5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Sesak Napas saat Hamil

5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Sesak Napas saat Hamil

 Perempuan terkadang mengalami sesak napas saat hamil. Penyebabnya ada berbagai macam, salah satunya adalah posisi kepala bayi yang berada di dekat diafragma ketika memasuki trimester ketiga. Namun, sesak napas juga dapat dialami ibu ketika dalam trimester pertama dan kedua karena berbagai faktor. Dalam artikel Orami Magazine ini, ada beberapa cara untuk mengatasi sesak napas ketika Anda sedang hamil yaitu dengan berolahraga

Memilih Olahraga yang Tepat

Olahraga saat hamil memiliki banyak manfaat. Selain dapat meregangkan otot, olahraga juga membantu berlatih pernapasan baik untuk ibu dan bayi di dalam kandungan. Selain itu, olahraga ketika hamil di trimester ketiga akan membantu posisi kepala bayi memasuki panggul sehingga bayi tidak lahir secara sungsang dan dapat mengatasi sesak napas karena desakan kepala bayi pada diafragma.

Berikut adalah beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan saat hamil:

1.     Senam Pernapasan

Senam pernapasan merupakan cara yang mudah untuk mengatur pernapasan. Pada saat hamil, jantung akan memompa darah lebih banyak sehingga bekerja lebih keras. akibatnya, Anda akan merasakan sesak ketika bernapas.

Pada saat senam, usahakan Anda duduk di lantai dengan rileks di atas matras. Senam ini bisa Anda lakukan secara rutin bersama dengan senam hamil.

2.     Yoga

Yoga membantu Anda untuk melenturkan otot pinggang dan panggul. Untuk para ibu hamil di trimester terakhir, yoga membantu Anda untuk relaksasi karena tegang dan juga membantu untuk melahirkan.

Yoga sama dengan senam pernapasan, dapat melatih mengatur pernapasan Anda. Selain bisa mengatasi sesak napas dengan memaksimalkan oksigen ke dalam tubuh, mengatur napas juga memberikan ketenangan jiwa Anda. Anda bisa mengembalikan mood baik dan lebih tenang.

3.     Taichi

Tai Chi ternyata sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Tai Chi sebenarnya merupakan salah satu bela diri yang menggunakan gerakan meditasi. Gerakan-gerakan pada Tai Chi sangat baik untuk menenangkan pikiran dan meredakan sakit punggung.

Pada ibu hamil, Tai Chi akan melatih otot sendi dan juga berlatih pernapasan. Jika Anda tertarik, Anda bisa mengikuti program Tai Chi untuk ibu hamil. Karena kondisi setiap ibu berbeda, berkonsultasilah dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengikuti Tai Chi.

4.     Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang dapat membantu mengatur napas dan melancarkan peredaran darah. Gerakan dalam berenang membantu mengatasi sesak napas saat hamil. Selain itu, otot-otot tubuh akan lemas sehingga mengurangi nyeri otot.

Mengutip Orami Magazine, manfaat berenang pada ibu hamil juga bisa mengurangi pembengkakan dan mual. Berenanglah secara rutin dan terukur agar Anda bisa merasakan manfaatnya.

5.     Berjalan Kaki

Olahraga yang mudah dan murah dilakukan saat hamil adalah berjalan kaki. Olahraga ini juga dapat membantu melatih pernapasan sehingga Anda tidak mudah sesak napas. Berjalanlah ketika pagi hari atau sore hari untuk meregangkan otot-otot yang kaku.

Sesak napas saat hamil yang wajar bisa diatasi dengan cara di atas. Mengutip Orami Magazine, posisi tidur dan duduk juga sebaiknya juga diatur agar napas lancar.