July 7, 2022

Cara Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Tips Hidup Sehat Supaya Awet Muda

Dampak Buruk Penggunaan Premium dan Pertalite Terhadap Mesin Kendaraan

2 min read

Besin premium dan pertalite banyak digunakan pengendara di Indonesia khususnya sepeda motot. Harga dua type bahan bakar minyak (BBM) itu lebih murah ketimbang pertamax (RON 92) atau sejenisnya. Maklum nilai oktan RON bensin dan pertalite yakni 88 dan 90 menggunakan Flow Meter Tokico.

Karena nilai oktannya tetap rendah, jadi pemakaian premium dan pertalite diklaim tidak cukup baik bagi mesin kendaraan dibandingkan pertamax atau BBM yang punya RON di atas 92.Apa saja efek buruknya?

 

1. Timbul kerak diruang bakar

Perlu Anda ketahui lebih lanjut bahwa bahan bakar type pertalite dan premium punya jumlah residu yang cukup banyak loh. Hal ini sudah pasti kecuali dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan munculnya kerak diruang bakar.

Tentu hal pertama yang dapat dirasakan yakni performa mobil jadi mengalami penurunan karna kerak kotoran diruang bakar yang menumpuk.

 

2. Mesin ngelitik

Bahaya pertama yang bisa Anda rasakan ketika mengkombinasikan 2 type BBM yakni mesin kendaraan jadi knocking dengan kata lain ngelitik. Kondisi layaknya ini terjadi terhadap mesin mobil maupun mesin motor.
Hal ini disebabkan bahwa mengkombinasikan kedua bahan bakar dapat mengakibatkan kinerja pembakaran jadi tidak sempurna. Itulah yang mengakibatkan mesin kendaraan Anda jadi ngelitik.

 

3. Tidak ramah lingkungan

Dampak sesudah itu yang didapat berasal dari pemakaian premium dan pertalite yakni emisi gas membuang tidak teratur. Sebab RON yang digunakan tidak memenuhi standar dan kapasitas mesin baru waktu ini. Maka yang terjadi secara tidak langsung kendaraan Anda ikut mencemari lingkungan.

4. Mogok dan kudu turun mesin

Dampak paling tidak baik dan gawat akibat pakai kedua bahan bakar tersebut ialah bisa mengakibatkan mesin kendaraan tidak bisa bermanfaat atau macet. Pasalnya hal itu terjadi akibat munculnya kerak yang menumpuk dan tidak dibersihkan secara berkala.

Tumpukan residu dan kotoran tersebut diakibatkan oleh kedua type BBM yang memang tidak cocok standar spesifikasi mesin baru waktu ini.

Komponen yang macet kebanyakan terkandung terhadap bagian valve (klep) dan kelanjutannya mesin kendaraan jadi tidak bekerja. Cara cuma satu bersama dengan melaksanakan perbaikan turun mesin dengan menggunakan Flow Meter Tokico.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.