gugu, tegang hingga rasa cemas yang dapat menghambat kegiatan sehari dan membuat tubuh tidak produktif jika dikonsumsi berlebih.
  • Memiliki efek serupa dengan kafein pada umumnya membuat gangguan fisik seperti sakit pada ulu hati, susah tidur, sakit perut dan merasakan detak jantung meningkat.
  • Menyebabkan diare karena menganggu saluran pencernaan dan berakibat fatal pada kematian karena tubuh kekurangan cairan.

Selain mengetahui manfaat green coffee yang baik tentu perlu mengetahui efek samping jika dikonsumsi berlebihan. Efek yang dirasakan adalah tekanan darah menjadi tinggi karena kopi hijau mengalami penumpukan pada pembuluh darah dan dapat menimbulkan komplikasi secara medis. Kopi hijau juga dapat berkontribusi dalam pengeroposan tulang sehingga akan membuat tubuh cepat rapuh dan membuat usus teritisi karena penyerapan lemak serta karbohidrat mengalami penurunan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*