Tips Menentukan Pipa Air Yang Tepat Sesuai Dengan Kebutuhan

Sering gonta-ganti pipa karena pipa air yang bocor atau fitting pipa yang rusak? Atau karena aliran air yang sering tersumbat? Kondisi seperti ini tidak hanya akan sangat merepotkan tetapi juga cukup untuk menguras kantong. Itulah mengapa pemilihan pipa seharusnya tidak dilakukan dengan gegabah agar tidak salah pilih dalam menentukan pipa yang tepat sehingga pipa air dapat lebih awet dan tahan lama digunakan.

Dalam hal ini, pipa yang dipilih tidak hanya harus berkualitas tetapi juga harus sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, sebelum menentukan mana pipa yang sesuai untuk bisa digunakan, perhatikan beberapa tipsnya berikut ini:

  • Ketahui Jenis Pipa Yang Dibutuhkan

Seperti yang Anda tahu, pipa dibedakan menjadi berbagai macam jenis dengan karakteristik yang berbeda. Karena itulah, pastikan Anda mengetahui lebih dulu jenis pipa apa yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, jenis pipa PVC yang sifatnya kaku dan ringan bisa Anda gunakan untuk kebutuhan di rumah seperti untuk saluran pembuangan air dan juga atap rumah.  Atau juga jenis pipa dan fitting HDPE yang lentur tapi kuat dan tidak mudah terkena korosi yang cocok digunakan untuk instalasi pipa air bersih. Juga jens-jenis pipa lainnya dengan karakteristik masing-masing yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Pastikan Kekuatan dan Kelenturan Pipa Sesuai Kebutuhan

Setiap jenis pipa mempunyai kekuatan dan kelenturan yang berbeda, contohnya saja yang paling jelas terlihat adalah antara pipa PVC dan pipa HDPE. Jika Anda membutuhkan pipa untuk di tempat yang aman, pipa paralon dengan kelenturan rendah akan baik Anda gunakan. Namun jika untuk tempat yang sulit, pipa yang lentur dan kuat seperti pipa HDPE rucika akan lebih baik.

Untuk mengetahui kekuatan dan kelenturan pipa, cobalah tekan pipa agak kuat. Jika pipa tidak pecah maka itu artinya pipa tersebut berkualitas baik dan lentur. Hal ini pada dasarnya dipengaruhi oleh material bahan pembuatan pipa.

  • Sesuaikan Ukuran Pipa Dengan Kebutuhan

Dari segi ukuran, pipa untuk kebutuhan saluran air bersih rumah biasanya hanya perlu pipa dengan diameter 0,5 hingga 1,5 inci. Sementara untuk air buangan adalah 2,3 hingga 4 inci untuk ukuran pipa jenis HDPE dan PVC.

  • Tentukan Fitting dan Jenis Perekatnya

Untuk memilih fitting pipa atau aksesoris penyambung, sebaiknya pilihlah yang tipe dan ukuran diameternya sama dengan jenis pipa yang digunakan. Selain itu, pilih juga perekat yang dapat menempel sempurna pada pipa, baik itu berupa perekat atau lem biasa maupun solvent cement.

Itulah beberapa tips untuk menentukan pipa yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain tips-tips diatas, perhatikan juga kondisi airnya sebab pipa dan fitting pipa untuk air suhu panas dan suhu dingin juga perlu dibedakan.