July 7, 2022

Cara Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Tips Hidup Sehat Supaya Awet Muda

5 Persiapan Pembelajaran Blended Learning Agar Berjalan Efektif

2 min read

Memasuki era new normal, pembelajaran secara tatap muka sudah mulai dilakukan. Namun karena pandemi belum sepenuhnya berakhir, maka pembelajaran dengan metode blended learning atau campuran antara online dan offline menjadi konsep baru yang akan diterapkan. Jadi buat kamu yang akan mengikuti kelas seperti ini, lakukan beberapa persiapan seperti berikut.

Persiapan Mengikuti Pembelajaran Online dan Offline

1. Membiasakan Diri dengan Teknologi

Perlu kamu ketahui bahwa metode belajar campuran online dan offline atau hybrid learning ini sangat identik dengan teknologi. Bahkan keberadaan teknologi tidak bisa dipisah dari penerapan model belajar tersebut. Oleh karena itu, kamu wajib membiasakan diri dengan teknologi yang digunakan oleh sekolah. Dengan begitu, maka kamu akan lebih mudah mengikuti pembelajaran.

2. Pelajari Materi Sebelum Diterangkan

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak peserta didik menyepelekan materi yang akan diampu dalam pembelajaran online. Hal tersebut karena pemantauan guru tidak dapat dilakukan secara langsung, sehingga kedisiplinan siswa menjadi berkurang. Tapi kamu jangan salah, menyiapkan materi sangat penting dilakukan meskipun kamu sedang menjalani kelas daring.

Apalagi ketika sekolah sudah menerapkan metode blended learning. Tentu kamu harus bisa memanfaatkan materi yang diberikan semaksimal mungkin. Jadi ketika menghadiri kelas tatap muka, maka kamu tidak akan kebingungan dan guru bakal tahu kamu sudah mempelajarinya selama di rumah.

3. Mengatur Manajemen Waktu dengan Baik

Karena siswa tidak harus selalu hadir secara fisik di lingkungan sekolah, mungkin cukup banyak peserta didik yang terlena melakukan kegiatan lain. Alhasil jadwal kelas online menjadi terlupakan dan terbengkalai. Kelas tidak masuk dan tugas tidak dikerjakan meskipun sudah melewati tenggat waktu pengumpulan.

Kasus kasus seperti itu sangat sering ditemukan selama kelas online berlangsung. Dan ketika ironisnya, siswa menyadari hal tersebut setelah akan ujian atau ketika nilai sudah keluar. Oleh sebab itu, kamu perlu mengatur manajemen waktu yang baik untuk mengantisipasinya. Dengan begitu, maka kegiatan lain bisa berjalan tanpa harus mengganggu jam sekolah.

4. Aktif di Kelas

Hybrid learning menuntut siswa untuk belajar secara mandiri dengan ikut terlibat dan berpartisipasi dalam materi yang diberikan. Jadi kamu akan diberikan materi oleh guru dan bisa mempelajarinya kapan saja. Apabila ada yang tidak kamu pahami, maka jangan lewatkan kesempatan untuk bertanya di kelas agar dapat mendalami materi yang disampaikan.

5. Ulangi Materi Setelah Disampaikan

Persiapan lainnya untuk mengikuti pembelajaran blended learning yaitu mengulangi materi yang telah disampaikan oleh guru. Karena metode belajar campuran ini tentunya tidak sama dengan KBM pada umumnya. Jadi kamu perlu mengulang materi yang sebelumnya disampaikan oleh guru supaya memahami betul terkait materi yang sudah ditempuh.

Meskipun diperlukan adaptasi dan beberapa persiapan untuk mengikuti hybrid learning. Namun percayalah bahwa metode pembelajaran tersebut memang yang paling tepat untuk diterapkan saat ini. Terlebih perkembangan teknologi informasi dapat membuat jalannya pembelajaran dengan model tersebut menjadi semakin mudah diterapkan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.