February 4, 2023

Cara Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Tips Hidup Sehat Supaya Awet Muda

5 Tips Membeli HP Samsung Bekas Original Bagi Pemula

3 min read

Mau beli HP Samsung bekas tapi takut dapat yang tidak ori? Ada 5 tips bagaimana membeli HP samsung bekas original, sehingga kamu bisa membedakan sendiri antara hp ori atau bukan.

Sebelum membeli HP Samsung, ada baiknya memeriksa harga pasar, untuk menghindari membeli barang kemahalan. Membeli HP Samsung bekas pun perlu riset harga dahulu. Apalagi jika proses pembayaran mengandalkan kredit hp tanpa uang muka.

Walaupun HP bekas, kalau asli, maka data-data produksi dan ciri-ciri khusus HP tersebut tetap ada, sehingga kita dapat memeriksa keaslian HP tersebut. Keuntungan membeli yang asli adalah layanan purna jual serta harga jual kembalinya masih tetap tinggi. Paling tidak selisihnya tidak terlalu jauh atau jomplang.

Secara umum, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memastikan bahwa HP Samsung yang akan dibeli memang original, misalnya melakukan beberapa langkah seperti berikut :

1. Memeriksa Kondisi Fisik HP

Ukuran barang dan ukuran layar tentunya harus sesuai dengan yang tertulis di kardus dan kertas manualnya. Kalaupun HP bekasnya tidak disertai kardus, kamu bisa mencocokkan data dengan mengunjungi website resmi Samsung terlebih dahulu. Di website itu kamu bisa lihat gambar, ukuran dan detail barang,

Secara fisik, kalau dilihat, layar HP Samsung yang asli memiliki warna yang jernih dan tajam, gambar di layarnya memenuhi layarnya. HP Samsung palsu biasanya memiliki kualitas warna yang lebih kusam. Kalau gambar layarnya tidak memenuhi ukuran layar asli, jelas itu palsu.

2.  Memeriksa komponen dan baterai

Baterai dan komponen yang asli, tentu ukurannya pas dengan casingnya. Walaupun casingnya ori, tapi kalau komponen atau baterainya diganti merk lain, ukurannya biasanya berbeda. Jadi, kalau kamu lihat ada yang tidak pas ukurannya, kamu bisa curiga.

Daya simpan baterainya juga kamu periksa. Kalau tidak sama dengan spesifikasi aslinya, tentu saja itu artinya tidak ori. Daya simpan yang lebih rendah tentunya akan berpengaruh kepada performa HP nantinya. Kamu bisa mengecek dengan menggunakan bantuan aplikasi battery health. 

3. Memeriksa fungsi dan aplikasi bawaan

Performa berselancar di internet HP Samsung yang ori sudah bagus. Kalau sinyal bagus, tetapi waktu dipakai internetnya, macet, kamu bisa juga curiga kalau HP itu tidak ori. Untuk lebih yakin lagi, cek internetnya menggunakan sinyal HP dan sinyal wifi.

Kamu buka aplikasi dalam HP bekas yang ditawarkan. HP Samsung asli diperlengkapi dengan aplikasi dari Samsung, seperti Galaxy Apps, Samsung Account, Samsung Service, S Lime, S Launcher, dan lainnya.

Walaupun mungkin ada aplikasi asli Samsung yang telah dihapus, tetapi ada beberapa yang tidak bisa dihapus, karena bisa merusak performa.

4.  Mencocokkan nomor IMEI

Nomor IMEI itu sama seperti nomor identitas HP. Nomor ini telah terdaftar di data Kemenperin. Jadi, kalau tidak terdaftar, mungkin itu HP ilegal, mungkin juga HP curian.

HP yang tidak terdaftar tidak dapat menggunakan jaringan yang disediakan provider yang ada di Indonesia. Artinya, tidak dapat dipakai menelepon, mengirim pesan ataupun menggunakan jaringan internet. Tentu ini merugikan.

Bagaimana cara memeriksa nomor IMEI? Bukalah menu setting atau pengaturan, lalu cari menu tentang telepon atau about phone, setelah itu cari kode IMEI. Kode IMEI yang tertera, masukkan di kotak cek IMEI di situs Kemenperin.

Selain lewat pengaturan , cara lain mengetahui nomor IMEI HP adalah dengan mengetikkan *#06#. Setelah diketikkan, tekan atau sentuh tombol call atau telepon. Kode IMEI akan muncul di layar HP.

5. Memastikan kondisinya masih baik

HP yang masih baik tentunya tidak ada kendala ketika dinyalakan atau juga ditambah daya. Kamu juga perlu memeriksa kondisi speaker dan micnya, dengan cara memutar suara dan merekam suara.

Fungsi-fungsi tombol, lubang headset, fungsi kamera, dll juga perlu diperiksa, sehingga kamu bisa yakin akan kondisinya.

Itulah beberapa tips yang semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang mau membeli HP bekas Samsung. Mengetahui spesifikasi aslinya adalah hal pertama yang perlu kamu lakukan, agar kamu tidak rugi. 

Jika tidak mau disibukkan dengan beberapa tahapan pemeriksaan hp Samsung second tersebut, alternatifnya langsung saja pakai kredit hp tanpa uang muka. Kamu bisa pilih tipe Samsung terbaru dengan cicilan yang ringan dari Kredivo. 

Kredivo punya cicilan nol persen dengan tenor selama 3 bulan lho. Cukup bayar biaya adminnya saja sebesar 3%. Limit pinjaman pun bisa mencapai Rp30 juta. Jadi, kalau mau sekalian naik kelas ke iPhone pun bisa. Kecuali jika sudah mengincar Handphone Flip 3 5G dari Samsung. 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.