Bisnis mobil

Cara Reset Lampu Mesin Cek: Ikuti 4 Cara Mudah Ini!

Cara Reset Lampu Mesin Cek: Ikuti 4 Cara Mudah Ini!

Lampu check engine menyala saat komputer mobil Anda mendeteksi masalah di dalam powertrain. Ini dapat mengindikasikan komplikasi besar atau kecil, tetapi mengabaikannya pasti membuat masalah menjadi lebih buruk, yang menyebabkan kerusakan dan perbaikan yang mahal.

Anda dapat menghindari semua kerepotan jika Anda mengetahui alasan lampu menyala. Namun demikian, terkadang tidak mati meskipun menyelesaikan kesalahan. Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui cara mengatur ulang Lampu Mesin Cek . Yuk simak artikel di bawah ini.

Untuk mendapatkan info promo honda brio, bisa langsung ke Honda Cimahi, biasanya awal tahun ini ada

Sebagian besar pengendara merasa kesal jika lampu merah Indikator Cek Mesin masih tidak kunjung padam meski kesalahan pada mobil sudah diperbaiki. Dalam hal ini, komputer kendaraan Anda salah dan perlu sedikit perbaikan untuk mengatasi masalah tersebut.

Lihat video ini untuk mengetahui cara melakukan langkah-langkah ini dengan benar!

  1. Gunakan Alat Pindai

Menggunakan alat scan adalah cara termudah untuk mengatur ulang lampu mesin cek . Jika Anda ingin tahu cara mematikan lampu mesin cek dengan cara ini, berikut adalah 3 langkah untuk Anda.

Langkah 1: Hubungkan alat pindai ke OBD – II

Menghubungkan alat pindai ke OBD-II (Konektor diagnostik terpasang) di bawah kolom kemudi Anda. Kemudian Anda putar kunci kontak ke ON dan jangan lupa untuk mematikan semua gadget.

Menekan tombol “READ” pada alat pindai untuk melihat kode kesalahan mesin. Anda memerlukan pena untuk menuliskan kode atau kode sesuai urutan penerimaannya untuk perbaikan atau referensi di masa mendatang jika diperlukan.

Tekan tombol “Hapus” pada pemindai Anda untuk menghapus kode kesalahan

Tekan tombol “Hapus” pada pemindai Anda untuk menghapus kode kesalahan (Sumber: Wikihow)

Langkah 3: Hapus kode kesalahan

Menekan tombol “ERASE” pada alat pindai untuk menghapus kode kesalahan. Lampu Periksa Mesin akan mati jika semua kode kesalahan dihapus.

Beberapa alat pindai memiliki banyak kemampuan seperti membekukan bingkai yang mencatat beberapa pembacaan sensor saat kode ditetapkan dan menghapus kode juga akan menghapus file ini.

Catatan: Pada beberapa pemindai, mereka mungkin memiliki opsi otomatis dan tombol “CLEAR” atau “YES” daripada tombol “ERASE” .

Jangan lupa untuk menyalakan kunci kontak sebelum menghapus kode.

  1. Terapkan Teknik Pemutusan Hubungan Baterai

Lepaskan kabel baterai untuk mengatur ulang lampu mesin cek

Memutus kabel baterai untuk mengatur ulang lampu mesin cek (Sumber: Wikihow)

Menggunakan teknik pemutusan baterai adalah cara lama untuk mengatur ulang lampu mesin cek. Berikut adalah 3 langkah untuk membantu Anda mengetahui cara mengatur ulang lampu mesin cek dengan metode ini.

Langkah 1: Melepaskan kabel aki mobil

Pada langkah ini, Anda harus menggunakan kunci inggris untuk melepaskan kabel positif dan negatif.

Terapkan Teknik Pemutusan Hubungan Baterai

Langkah 2: Menguras sisa listrik

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menekan dan menahan klakson mobil selama kurang lebih 30 detik. Tindakan ini akan membantu menguras apa pun

Tekan dan tahan klakson Anda selama 30 detik untuk menguras listrik yang tersisa dari kapasitor

listrik dari kapasitor mobil Anda.

Langkah 3: Menunggu dan menghubungkan kembali baterai

Setelah mencabut kabel aki dan menguras sisa listrik, yang harus Anda lakukan adalah menunggu sekitar 15 menit kemudian memasang kembali kabel aki mobil tersebut.

Kode kesalahan harus dihapus yang akan menyebabkan lampu mesin mati. (Catatan: metode ini mungkin tidak berlaku di semua komputer mobil). Jika aki mobil dilepas dan lampu langsung menyala kembali, ini mungkin menunjukkan masalah aktif dan harus diatasi dan diperbaiki.

  1. Nyalakan dan Matikan Pengapian

Ini adalah pengulangan dari teknik sebelumnya tanpa melepaskan baterai. Anda hanya perlu memasukkan kunci ke dalam kunci kontak dan menyalakan dan mematikannya sebanyak tiga kali berturut-turut dengan jarak satu detik di setiap langkah. Setelah Anda selesai, kendarai mobil untuk melihat apakah lampu sudah disetel ulang.

  1. Biarkan Lampu Mesin Cek Mati Dengan Sendiri

Cara lain untuk mengatur ulang lampu mesin cek adalah membiarkannya mati dengan sendirinya. Ini adalah proses yang mudah karena Anda praktis tidak perlu melakukan apa pun kecuali mengendarai kendaraan seperti biasa. Sistem komputer di sebagian besar mobil terus memeriksa ulang masalah yang mengaktifkan cahaya sejak awal.

Jika ini adalah masalah kecil seperti kesalahan pada aliran udara massal atau sensor O2, ini dapat diperbaiki secara otomatis, dan lampu akan menjadi gelap. Namun, jika masih menatap Anda setelah tiga hari, Anda harus menerapkan metode yang disebutkan di atas untuk mengatur ulang.

Promo Honda HRV bisa didapatkan melalui Honda Magelang terdekat.

Bagaimana Jika Lampu Mesin Cek Kembali?

Ini bisa kembali dalam beberapa hari atau minggu, yang mungkin menandakan komplikasi besar. Jika tetap terjadi meskipun telah mengikuti prosedur pengaturan ulang, Anda harus membawa mobil ke pusat layanan dan mendiagnosisnya oleh mekanik profesional. Bengkel semacam itu menggunakan alat yang lebih canggih untuk mencari tahu masalah yang sebenarnya.

Semoga Anda dapat mengetahui Cara mengatur ulang lampu mesin cek dengan metode DIY melalui artikel ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, tinggalkan komentar di kotak di bawah ini, kami akan menjawabnya untuk Anda.