July 7, 2022

Cara Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Tips Hidup Sehat Supaya Awet Muda

Berikut Ini Cara Mengecek BPJS Ketenagakerjaan

2 min read

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan | Popmama.com

Untuk anda yang menjadi anggota peserta BPJS, mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan tentunya sangatlah penting. Ini semua dilakukan untuk mengetahui status kepesertaan, terutama bagi anda yang sudah berhenti bekerja, terkena PHK, tidak membayar iuran, dan kondisi lainnya.

Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan coba memberikan informasi tentang cara mengecek nomor BPJS Ketenegakerjaan sebagai berikut:

  1. Konfirmasi ke HRD Perusahaan

Cara mengecek BPJS Ketenagakerjaan yang pertama adalah dengan menghubungi HRD perusahaan. Cara ini bisa dilakukan bagi anda yang bekerja di suatu perusahaan dan terdaftar pada program BPJS Ketenagakerjaan.

Cara mengeceknya pun sangatlah mudah, anda cukup mengonfirmasinya ke HRD perusahaan.

Bukan hanya mengecek nomor KPJ, anda juga bisa meminta kembali pencetakan kartu BPJSTKU.

Hal dapat dilakukan untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan yang hilang. Namun kini kartu BPJSTKU sudah berbentuk digital dan bisa dicetak jika anda membutuhkannya.

 

  1. SMS Gateway

SMS Gateway merupakan layanan yang disampaikan melalui pesan singkat (SMS) menggunakan sistem informasi. Untuk dapat mengaksesnya anda bisa menggunakan jaringan seluler nomor 08777-5500-400.

Cara cek no BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK via SMS Gateway ini sangatlah mudah, anda cukup mengetik NIK spasi Nomor Induk Kependudukan. Sebagai contoh “NIK 7563990064659” lalu kirim ke nomor  08777-5500-400.

 

  1. Cek Nomor BPJSTKU via Aplikasi

Mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU merupakan cara paling populer dan banyak digunakan orang. Untuk dapat menggunakannya, anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di ponsel.

Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa mengetahui berbagai informasi seperti nomor kepesertaan, mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan dan lain sebagainya.

Aplikasi BPJSTKU sudah tersedia di Android dan iOS. Adapun cara mengaplikasikannya adalah sebagai berikut :

  • Langkah yang pertama, unduh aplikasi pada ponsel anda.
  • Jika sudah diunduh, anda buka aplikasi BPJSTKU.
  • Lalu klik Login
  • Masukkan alamat email dan kata sandi yang digunakan untuk mendaftar BPJSTKU sebelumnya. Jika belum, anda harus daftar dahulu.
  • Setelah itu, login dan mucul layar Menu
  • Pada Menu, anda pilih kartu digital.
  • Setelah itu, akan muncul nomor BPJSTKU pada kartu digital berupa 11 digit angka.

 

  1. Cek Nomor BPJSTKU via Call Center

Anda juga bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalu call center. Dalam hal ini, anda cukup menyampaikan permohonan kepada petugas di nomor 175.

 

  1. Cek Nomor BPJSTKu via WhatsApp

Cara selanjutnya untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan melalui WhatsApp. Caranya juga sangat praktis, namun layanan ini masih terbatas bagi Pekerja Migran Indonesia (TKI) di luar negeri. Anda bisa mengecek nomor BPJSTKU menggunakan WhatsApp di nomor telepon +62 811-9115910 dan +62 855-1500910.

 

  1. Cek Nomor BPJSTKU via Situs Resmi

Ada cara lainnya untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan online melalui situs resmi. Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, anda hanya perlu mengunduh aplikasi dan dapat untuk kepesertaan mandiri.

Sebelum memulainya, pastikan bahwa anda sudah hafal alamat email serta password yang didaftarkan sebelumnya. Cara ini juga bisa anda gunakan untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan yang hilang. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Kunjungi www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau langsung klik sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Masukkan alamat email dan password yang sebelumnya sudah anda daftarkan.
  • Setelah itu klik “Saya bukan robot” atau recaptcha.
  • Pilih login.
  • Klik cek kartu digital
  • Otomatis akan muncul nomor BPJS Ketenagakerjaan.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.