cara agar masuk halaman 1 Google

Cara Agar Web Kita Muncul di Google Paling Atas dengan Mudah

Cara Agar Web Kita Muncul di Google Paling Atas dengan Mudah

Percaya atau tidak, 75 persen pengunjung internet akan membuka website yang muncul pada halaman pertama. Inilah sebuah alasan mengapa banyak pemilik website selalu mencari cara agar web kita muncul di google paling atas. Karena dengan posisi website bisa ditemukan pada halaman pertama mesin pencarian, kesempatan dikunjungi oleh banyak visitors menjadi lebih besar.

Bagi anda yang memiliki website marketing, berikut cara agar web kita muncul di google paling atas :

  1. Periksa Kecepatan Website

Website dengan kecepatan yang tinggi memiliki ranking yang lebih baik dibandingkan yang berkecepatan rendah. Oleh sebab itu, meningkatkan kecepatan loading webiste merupakan cara agar web kita muncul di google paling atas yang pertama.

Ada banyak cara agar web kita muncul di google paling atas dengan meningkatkan kecepatan loading. Seperti memastika ukuran file penunjang website tidak terlalu besar. Seperti HTML, JavaScript, ataupun CSS. Selain itu, anda juga perlu mengompres ukuran gambar yang ada pada website tersebut.

  1. Pastikan Menggunakan Website Mobile-Friendly

Cara agar web kita muncul di google paling atas yang kedua adalah memastikan bahwa website anda mobile friendly. Karena seiring meningkat pengguna smartphone, maka aktifitas browsing menggunakan perangkat mobile semakin meningkat pula.

Anda harus siap mempermudah pengunjung yang menggunakan smartphone ataupun tablet untuk mengunjungi website seperti kecepatan maupun tampilannya.

Selain alasan tersebut, google juga telah menerapkan kecepatan loading pada sebuah website sebagai salah satu faktor dalam penilaian rangking website. Beruntunglah wordpress memberikan kemudahan untuk membuat website dengan performa mobile friendly.

  1. Membuat Sitemap

Yang dimaksud sitemap adalah sebuah file yang berisi semua halaman yang ada dalam website anda.

Selain berisi segala informasi mengenai halaman website anda, sitemap ini juga berisi mengenai kapan terakhir website direvisi, jenis konten yang dihasilkan, serta berapa jumlah revisi yang telah dilakukan.

Ada dua jenis sitemap. Yaitu HTML dan XML. HTML untuk visitor, sedangkan XML untuk mesin pencarian.

Cara agar web kita muncul di google paling atas yaitu dengan membuat dua sitemap ini. Jika anda menggunakan wordpress, anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO untuk membuat sitemap.

  1. Memasang SSL Certificate

Fungsi SSL certificate adalah untuk mengenkripsi transfer data yang terjadi dalam suatu website.

Sejak tahun 2014, google telah menggunakan SSL Certificate sebagai salah satu faktor untuk menentukan peringkat website. Maka anda bisa memasang SSL Certificate ini sebagai salah satu  Cara agar web kita muncul di google paling atas.

  1. Mengintegrasikan Website dengan Google Analytics

Cara agar web kita muncul di google paling atas belum lengkap tanpa menggunakan google analytics.

Fungsi dari google analytics ini adalah untuk mengawasi traffic website, aktivitas, demografi, asal-usul, dan berapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung untuk mengunjungi halaman anda.

Memang kesemua itu tidak secara langsung mempengaruhi ranking website. Namun bisa digunakan untuk mengevaluasi berbagai konten serta user experience pada website anda.

  1. Menggunakan Google Search Console

Google search console merupakan sebuah tool yang bisa memberikan informasi banyak hal.

Seperti halaman apa saja yang populer pada website, kinerja website pada perangkat mobile, masalah keamanan website serta kata kunci apa yang tepat digunakan pada website.

Maka tak heran jika banyak yang menyarankan tool ini sebagai salah satu  Cara agar web kita muncul di google paling atas.

Nah, itu dia berbagai  Cara agar web kita muncul di google paling atas. Jika informasi di atas bermanfaat, anda bisa membagikan pada banyak teman yang lain.