3 Jenis Investasi Terbaik untuk Tabungan Pensiun

3 Jenis Investasi Terbaik untuk Tabungan Pensiun

Bagi pegawain negeri sipil tunjangan pensiun sudah menjadi hak wajib bagi mereka. Namun bagaimana dengan pegawai swasta ? tentu saja tidak.

Maka dari itu ketika anda sedang bekerja pada usia produktif ini jangan lupa harus pikirkan dari jauh hari mengenai investasi apa yang tepat untuk memberikan anda jaminan pensiun nantinya sehingga tetap ada pemasukan.

Usia penisun saat ini rata-rata kisaran usia 50-60 tahun. Dalam usia ini kondisi fisik sudah mulai melemah banyak penyakit yang terkadang mudah datang jika anda kurang menjaga pola hidup sehat.

Dalam kondisi ini sebenarnya tidak hanya manajemen uang penisuan yang ada dalam rencana anda kedepan, namun dari sisi biaya kesehatan juga tidak kalah pentingnya.

Oleh karena itu, kami sarankan anda memasukan anggaran untuk mencari agen asuransi jiwa terbaik sebagai pembantu anda dalam meringankan beban biaya berobat seandainya anda terkena penyakit yang cukup mahal biaya pengobatanya.

Tentu saja semua biaya dari sisi alokasi kesehatan dan pemenuhan kebutuhan harian ini bisa anda dapatkan dengan membuat kolam investasi di masa produktif. Kira-kira jenis investasi apa yang tepat dan minim risiko kerugian.

Berikut anda bisa baca beberapa ide yang akan kami berikan:

  • Investasi pada logam mulia

Emas sendiri banyak jenisnya ada yang biasa dengan kadar emas 80%, 60% dan paling tinggi sampai dengan 99% terdapat pada jenis logam mulia.

Logam mulia keluaran antam bisa anda beli per 5 gram misalkan sekarang harganya kisaran kurang lebih 5 jutaan. Dengan gaji anda yang sekarang ibaratkan sebesar 7 juta perbulan dikurangi biaya hidup, transport, listrik, air maka kita asumsikan anda bisa menabung perbulan 2 juta.

Maka selama 1 tahun anda bisa mengumpulkan sekitar 24 juta kalau dibelikan mas antam maka anda bisa mendapatkan kurang lebih 25 gram selama 1 tahun.

Usia anda sekarang misalkan 40 tahun, maka kesempatan untuk menabung mas antam ini ada 10 tahun. Maka dalam 10 tahun anda sudah bisa mengumpulkan harusnya hampir 3kg mas antam.

Investasi mas ini tidak ada ruginya. Mas yang anda beli 10 tahun lalu dengan harga misalkan 5 juta dapat 5 gram 10 tahun kemudian harganya pasti naik berkali kali lipat dan di sisi lain anda akan di untungkan juga dengan kondisi inflasi pada nilai mata uang itu sendiri.

  • Investasi kos kosan

Ini adalah salah satu jenis investasi dalam bidang property yang sangat menggiurkan sekali, bagaiamanpun jika anda memiliki 8 kamar kos misalkan dengan sewa perbulan 500 ribu setelah di kurangi biaya listrik dan air anda bisa mendapatkan pasive income bersih kurang lebih 3 juta sebulan.

Untuk masa pensiun dengan biaya hidup dua orang bersama istri uang 3 juta sangatlah cukup banget. Ini asumsi cuman 8 kamar saja bagiamana kalau 20 kamar dan seterusnya.

Selain itu anda akan mendapatkan keuntungan lain dari nilai aset anda yang akan terus meningkat sepanjang tahun, karena nilai property tiap tahun terus naik gila-gilaan apalagi lokasinya sangat strategis.

  • Investasi pada pasar modal

Kemudian saham, ini adalah trend investasi yang nilainya naik terus. Dimana jika anda bisa membeli saham 100 lot dengan harga keseluruhan saat ini misalkan 10 juta, dan anda biarkan selama 2 tahun kemudian perusahaan tersebut mengelamai kemajuan pesat sudah pasti harga saham yang anda beli akan naik berkali-kali lipat.