Yuk kenali penyebab umum rotavirus

Rotavirus adalah virus yang menginfeksi usus . Penyakit ini biasanya terjadi dinegara negara berkembang dengan tingkat nutrisi dan fasilitas kesehatan yang kurang optimal . Virus yang menginfeksi ini juga menjadi penyebab umum dari penyakit diare pada bayi dan anak anak di seluruh dunia . Di seluruh dunia ini penyakit rotavirus telah menyebabkan lebih dari setengah juta anak meninggal tiap tahunnya karena penyakit ini .

Bayi dan anak anak yang terinfeksi rotavirus harus mendapat perawatan secraa intensif karena penyakit ini disebabjan dehidrasi dengan cepat . Jika tidak ditangani , dehidrasi pada bayi dan anak anak akibat dari rotavirus . Yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang berat . selain , bayi dan anak anak rotavirus juga dapat menginfeksi remaja dan orang dewasa .

Dilansir dari alodokter gejala gejala rotavirus ini  biasanya merupakan tanda awal infeksi rotavirus dan biasanya muncul dalam dua hatu setelah terpapar virus . Demam dan muntah muntah salah satu tanda rotavirus kemudian diikuti diare yang bisa terjadi selama 3-8 hari dan juga infeksi ini menyebabkan nyeri pada daerah perut .

Gejala gejala rotavirus ada  2 yaitu jika menyerang anak dan menyerang orang dewasa , yaitu gejala rotavirus  lainnya pada anak seperti mulut kering , buang air lecil berkurang , menangis tanpa mengeluarkan air mata , tampak mengantuk , penurunan kesadaran , rasa haus yang berlebihan , ujung jari terasa dingin dan mata serta ubun ubun yang terasa cekung , tanda tanda dehidrasi , mengalami buang air besar dengan feses berwarna hitam dan mengandung darah atau nanah , gejala muntah muntah yang sering terjadi , mengalami demam dengan suhu 40 C dan telihat lemas , mengantuk serta mengalami diare lebih dari 24 jam .

Gejala yang berbeda muncul pada orang dewasa sehat dan cenderung bersifat ringan atau tidak ada sama sekali . namun jika diderita orang dewasa perlu diwaspadai dan hubungi dokter jika terdapat gejala berikut ini : diare lebih dari 2 hari , muntah darah atau buang air dengan feses , demam dengan suhu 39,4 C atau lebih , dan tanda tanda dehidrasi seperti rasa haus yang berlebihan , mulut kering , lemes , pusing pada saat berdiri , kepala berkunang kunang dan buang air kecil sedikit .

Infeksi rotavirus sangat umum terjadi pada anak anak usia 3-35 bulan , yang biasanya terjadi penitipan anak dan rumah sakit . orang dewasa yang mengurus anak anak juga memiliki resiko terkena infeksi rotavirus . Infeksi ini dapat terjadi lebih dari sekali walaupun sudah melakukan vaksinasi , hal ini menyebabkan karena jenis rotavirus yang cukup Bergama namun semain sering infeksi dan gejala yang muncul akan berkurang keparahannya . Jadi penularannya diatas juga disebabkan penyebab rotavirus yaitu biasanya ditularkan melalui fecal oral yaitu virus menyebar dari feses penderita dan tidak sengaja masuk ke mulut seseorang serta  misalnya melalui kontak dengan air , makanan , tangan dan objek lain yang sudah terkontaminasi rotavirus ini .

Lalu bagaimana penyebaran rotavirus tersebut ? virus ini dapat dengan mudah menyebar ke segala jenis objek yang dipegang contohnya saja mainan atau perabotan ,  penyebaran ini dikarenakan hal sederhana seperti  lupa mencuci tangan dengan sabun setelah buang air besar atau setelah membersihkan anak yang baru buang air besar .

Sumber gambar : genengnews.com