February 4, 2023

Cara Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Tips Hidup Sehat Supaya Awet Muda

Cara Menggunakan Multitester Analog Untuk mengukur hambatan listrik

3 min read

Cara Menggunakan Multitester Analog Untuk mengukur hambatan listrik

cara menggunakan multitester analogCara Menggunakan Mulitester Analog – di artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan multitester analog, untuk mengukur hambatan listrik.

Gimana cara mengukur hambatan dengan menggunakan multitester analog?, berikut pembahasan Bagaimana cara menggunakan multitester analog untuk mengukur hambatan listrik.

Terlebih dahului akan saya Jelaskan bagian yang mana untuk mengukur hambatan listrik dimultitester analog.

Dan sini untuk mengukur hambatan listrik di multitester analog selector diputar di bagian Ohm, dimana satuan dari hambatan listrik adalah Ohm, bisa dilihat di angka yang ada di sektor Ohm terlihat ada X1 kemudian x10 kemudian kali X1k (Kilo).

Fungsi angka X1 satu X10 dan seterusnya yang ada pada batas ukur switch selektor adalah sebagai pengali dari hasil penunjukan angka dari skala ukur yang di tunjukan oleh pointer. Misalnya jika pointer (jarum) menunjukkan angka 2 pada skala ukur dan switch selektor diarahkan ke X10 maka  nilai hambatan adalah 2×10, maka hasilnya adalah 20 ohm.

Apabila selektor diputar diangka X100, dan pointer menunjukkan angka 5 pada skala ukur maka akan di dapat hasil sebesar 500 ohm dan begitu seterusnya.

Berikut ini saya akan contohkan cara menggunakan multitester analog untuk mengukur hambatan listrik.

Media yang saya gunakan adalah kabel busi, kabel busi mobil dan dimana kabel busi mobil itu mempunyai nilai standar tidak boleh melebihi nilai hambatan listriknya adalah 25 kilo Ohm atau 25.000 Ohm, jadi kabel busi ini tidak boleh melebihi angka hambatan 25.000 Ohm atau 25 kilo ohm.

Apabila angka hambatan listrik yang ada di kabel busi ini sudah melewati angka 25.000 Ohm, maka  kabel busi ini harus sudah diganti.

Oke langsung saja dan dimana untuk kabel busi nilai tanda 25 kilo Ohm berarti menggunakan selektor

yang ada di analog itu diputar di angka kali 1k atau kali 1000, kemudian tinggal setelah selektor diatur dikali satu k atau kali 1000 tinggal ujung dari kabel multitester yang warna merah  dihubungkan ke ujung kabel busi satunya, kemudian yang warna hitam dihubungkan ke ujung yang satunya lagi.

Kemudian dilihat nah jarum berada di angka 4,5 diantara angka 4,5 tinggal dikalikan 4,5 dikalikan 1000 berarti 4.500 Ohm atau 4,5 kilo Ohm.

Itulah cara mengukur hambatan listrik dengan menggunakan multitester Analog dan dimana selain untuk mengukur hambatan listrik di bagian selector Ohm di multitester analog juga bisa digunakan untuk mengetahui atau mengecek ujung kabel 1 dengan ujung yang satunya lagi.

Contoh disini Saya mempunyai kabel dengan tiga ujung 123 kemudian ini ujung satunya lagi  kebetulan di sini warnanya berbeda hijau, biru kemudian coklat.

Cara untuk mengetahui ujung satu dengan ujung yang satunya lagi dengan menggunakan multitester analog, selector itu diputar kalau tadi itu dikali 1, sekarang 10 kali 1000 untuk mengukur nilai Ohm, untuk mengetahui ujung kabel itu bisa menggunakan bagian yang di bawah dari kali Satu,

Selector diputar ke kali satu dibawahnya ya, setelah diputar ke bagian yang paling bawah di bagian Ohm, tinggal ujung dari kabel multitester itu dihubungkan, misalkan ingin mengetahui ujung kabel yang satunya disini, kemudian ujung satunya lagi di mana,

Tinggal setelah dihubungkan ke warna merah kemudian dicek bagian satunya mana… ujung kabel ini satunya lagi adalah ini, ketika aku ketemu dengan ujung satunya lagi multitester itu akan berbunyi.

Itulah cara mengecek ujung kabel satu dengan ujung yang lainnya ataupun untuk ngecek kondisi kabel di dalamnya itu putus apa tidak.

Apabila masih bagus dan tidak putus itu akan bunyi dan apabila putus otomatis multitester analog itu tidak akan bunyi.

Begitulah cara mengukur hambatan listrik dan juga untuk mengukur kontinuitas kabel dengan menggunakan multitester analog.

Itulah penjelasan dari saya tentang cara menggunakan multitester analog untuk mengukur hambatan listrik. Semoga yang singkat bisa dipahami untuk menambah pengetahuan tentang multitester analog

Silakan di baca juga di akhdanazizan.com Macam macam alat ukur beserta fungsinya

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.