July 7, 2022

Cara Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Tips Hidup Sehat Supaya Awet Muda

Berikut 5 Sahabat Nabi Muhammad SAW Dengan Kekayaan dan Sifat Yang Dermawan

3 min read

Ayat-Ayat Al-Quran tentang Cinta yang Bisa Menenangkan Hati Kamu

Sejak kecil kita telah diajarkan bahwa agama adalah  yang paling penting dalam kehidupan. Maka dari itu kita diajarkan mengaji oleh orang tua, saat kit kita diajarkan doa-doa, kisah-kisah Nabi, Membaca Al-Qur’an, menghafal 99 Asmaul Husna dan artinya, serta masih banyak lagi. Hal itu diajarkan bukan tanpa alasan, melainkan untuk bekal kita hidup dan bekal kita pulang kepada-Nya. Kali ini kami akan fokus membahas seputar 5 sahabat Nabu Muhammad SAW dengan kekayaan dan kedermawanannya. Pasti kalian penasaran bukan? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Abdurrahman bin Auf

Sahabat Nabi Muhammad SAW yang pertama dengan kekayaan dan kedermawanannya adalah Abdurrahman bin Auf. Sebagai seorang sahabat Rasulullah SAW, ia dibekali dengan keahlian dalam hal berbisnis. Maka dari itu ia memiliki harta yang melimpah dan tentunya ia memiliki sifat yang dermawan layaknya sahabat-sahabat nabi lainnya. Usia Abdurrahman bin Auf lebih muda 10 tahun ketimbang Rasulullah SAW. Ia adalah sahabat yang selalu ikut berjuang di jalan Allah SWT dengan hartanya. Memiliki empat orang istri yang masing-masing mendapatkan warisan sebesar 100.000 Dinar. Jika kekayaan Abdurrahman bin Auf dijumlahkan maka kekayaan tersebut sebesar 3.200.000 Dinar, belum lagi ia memiliki 100 ekor unta, 100 ekor kuda, dan 3.00 ekor kambing.

2. Az Zubair bun al ‘Awawam

Sahabat Rasulullah SAW yang kedua adalah Az Zubair bin al ‘Awwam, dimana ia adalah putra dari bibi Rasulullah SAW yaitu Shafiyyah binti Abdul Muthalib alias sepupu dari Rasulullah SAW. Ia adalah salah satu sahabat nabi yang telah dijamin masuk surga dan ia juga dikenal sebagai orang pertama yang menghunuskan pedang di jalan Allah SWT. Ia adalah salah satu sahabat Rasulullah SAW yang kaya raya. Hal itu dibuktikan ketika sebelum ia wafat, ia berwasiat agar sepertiga hartanya dibagikan kepada cucu-cucunya dan dua pertiga diberikan kepada ahli waris. Tercatat bahwa warisannya sebesar 38.400.000 Dirham dan wasiat sebesar 19.200.000 Dirham.

3. Utsman bin Affan

Tentu kalian sudah banyak mendengar tentang sosok sahabat Rasulullah yang satu iti bukan? Ya, Utsman bin Affan adalah salah satu sahabat nabi yang dikenal sebagai pedagang sukses, kaya raya, dan dermawan. Utsman bin Affan adalah saudagar yang tak pernah ragu menyumbangkan hartanya di jalan Allah SWT dan selalu berjuang bersama Rasulullah SAW. Ketika itu, ia memiliki kekayaan sebesar 30 juta Dirham, 150.00 Dinar, dan 100 ekor unta. Namun itu bukanlah kekayaan yang sebenarnya sebab, kekayaan yang sebenarnya adalah ketika ia menikahi kedua putrid Rasulullah SAW.

4. Thalhah bin Ubaidillah

Kalian tentu pernah mendengar kisah tentang sahabat Rasulullah yaitu Thalhah bin Ubaidillah, dimana ia adalah salah satu sahabat yang terpuji karena meninggal saat ikut Perang Uhud. Ia juga merupakan sala satu sahabat Nabi Muhammad SAW dari kaum Quraisy dan menjadi orang ke 8 yang masuk Islam. Thalhah juga diberkahi Allah SWT dengan kekayaan sebesar 2.200.00 Dirham dan 200.000 Dinar. Ia adalah salah satu sahabat yang pernah menyumbangkan hartanya sebesar 300.000 Dirham.

5. Sa’ad bin Abi WAqqash

Sahabat Rasulullah SAW terakhir yang akan kami bahas adalah Sa’ad bin Abi Waqqash, dimana ia adalah sahabat yang masuk Islam saat umurnya masih 17 tahun. Ia adalah sahabat Nabi yang sangat setia dan terkenal pemberani saat di medan perang. Sebelum ia wafat, ia mewasiatkan agar hartanya disumbangkan sebesar 250.00 Dirham. Bukan main, ia adalah orang pertama yang terkena tusuk anak panah dan pertama kali dalam sejarah Islam melesatkan panah kea rah musuh.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar 5 sahabat Nabi Muhammad SAW dengan kekayaan dan sifatnya yang dermawan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.