December 7, 2022

Cara Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Tips Hidup Sehat Supaya Awet Muda

Apakah Homeschooling Indonesia Dapat Ijazah?

2 min read

Homeschooling adalah pendidikan berbasis keluarga atau proses belajar yang dilakukan di rumah. Dalam Undang-Undang, sudah tertulis jelas bahwa homeschooling setara dengan sekolah formal. Artinya, hasil lulusan homeschooling diakui oleh pemerintah. Namun, masih banyak orang tua siswa yang bertanya apakah lulusan homeschooling indonesia mendapat ijazah layaknya sekolah formal? Jawabannya adalah iya. Anak homeschooling akan mendapat ijazah setelah mereka selesai menempuh pendidikannya. Lalu, bagaimana cara mendapatkan ijazah tersebut?

Ijazah Homeschooling SMA

Sama halnya dengan peserta didik sekolah formal, anak homeschooling berhak mendapat ijazah dengan menempuh ujian. Ujian ini disebut ujian kesetaraan. Setelah lulus dari ujian tersebut mereka akan mendapat ijazah yang bisa digunakan untuk menempuh pendidikan jenjang berikutnya, melamar perkerjaan, atau keperluan lain.

Di Indonesia, terdapat 3 jenis ijazah kesetaraan sesuai tingkat pendidikan yang ditempuh. Ijazah ini terkenal dengan istilah ijazah paket. Ketiga ijazah ini adalah ijazah Paket A (Setara SD), Paket B (Setara SMP), dan Paket C (Setara SMA).

Legalitas Ijazah Homeschooling

Walaupun Proses Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) homeschooling termasuk pendidikan non-formal, kedudukannya sama dengan pendidikan formal. Artinya, ijazah homeschooling memiliki legalitas yang sama pula karena diatur dalam Undang-Undang.

Cara Mengurus Ijazah Homeschooling

Lalu, bagaimana cara mendapatkan ijazah dari PKBM homeschooling? Ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Selain anak harus bergabung dengan PKBM di daerah masing-masing, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar peserta didik homeschooling dapat mengikuti ujian nasional kesetaraan melalui PBKM tersebut sehingga nantinya akan mendapat ijazah.

Pertama, peserta didik harus mendaftar ujian negara paling tidak 1 tahun sebelumnya. Anak akan mendapat Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), yaitu nomor identitas yang akan dipakai untuk melakukan ujian.

Selain itu, untuk mendaftar ujian, anak harus sudah menyelesaikan homeschooling sesuai jengang pendidikannya. Untuk SMA, misalnya, anak minimal harus sudah belajar selama 3 tahun, dibuktikan dengan rapor, portfolio, dan hasil belajar lainnya. Setelah semuanya siap, anak tinggal belajar dan mempersiapkan ujian. Materi ujian sama dengan materi yang diujikan di sekolah formal.

Perlu dicatat bahwa aturan mengenai ujian paket atau ujian kesetaraan dapat berubah. Penting untuk selalu memantau peraturan baru yang dikeluarkan oleh Kemendikbud atau Pemerintah Pusat. Selain itu, mungkin ada beberapa syarat lain yang dari PKBM daerah masing-masing.

Lalu, bagaimana cara mendaftarkan anak di PKBM? Caranya adalah dengan mencari PKBM terdekat di kota tempat anak tinggal. Untuk mengecek PKBM kredibel di setiap kota, Anda bisa mengunjungi situs Kemendikbud.

Lebih mudahnya, Anda bisa bergabung dengan lembaga homeschooling. Saat ini sudah banyak lembaga homeschooling di Indonesia, apalagi sejak pandemi covid. Salah satu keuntungan bergabung dengan lembaga homeschooling adalah Anda tak perlu repot mengurus ujian kesetaraan dan ijazah flexi homeschooling indonesia.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.