Resep cara membuat semur jengkol atau jengkol balado

Jengkol, meski memiliki citarasa dan aroma khas yang cukup menyengat indera penciuman kita tetapi tidak mengurangi selera kita untuk menikmati masakan jengkol yang enak. Kali ini kami akan memberikan artikel mengenai resep semur jengkol, pada artikel kali ini kami akan berbagi pengalaman tentang masakan semur jengkol. Hidangan ini rasanya cocok untuk disajikan di rumah dan dimakan bersama keluarga. Masakan ini merupakan salah satu jenis masakan khas Indonesia yang cukup populer. Biasanya hidangan ini dijual di toko atau restoran nasi padang. Cara membuatnya jengkol cukup mudah diproses hanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Rasanya dijamin enak dan kalian pun akan ketagihan untuk terus memakannya. Harap siapkan bahan untuk memasak hidangan ini.

Bahan semur jengkol

  • Jengkol 500 gram
  • Gula 1 sendok makan
  • 4 sendok makan minyak goreng
  • 3 sendok makan kecap asin
  • Air 500 ml
  • Lengkuas 4 cm, dihancurkan
  • 1 tangkai serai

Bumbu rempah-rempah:

  • Bawang merah 8 siung
  • 6 siung bawang putih
  • Cabai merah keriting 10 lembar
  • garam secukupnya

Cara memasak

  1. Pertama kita rebus sampai matang jengkol rebus dan yang pertama kita buang jengkol airmya kemudian direbus lagi dengan air baru, rebus sebentar.
  2. Setelah mendidih beri dengan air dingin sehingga ketika kita melepas kulit jengkol tidak panas kemudian bersihkan jengkol sampai bersih, lalu kita membelah dan keprek jengkol satu per satu sampai pipih dilakukan sampai selesai.
  3. Selanjutnya kita menyiapkan wajan dan memanaskan minyak dan menumis bahan yang telah dilunakkan kemudian tambahkan jahe, serai, daun salam, tumis dan aduk hingga aromanya harum, lalu kita tuangkan air dan aduk lagi sampai mendidih.
  4. Baru-baru ini kita masukkan jengkol aduk sebentar sampai rata lalu tambahkan gula dan kecap asin lalu aduk kembali ke dalam air dan masak sampai kuahnya mengental lalu angkat dan sajikan dalam mangkuk yang sudah disiapkan.

Manfaat dari mengkonsumsi jengkol

Memang jengkol bisa menyebabkan nafas, feses dan urine menjadi bau, tetapi jengkol juga memiliki manfaat loh untuk kesehatan kita karna jengkol memiiki kandungan vitamin A, B dan juga C selain itu jengkol juga mengandung karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, fosfor, steroid, glikosida, saponin, tannin dan alkaloid. Jengkol memiliki sifat diuretic sehingga bisa menjadi penangkal untuk berbagai penyakit. Seperti menangkal radikal bebas sehingga menghindari penyakit kanker, mencegah asam lambung dna penyakit magh, sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga untuk janin, mencegah terjadinya anemia, meningkatkan kekuatat otot dan juga tulang, mengontrol tekanan darah, menjaga jantung, mencegah terjadinya diabetes, mengatasi penyakit sembelit, memperkuat gigi, membantu menurunkan berat badan sangat cocok untuk yang sedang diet, mengontol kadar gula dalam tubuh, mencegah terjadinya penyakit kronis, meningkatkan imun dan stamina tubuh, mencegah tejadinya kecacatan pada bayi. Meskipun ada manfaatnya jengkol juga memiliki efek samping, seperti retensi urine, gagal ginjal dan kejang otot. Oleh karena itu dalam mengkonsumsi jengkol janganlah terlalu banyak.

Demikian informasi tentang cara membuat resep semur jengkol terbaik. Bagaimana, jika kalian tertarik membuat dan menyajikan hidangan ini di rumah? Tidak ada salahnya jika kalian benar-benar ingin membuatnya sendiri dirumah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*