Apa Itu Kanker Ovirium ?

Apa Itu Kanker Ovirium ?

Kanker ovarium ialah kanker yang berkembang dan tumbuh pada ovarium atau indung telur, dua organ yang ada di segi kanan dan kiri kandungan. Sangat penting untuk mengetahui gejala kanker ovarium. Kanker ini dapat terjadi pada wanita berumur menengah atau wanita yang sudah lanjut.

Ada tiga type khusus kanker ovarium, yakni:

  1. Kanker sel epitel. Sel epitel mencakup susunan luar ovarium. Delapan puluh lima % kasus kanker ovarium sebagai tipe ini.
  2. Kanker sel germinal. Sel germinal sebagai sel pada ovarium yang dapat mengalami perkembangan jadi telur. Tipe kanker ini umum terjadi pada wanita muda. Tipe kanker ovarium yang ini mempunyai angka kesembuhan yang lumayan tinggi.
  3. Kanker sel stroma. Kanker sel stroma terjadi pada jaringan ikat yang membuat sisi dalam ovarium. Tipe kanker ini mempunyai angka kesembuhan tinggi.

Kanker ovarium mempunyai empat fase yakni:

  1. Fase I. Kanker bisa diketemukan di atas ovarium.
  2. Fase II. Kanker mengikutsertakan 1/2 sisi ovarium yang bisa semakin makin tambah meluas sampai ke panggul (kandungan, aliran tuba, kandungan kemih, usus besar).
  3. Fase III. Kanker menebar melewati rongga panggul ke dinding perut, organ perut, usus kecil, kelenjar getah bening, dan permukaan hati.
  4. Fase IV. Babak paling akhir dari kanker ovarium. Kanker sudah menebar sampai ke organ yang jauh -seperti limpa, paru-paru, hati (sisi dalam).

Kompleksitas Kanker Ovarium

Kompleksitas ovarium (kanker indung telur) yang bisa terjadi ialah penebaran ke beragam organ badan. Untuk mendapati apa kanker telah menebar, dibutuhkan ada pengecekan pencitraan.

Analisis Kanker Ovarium

Analisis kanker ovarium (kanker indung telur) didapat sesudah dokter lakukan penghimpunan info, pengecekan fisik, dan pengecekan pendukung. Penghimpunan info umumnya meliputi kisah kesehatan keluarga dan ada tanda-tanda yang diduga sebagai pertanda kanker ovarium

Test darah, pengecekan ultrasonografi (USG), dan biopsi bisa menolong menegaskan deskripsi penyakit ini. Pengecekan ultrasonograsi yang hendak disarankan dokter pada Anda ialah mencakup sisi perut dan tempat disekitaran organ intim.

Hasil pengecekan yang postif pada kanker ovarium umumnya dituruti dengan pengecekan kelanjutan. Pengecekan kelanjutan seperti kolonoskopi, CT Scan, MRI, dan rontgen dada dibutuhkan untuk ketahui fase dan perubahan kanker.