Dampak Ketidak Jelasan Liga 1 pada Sepakbola Nasional

PSSI Keluarkan SK Terbaru, Ini Skema Gaji Pemain Liga 1 dan 2

Sepakbola merupakan salah satu olah raga yang banyak digemari di Indonesia. Tetapi sekarang ini karena adanya pandemi, kegiatan sepak bola atau perhelatan sepakbola menjadi diundur bahkan tidak ada kejelasan. Tapi untuk kamu agar selalu tahu tentang berita sepakbola nasional, berikut adalah info sepakbola nasional mengenai dampak ketidak jelasan Liga 1, yang berdampak klub-klub kehilangan pemain.

  1. Madura United

Pelatih dari Madura United, Rahman Darmawan mengaku pasrah para pemain mulai tergoda main di luar negeri. Ia menyerahkan kewenangan kepada pihak pemain kalau memang ada tawaran menarik dari klub luar negeri, seperti yang tengah ramai saat ini. Juga karena situasi di kompetisi Liga 1 belum juga jelas. Sisi positinya adalah para pemain menerima tawaran bermain di kompetisi luar negeri, khususnya di Asia Tenggara. Ia tidak bisa memaksakan kalau ada pemain yang mau segera bertanding sekaligus menjajal peruntungan baru. Kendati mereka masih terikat kontrak kerja dengan klub, sampai kembali bergulirnya jadwal bola Liga 1 pada Februari 2021. Hal itu sudah pernah terjadi di klub Madura United yakni Bruno Lopes. Gelandang berusia 34 tahun itu mendapatkan izin pulang, tetapi malah diresmikan statusnya sebagai bagian dari skuat Parana Clube, yang kini berlaga di kompetisi Serie B Brasil.

  1. Arema FC

Menurut https://www.bolanusantara.com/, Arema FC pun memiliki posisi yang sama. Arema FC bersikap terbuka atas segala kemungkinan terhadap Bruno Smith Nogueira Camargo yang berpotensi membelot di tengah ketidakpastian status kompetisi Liga 1 saat ini. Playmaker asing yang berusia 28 tahun itu memang sekarang sedang berada di Brasil, dengan izin menghabiskan waktu bersama keluarganya. Bruno Smith juga berjanji kembali ke Arema FC pada Januari, atau sebulan menjelang bergulirnya lanjutan Liga 1. Tetapi, hal yang sama juga terjadi pada kasus Bruno Lopes, pada akhirnya Bruno lopes batal bergabung dengan Madura United. Secara mendadak, eks marquee player Persija edisi 2017 itu diresmikan menjadi bagian Parana Clube untuk berlaga di Serie B Brasil.