Apa itu Sistem Lamella dalam Pengolahan Air Limbah?

Saat ini ada banyak proses pengolahan air limbah yang digunakan oleh bermacam perusahaan di info negri Indonesia. Salah satunya adalah proses yang dikenal bersama dengan sebutan ‘Lamella’, yang banyak digunakan oleh perusahaan yang bergerak di industri pertambangan dan finishing metal.

Lantas, apa memang perbedaaan pengolahan air limbah bersama dengan proses Lamella dibandingkan bersama dengan proses lainnya? Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya!

 

Apa itu Sistem Lamella?
Sebagai keliru satu proses pengolahan air limbah yang digunakan oleh industri, Lamella adalah teknik yang terlampau efisien untuk produksi limbah cair. Pengolahan air limbah bersama dengan koran tips proses Lamella ini menggunakan beberapa pelat yang dikenal bersama dengan sebutan ‘Plat Lamella’ yang terbuat dari bahan logam atau PVC yang diatur sebagai clarifier atau penjernih.

 

Rekomendasi: Water Meter Amico

 

Maka berasal dari itu, proses ini dikenal pula bersama dengan sebutan ‘Lamella Clarifier’.

Fungsi utama berasal dari Klarifikasi Lamella di dalam pengolahan air limbah adalah sebagai alat untuk mengantarai partikel yang tercampur di dalam udara. Selain itu, proses ini juga digunakan untuk menjernihkan air baku bersama dengan kualitas yang tidak cukup baik, contohnya

 

  • Lamella Clarifier  akan dipasang vertikal dengan kemiringan 30 derajat , dalam bentuk rangkaian  Pelat  Miring yang disusun berjajar. Pengaturan tersebut untuk menambah luas area sedimentasi yang sebanding dengan jumlah pelat yang dipasang.
  • Air dialirkan melalui bagian bawah  Incline Plate , kemudian secara perlahan udara akan mengalir ke atas dan gumpalan flok akan jatuh pada bagian bawah tiap
  • Air yang sudah diolah akan mengalir ke atas dan meluber, yang selanjutnya akan mengalir menuju saluran terbuka berbasis V-Notch Weir yang akan menuju tangki sedimentasi.
  • Gumpalan dari kumpulan flok yang menempel pada pelat akan semakin banyak dan berat, sehingga dapat meluncur ke bawah karena permukaan pelat yang didesain miring.
  • Aliran akan turun ke bawah bersamaan dengan padatan yang terlarut, karena adanya gaya gravitasi yang membawa padatan lumpur flok turun ke bawah dan mengumpul di tangki sedimentasi.
  • Aliran yang telah mengalami proses pengolahan air limbah akan membelok, kemudian naik sampai ke bagian atas menuju aliran keluar sebagai air murni.
  • Lumpur flok yang telah terbentuk dibuang secara berkala, caranya dengan membuka katup penguras (sludge drain) pada bagian bawah tangki sedimentasi. Anda disarankan untuk membuang lumpur tersebut secara berkala, agar kinerja dari dari tangki pengendapan dapat tetap maksimal.

Kelebihan Penggunaan Sistem Lamella

Selain mengetahui proses kerja pengolahan air limbah dengan sistem Lamella, Anda juga perlu mengetahui kelebihan dari sistem ini. Dengan begitu, Anda dapat menentukan pilihan, apakah sistem Lamella cocok untuk perusahaan yang Anda kelola atau tidak. Kelebihan dari Lamella Clarifier sendiri adalah:

  • Mudah dipasang, karena sistem Lamella Plate dapat dibongkar-pasang, bahkan saat beroperasi.
  • Tidak memerlukan energi, karena tidak ada bagian Lamella Plate yang bergerak secara mekanis, sehingga dapat menghemat pengeluaran energi pada proses pengolahan air limbah.
  • Area pengendapan yang besar dan efisien, karena memanfaatkan kemiringan dari beberapa pelat yang dipasang pada instalasi pengolahan air limbah.
  • Mengurangi pertumbuhan lumut, walau memang sistem Lamella tetap butuh dibersihkan secara rutin, tetapi secara umum penggunanya sistem ini dalam pengolahan air limbah dapat mengurangi adanya lumut atau ganggang, karena semua proses dilakukan di dalam.
  • Kinerja dapat ditingkatkan dengan penambahan zat kimia , dengan cara menambahkan koagulan dan flokulan untuk mengoptimalkan proses pengendapan.

Memilih Layanan Pemasangan Sistem  Lamella  yang Tepat

Tentunya, untuk menentukan sistem yang tepat untuk diterapkan, Anda harus benar-benar memahami kondisi bangunan dan industri Anda. Jika Anda ingin  menerapkan sistem  Lamella pada pengolahan air limbah di pengelolaan yang Anda kelola dan bertanya-tanya tentang teknisnya

Tags: