mural-di-bogor

Cara membuat Tekstur Dinding dengna Roller

Tekstur dinding sering diterapkan karena kebutuhan. Diberi pilihan, banyak pemilik rumah akan memilih tekstur halus seperti kaca untuk dinding dan langit-langit mereka. Selain menjadi gaya yang disukai saat ini, permukaan yang halus membantu warna cat lebih menonjol. Karena tidak ada tonjolan untuk menciptakan efek bayangan, permukaan tampak lebih cerah.

Tetapi tekstur dinding memang memiliki keunggulan tersendiri sebagai metode cepat untuk menyelesaikan dinding tanpa siklus lumpur, pengawetan, dan pengamplasan senyawa drywall yang tampaknya tak ada habisnya. Tekstur dinding dapat menutupi drywall atau pekerjaan lumpur yang tidak sempurna, dan mengering cukup cepat sehingga Anda dapat mulai mengecat hanya beberapa jam kemudian.

Yang terbaik dari semuanya, tekstur dinding—juga dikenal sebagai penetapan dinding—dapat dilakukan dengan roller dan bahan yang mudah dan murah untuk diperoleh.

Untuk dan yang ingin membuat mural dengan tekstur dinding, mungkin bisa mempertimbangkan menggunakan jasa mural saja, ini salah satu websitenya: lukisandinding.com/layanan/mural-bandung/

Bagaimana Tekstur Dinding Bekerja?

Tekstur dinding adalah zat yang lebih tebal dari cat tetapi lebih tipis dari senyawa drywall lurus. Tekstur yang diterapkan pada dinding dan langit – langit menciptakan bayangan kecil karena tonjolan dan lekukan. Sementara bayangan ini cenderung menghilang dalam cahaya langsung, mereka memanjang saat sumber cahaya bergerak pada sudut yang lebih tajam ke dinding. Ini menggelapkan bayangan keseluruhan permukaan, sehingga sedikit menggelapkan dinding.

Efek penggelapan ini melakukan pekerjaan luar biasa untuk menyembunyikan ketidaksempurnaan permukaan. Jika drywall Anda memiliki jahitan, tonjolan, lekukan, atau ketidaksempurnaan lainnya yang terlihat, tekstur dinding bisa sangat membantu menyembunyikannya. Inilah salah satu alasan mengapa langit-langit sering kali bertekstur: Karena langit-langit menerima paling banyak cahaya, sangat sulit untuk menyembunyikan ketidaksempurnaannya.

Sebelum kamu memulai

Pada dasarnya, texturing adalah operasi berantakan yang menghasilkan bahan tekstur basah beterbangan ke segala arah. Saat memasang langit-langit, bahkan pelukis yang paling berhati-hati pun perlu menutupi lantai dan permukaan dinding yang bersebelahan, termasuk trim pintu dan jendela. Gunakan kain lap untuk lantai dan terpal plastik untuk permukaan vertikal, gantung dengan selotip.

Tonton Sekarang: Cara Membuat Tekstur Dinding Dengan Roller

Efek tekstur dinding dapat bervariasi tergantung pada bagaimana bahan diaplikasikan dan digulung. Latih teknik ini pada potongan-potongan drywall atau bahkan lembaran karton sebelum pindah ke dinding dan langit-langit Anda. Berlatihlah dengan mantel tipis dan mantel tebal. Cobalah waktu pengeringan yang berbeda di antara lapisan.

Menambal Permukaan

Beberapa pemasangan permukaan dinding dan langit-langit mungkin diperlukan sebelum Anda dapat menerapkan tekstur bintik-bintik.

Tambal lubang atau keripik dengan senyawa drywall (lumpur) atau spackle ringan. Gunakan pisau drywall Anda untuk memaksa kompon ke dalam lubang dan usap cepat dengan ujung pisau untuk menghaluskan kompon di seluruh permukaan. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk ini, karena akan tertutup oleh bahan tekstur. Biasanya tidak perlu mengampelas permukaan—cukup menghaluskannya dengan pisau drywall sudah cukup.

Menambal lubang sebelum melukis

Oleskan lapisan cat dinding lateks putih datar atau primer drywall . Biarkan kering. Lapisan awal ini penting karena cat tekstur yang diaplikasikan langsung ke drywall yang telanjang akan terserap ke permukaan dinding, sehingga mengganggu upaya Anda.

Buat bahan tekstur dinding murah Anda sendiri dengan menipiskan senyawa drywall dengan air dalam rasio 4:1. Gunakan ember 5 galon dan lampiran mixer cat pada bor Anda untuk mencampur senyawa tekstur secara menyeluruh. Blender campuran sampai memiliki konsistensi cat lateks kental. Itu harus halus dan mudah digulung.

Sebagai alternatif, Anda dapat membeli cat tekstur premix. Merek populer termasuk Sheetrock Texolite dan Behr Premium Plus Texture Paint . Aduk cat secara menyeluruh, seperti yang diarahkan oleh pabrikan, untuk mempersiapkannya untuk aplikasi.

Tekstur melibatkan proses penggulungan dua bagian—aplikasi awal, kemudian penggulingan kedua pada bahan yang diaplikasikan setelah sebagian mengering. Mendapatkan waktu yang tepat adalah bagian tersulit dari proses.

Isi baki cat dengan bahan tekstur atau cat tekstur. Celupkan rol cat ke dalam baki cat, gulung, lalu aplikasikan tekstur di atas permukaan dinding atau langit-langit. Penutup rol biasa akan menghasilkan tekstur, tetapi ada juga penutup rol khusus yang tersedia yang dirancang untuk stippling.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk produk saat menggunakan cat tekstur komersial. Mereka mungkin merekomendasikan satu mantel.

Dalam kebanyakan kasus, jika Anda mengalami masalah dengan tekstur dinding Anda, penyebabnya adalah proporsi air dengan senyawa drywall. Terlalu sedikit air menghasilkan tekstur yang lengket dan tajam. Terlalu banyak air menghasilkan puncak yang tidak menahan atau bahkan air menetes ke bawah dinding.