2 Jenis Coffee Machine

2 Jenis Coffee Machine

Coffee machine atau mesin kopi pertama kali berasal dari Italia. Nama espresso juga berasal dari Italia yang artinya express atau cepat karena memang dibuat untuk memberikan kopi yang cepat untuk para pelanggannya.

Sejarah menyebutkan bahwa mesin kopi ini diciptakan untuk memenuhi permintaan kopi yang terus meningkat. Pada abad ke-19, kedai kopi mulai ada dan berkembang di berbagai negara. Proses pembuatan kopi yang lambat menjadi masalah karena pelanggan harus mengantri lama untuk minum kopi pesanan mereka.

Kemudian, orang Eropa melakukan eksperimen dan mencari solusi untuk masalah tersebut. Angelo Moriondo, pria asal Turin, Italia, kemudian berhasil menemukan alat untuk menyeduh kopi. Ia memperoleh hak paten untuk mesin yang disebut new steam machinery for the economic and instantaneous confection of coffee beverage.

Sayangnya, mesin yang ditemukan oleh Moriondo dinilai tidak mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dan akhirnya menghilang tanpa kabar. Orang-orang seperti Desiderio Pavoni, Luigi Bezzerra, Achille Gaggia kemudian memodifikasi mesin Moriondo, yang melahirkan mesin espresso. Kemudian hingga saat ini sudah banyak jenis mesin kopi yang ada di pasaran.

Mesin Kopi Otomatis

Mesin espresso otomatis sering disebut pod coffee. Alat desain modern ini merupakan salah satu inovasi dalam dunia kopi. Penggunaan mesin kopi otomatis sangat praktis dan tidak rumit karena sudah menggunakan teknologi canggih modern masa kini.

Secara umum, alat otomatis ini sedikit berbeda dengan mesin espresso pada umumnya. Meski bertanda otomatis, prinsip kerja mesin kopi ini sangat berbeda dengan mesin kopi super otomatis yang memiliki banyak tombol namun lebih canggih dibandingkan mesin kopi semi otomatis.

Namun dengan alat ini, Anda bisa menyeduh kopi tanpa bubuk kopi. Namun, yang Anda butuhkan hanyalah sebuah kapsul kopi dan mesin akan secara otomatis menghasilkan secangkir kopi. Salah satu contoh merk mesin kopi otomatis ternama yaitu Dolce Gusto dengan harga berkisar kurang lebih 1-3 jutaan tergantung jenisnya.

Dolce Gusto juga hadir dengan kapsul ajaibnya yang bukan hanya terdiri dari varian espresso namun juga berbagai varian lainnya seperti latte, mocaccino, capuccino, dan masih banyak lagi yang bisa anda pilih sesuai selera.

Faktanya, pod coffee atau mesin otomatis ini bukanlah mesin espresso yang umum digunakan di kedai kopi. Alat ini lebih cocok digunakan di rumah untuk bersantai membuat anda bisa menikmati secangkir kopi nikmat setiap harinya.

Mesin Kopi Manual

Mesin espresso manual biasanya memiliki desain klasik dan elegan yang juga sangat cocok dengan fungsinya. Alat ini sepenuhnya diatur dan dikontrol oleh penggunanya karena merupakan alat manual.

Pengguna harus menimbang dan menggiling biji kopi sendiri, memadatkannya, menyesuaikan suhu dan tekanan, serta mengatur berapa lama proses ekstraksi. Coffee machine manual jenis ini biasanya memiliki bagian fungsional yang lebih lengkap, seperti boiler, pengukur tekanan uap, portafilter dan tuas pengatur manual untuk mengatur waktu proses ekstraksi secara manual.