July 7, 2022

Cara Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Tips Hidup Sehat Supaya Awet Muda

3 Fungsi Utama Perangkat Sistem Accounting yang Harus Dipahami Bagi Pengusaha Pemula

3 min read

Kurangnya teknik akuntansi dan pelaporan yang baik dapat menjadi penyebab utama kegagalan bisnis, terutama bagi mereka yang memasuki dunia bisnis. Tentu saja Anda dapat memilih apakah ingin menggunakan cara manual, menggunakan bantuan spreadsheet elektronik atau bantuan program akuntansi terbaik yang ada di pasaran.

Memilih software akuntansi merupakan pilihan yang sangat cerdas karena segala sesuatu yang berhubungan dengan akuntansi dan pelaporan keuangan dalam sistem akuntansi digital dapat dilakukan dengan cepat dan real time. Anda hanya perlu memilih sistem akuntansi digital yang tepat untuk bisnis Anda. Masalahnya adalah, apa yang dibutuhkan bisnis Anda dan apa yang dibutuhkan oleh orang lain, mungkin bisnis besar, sangat berbeda.

Jika Anda baru mengenal dunia bisnis, Anda mungkin mencoba membeli paket akuntansi digital. Dan setelah Anda mencoba paket tersebut, Anda akan merasa ada beberapa fitur yang tidak sesuai dengan minat bisnis Anda. Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli paket tersebut, meskipun Anda dapat membeli paket yang lebih murah yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Tapi jangan menyerah! Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu memahami dan mempelajari fitur unik dari sistem akuntansi digital di setiap paket. Banyak paket sistem akuntansi digital yang murah dan menawarkan integrasi dengan bank terkemuka, penghitungan pajak, penggajian, penagihan, versi seluler, dan banyak lagi.

Memang ada paket sistem akuntansi digital lain yang menawarkan fitur seperti integrasi dengan berbagai add-on dan pengaturan halaman rumah yang terkesan kompleks dan fitur ini sering digunakan oleh perusahaan besar. Tetapi jika Anda adalah pendatang baru di bisnis ini dan Anda tidak menginginkan fitur-fitur ini, mengapa repot-repot? Bagi pemula di dunia bisnis yang ingin menggunakan akuntansi digital, setidaknya Anda perlu memahami tiga fungsi dasar akuntansi digital berikut ini : Konsultan Pajak Surabaya

Mencatat Invoice Atau Faktur

Fitur pencatatan dan pengiriman invoice atau faktur mungkin merupakan fitur terpenting dari bisnis apa pun. Dengan sistem billing yang tangguh dari sistem akuntansi digital, ini akan mempercepat proses akuntansi Anda.

Pikirkan tentang itu. Dengan sistem billing digital, pengiriman kwitansi dapat dilakukan melalui surat elektronik bukan melalui pos atau ongkos kirim, dan tentunya mempermudah proses pembukuan Anda.

Pembayaran berbagai tagihan utilitas, termasuk utang, juga bisa dilakukan melalui digital accounting. Pengaturan pembayaran terintegrasi dengan bank yang Anda gunakan, tagihan akan dicatat secara otomatis. Anda juga akan mendapatkan notifikasi tentang jatuh tempo utang Anda, sehingga dengan bantuan laporan arus kas dari sistem akuntansi digital, Anda dapat mempersiapkan uang Anda untuk membayar tagihan dan utang usaha tanpa harus khawatir kehilangan uang tunai.

Mempertahankan Pos Pengeluaran Bisnis

Pedagang pemula sering ‘kehilangan’ kemampuan mereka untuk mengelola dan mengendalikan pengeluaran mereka untuk terus melakukan pembayaran tanpa melihat uang tunai tersedia.  Lebih buruk lagi, mereka bahkan tidak tahu mengapa bisnis mereka merugi. Dengan adanya sistem akuntansi digital, permasalahan tersebut tentunya dapat teratasi. Dengan praktik efektif ini, Anda dapat dengan mudah mengevaluasi setiap biaya bisnis Anda.

Pengeluaran Anda akan digabungkan dengan konfirmasi pembayaran yang tersimpan di sistem. Jadi, sebagai pemula, Anda setidaknya bisa mengatur pengeluaran bisnis Anda dengan aman dan nyaman.

Jaga modal Anda dan kendalikan

Ini tidak kalah pentingnya. Anda perlu mengetahui pembagian modal.  Karena modal sangat penting untuk bisnis, Anda harus selalu memiliki informasi tentang perubahan modal. Dan tentunya sistem akuntansi digital memiliki fitur mulai dari aplikasi billing hingga pelaporan keuangan untuk membantu Anda mengontrol modal yang Anda investasikan dalam bisnis Anda. Gunakan juga aplikasi Koleksi Komoditas untuk membantu Anda mengelola inventaris Anda.

Setelah Anda memahami ketiga hal ini, Anda dapat mulai menggunakan akuntansi digital berdasarkan rangkaian fitur yang tepat untuk bisnis Anda. https://proconsult.id/

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.