July 7, 2022

Cara Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Tips Hidup Sehat Supaya Awet Muda

8 Fase Bulan yang Harus Anda Ketahui

3 min read
Fisika Kelas 7 | Memahami 8 Fase Bulan dan Gerhana
ruangguru.com

Seperti yang kita tahu jika kita ini melihat bulan bentuk dari bulan ini selalu berubah-ubah. Bentuk dari bulan ini kadang bilat, terkadang hanya setengah lingkaran, atau bahkan tidak bisa di lihat sama sekali.

Perubahan dan juga penampakan dari bulan ini setiap waktunya ini bisa kita sebut dengan Fase bulan. Fase bulan ini adalah sebuah perubahan bentuk bulan yang terjadi karena posisi bulan deorbit terhadap bumi kemudian posisi bimuu di orbitnya terhadap matahari.

Posisi tersebut membuat bulan memiliki 4 fase utama, diantaranya ada bulan baru, bulan purnama, kuartal pertama, dan kuartal ketiga. Selain 4 fase tadi bulan juga memiliki 4 fase tambahan yang jauh lebih kecil jadi jika kita totalkan maka bulan ini mengalami 8 fase.

Fase- fase tersebut ini akan kembali ke fase pertama jika sudah selesai melewati 8 fasenya. Seperti yang di katakan oleh pihak Observatorium Bosscha ITB, ini dia beberapa penjelasan yang lebih lengkap mengenai fase bulan.

  • Bulan baru

Fase yang petama ini di kenal dengan fase bulan baru atau lebih di kenal dengan sebutan fase new moon. Untuk fase yang satu ini bulan ini terlihat sangat gelap seutuhnya. Fase bulan ini terjadi saat bulan ada di atanra matahari dan juga bumi. Bagian bulan yangmenghadap langsung ke bumi  ini tidak mendapatkan cahaya dari matahari sama sekali, dan bulan ini hanya mendapatkan cahaya dari bumi. Maka dari itu bulan ini terlihat sangat gelap.

  • Bulan sabit awal

Pada fase yang kedua adalah fase bulan sabit awal, atau bisa di sebut juga dengan sebutan waxing crescent. Pada fase Bulan sabit awal ini kita bisa melihat bagian yang sangat kecil bersinar yang ada di posisi kanan. Cahayanya ini bisa mulai di lihat karena bulan ini sudah bergerak mengelilingi bumi jadi kita ini bisa melihat sedikit cahaya dari matahari.

  • Kuartal pertama

Lalu fase yang selanjutnya ini adalah fase dimana kita ini bisa melihat bagian sisi kanan yang bersinar, posisi bulan yang satu ini ada di posisi 90 derajat dari Matahari jadi setengah permukaannya ini menghadap ke bumi dan terlihat. Fase ini di sebut kuartal pertama karena posisinya ini sudah seperempat jalan dari mulai bulan jalan.

  • Cembung awal

Fase yang satu ini disebut dengan waxing gibbous, pada fase yang satu ini Anda bisa melihat hampir sebagian dai bagian bulan bersinar dan Anda ini hanya bisa melihat sebagian kecil dai permukaan sebelah kiri yang masih gelap. Pada fase ini bulan sudah semakin mendapatkan cahaya dari matahari.

  • Bulan purnama

Fase yang selanjutnya ada fase Bulan purnama, di fase yang satu ini bulan ada di posisi 180 derajat dari Matahari. Tapi karena orbitnya bulan ini belum tentu lurus dengan posisi matahari dan juga bumi, jadi bulan ini masih bisa terlihat. Ada saatnya saat bulan ini ada sejajar dengan bumi dan juga matahari, jika posisi ini terjadi maka fenomena ini disebut gerhana bulan.

  • Cembung akhir

Pada fase cembung akhir ini, bulan terlihat terbalik dari fase sebelumnya yang telah terjadi. pada fase ini sebagain besar permukaan kiri bulan ini terlihat sangat bersinar lalu hanya sebagian kecil di sebelah kanan yang gelap.

  • Kuartal ketiga

Sama seperti namanya proses yang satu ini menandakan ¾ jalan dari fase bulan. Di fase ini kita bisa melihat setengah bulan di bagian kiri sudah bersinar.

  • Bulan sabit akhir

Fase yang terakhir ini sering disebut dengan waning crescent. Di fase ini kita hanya bisa melihat sebagian kecil bulan pada sebelah kiri. Jika semua fase ini sudah di lewati maka bulan akan mengulangi fasenya dari awal.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.