7 Cara Menjaga Pola Makan yang Baik Agar Cepat Hamil

Apakah Anda sedang dalam program kehamilan dan tidak sabar untuk segera mendapatkan sang buah hati bersama pasangan Anda? Sudahkah Anda melakukan berbagai tips and trik program kehamilan yang sudah diberikan? Ketika semua cara agar cepat hamil sudah dilakukan namun belum juga mendapatkan hasil yang diinginkan, pasti membuat Anda sedih. Tapi jangan putus asa, masih banyak cara cepat hamil yang bisa Anda coba. Misalnya saja dengan menjaga pola makan sehat. Mari simak 7 cara menjaga pola makan yang baik agar cepat hamil!

1.Hindari Kafein dan Alkohol

Mungkin sulit bagi Anda pecinta kafein dan alkohol, namun penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat mengganggu kontraksi alami yang membantu membawa sel telur wanita ke rahimnya, juga dapat meningkatkan resiko keguguran. Sedangkan alkohol dibuktikan dalam sebuah studi bahwa wanita yang minum alkohol dua kali sehari mengurangi tingkat kehamilan sebesar 18%.

2. Perbanyak Zat Lycopene

Likopen adalah antioksidan spesifik yang menurut penelitian dapat membantu masalah motilitas sperma pria. Direkomendasikan untuk memakan tomat, jambu biji, semangka, dan jeruk bali merah muda.

3. Perbanyak vitamin D

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin D yang cukup memiliki peluang tingkat kehamilan yang lebih tinggi dibanding mereka yang kurang kadar vitamin D nya. Selain produk susu, direkomendasikan juga untuk mencoba jamur yang terpapar sinar UV, gantilah daging Anda dengan jamur ini.

4. Antioksidan Sang Penyelamat

Salah satu hasil sistematis terbesar menunjukan bahwa antioksidan membantu meningkatkan kehamilan dengan meningkatkan kualitas sperma dan tingkat kehamilan secara umum. Kombinasi  khusus dari Vitamin C, Vitamin E, dan CoQ10 adalah “tumpukan” antioksidan yang ideal untuk meningkatkan peluang kesuburan Anda. cobalah kacang-kacangan atau alpukat untuk vitamin E, daging sapi tanpa lemak atau ikan kembung untuk CoQ10, dan buah berry untuk vitamin C.

5. Makanan Fermentasi Pemenangnya

Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa kesehatan usus sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tidak terkecuali dengan tingkat kesuburan seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa kesehatan usus sang ibu mungkin berperan dalam mikrobioma bayi dan kesehatan mereka di kemudian hari. Karena itu sangat penting untuk merawatnya dengan makanan fermentasi yang kaya probiotik seperti sauerkraut, yogurt, kimchi, dan kombucha.

6. Asam Folat

Asam Folat diyakini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan dan menurunkan resiko keguguran. Tidak hanya itu, asam folat sangat penting dikonsumsi sebelum dan selama masa kehamilan untuk mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi. Penelitian menyebutkan tidak cukup asam folat pada tubuh dapat meningkatkan masalah pada produksi sel telur sebanyak 40%. Selain minum suplemen harian Anda, tingkatkan asupan makanan seperti sayuran hijau yang dimasak, kacang-kacangan dan biji-bijian.

7. Perbanyak Omega 3

Perbanyak konsumsi omega 3 dari pada biasanya dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma, mencegah persalinan prematur, dan menurunkan resiko preeklampsia. Biasanya terdapat pada minyak ikan seperti pada ikan salmon, arctic char, dan ikan trout.