Salah Kaprah Memahami Jenis Makanan dan Minuman Perusak Gigi

Meratakan gigi adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Pasalnya banyak hal negatif ketika gigi tidak rata. Namun sayangnya setelah gigi menjadi rata, banyak yang tidak membarenginya dengan perawatan gigi yang benar. Sudah keluar cukup banyak biaya namun pada akhirnya timbul permasalahan lainnya.

Bahkan anehnya banyak yang masih memiliki pemahaman jika kebiasaan seperti memakan permen, merokok, dan minum kopi adalah faktor perusak gigi paling besar. Padahal faktanya ada jenis makanan dan minuman tertentu yang justru memiliki efek yang lebih besar terhadap rusaknya gigi.

Selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi. Sebab jika gigi sudah terlanjur rusak, akan cukup susah untuk diperbaiki. Bahkan langkah yang cukup ekstrim adalah mematikan syaraf pada area yang giginya sudah rusak.

Kenapa? Sebab terkadang tidak cukup hanya mencabut gigi yang rusak saja. Terkadang jika sudah sampai pada tahapan parah, akan cukup sulit untuk diobati. Dan yang sudah pernah merasakan sakit gigi pastinya mengerti seperti apa deritanya ketika baru kumat.

Pemahaman yang Salah Kaprah

Penting untuk diperhatikan betul terkait dengan jenis makanan dan minuman perusak gigi. Kenapa? Sebab fakta membuktikan jika sumber masalah gigi rusak bukan ada pada makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Melainkan sumber terbesarnya ternyata terletak pada seberapa lama gigi tepapar asam yang dihasilkan dari sisa-sisa makanan dan minuman yang menumpuk pada permukaan maupun di sela-sela gigi.

Misalnya seperti ini, pada saat mengonsumsi jenis makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi, bakteri yang ada di mulut akan memproduksi asam untuk mengolah gula tersebut.

Dan asam inilah yang umumnya akan mengendap di permukaan gigi. Efeknya adalah lapisan terluar dari gigi yang dikenal dengan namaenamel menjadi kotor. Pada saat enamel hancur atau rusak, pada saat inilah kerusakan gigi dimulai.

Pastinya Anda tidak mau usaha keras Anda dalam meratakan gigi berakhir dengan sia-sia lantaran keteledoran atau ketidak pahaman Anda.  Oleh sebab itu penting sekali untuk terus berusaha menjaga kesehatan gigi yang salah satunya bisa dengan cara menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang berpotensi mempercepat gigi rusak.

Mengenal Makanan Perusak Gigi

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang dikenal bisa membuat gigi cepat rusak. Salah satu contohnya adalah jeruk. Memangnya apa alasannya jeruk bisa mempercepat kerusakan pada gigi?

Buah jeruk dikenal memiliki rasa manis dan sedikit asam. Ternyata kandungan asam alami yang ada di dalamnya ini bisa mengikis enamel gigi. Dengan demikian gigi akan lebih rentan terhadap pembusukan.

Sebenarnya masih cukup banyak jenis makanan yang berpotensi besar merusak gigi. Misalnya seperti buah-buahan kering. Buah-buahan kering seperti halnya manisan buah dan kismis juga memiliki pengarah sangat buruk terhadap kesehatan gigi.

Tekstur lembek dan lengket, jenis makanan ini bisa dengan mudah menempel pada sela-sela gigi. Dan jika tidak segera dibersihkan maka akan membentuk plak atau karang gigi. Setelah itu potensi gigi berlubang juga sangat besar.

Kemudian berkaitan dengan jenis minuman apa saja yang berpotensi merusak gigi, ulasan lengkapnya bisa dilihat di rata.id. Oleh sebab itu, selain meratakan gigi, menghindari beberapa jenis makanan dan minuman perusak gigi adalah salah satu upaya terbaik untuk menjaga kesehatan gigi Anda.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*