Fakta Fakta Menarik Tentang Turnamen Pramusim Bertajuk Piala Menpora 2021 

Jadwal Tayang Piala Menpora 2021 Live di Indosiar Lengkap dari Persib,  Persija, Barito dll - Banjarmasin Post

Pada tanggal 20 Maret hingga 25 Juni 2021 mendatang, rencananya akan digelar turnamen pramusim Liga 1 dan Liga 2 2021. Ajang pramusim tersebut diberi tajuk Piala Menpora 2021 serta diikuti oleh 20 klub.

Berikut dibawah ini berita bola menarik tentang rencana akan digelarnya ajang pramusim bertajuk Piala Menpora 2021 tersebut, diantaranya yaitu :

  1. 18 Klub Berasal Dari Kontestan Liga 1 2020

Seperti yang telah disinggung diatas jika turnamen pramusim tersebut diikuti oleh 20 klub. Dan sebanyak 18 klub diantaranya merupakan kontestan Liga 1 2020. Klub klub tersebut adalah Persija Jakarta, PS TIRA Persikabo, Persib Bandung, PSS Sleman, Bhayangkara FC, PSIS Semarang, Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, Arema FC, Persik Kediri, Persela Lamongan, Persebaya Surabaya, PSM Makasar, Madura United FC, Bali United FC, Barito Putera, Borneo FC, dan Persipura Jayapura.

Sedangkan dua klub lainnya berasal dari Liga 2 yaitu PSMS Medan dan Sriwijaya FC. Adanya penambahan dua klub dari Liga 2 tersebut berdasarkan pada asas prestasi serta sporting merit di Liga 2 2019.

  1. Kenapa Harus Turnamen Dulu? Kenapa Tidak Langsung Kompetisi Saja?

Berdasarkan hasil pertemuan klub Liga 1 dan Liga 2 telah disepakati jika kompetisi tersebut akan digelar setelah idul fitri. Oleh karena itu, untuk mengisi kekosongan waktu diadakannya turnamen prakompetisi.

Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI mengatakan bahwa diselenggarakannya turnamen prakompetisi tersebut diharapkan menjadi persiapan menuju SOP disiplin protokol kesehatan karena hal ini belum pernah ada, sehingga harus dilakukan sebelum bergulirnya kompetisi.

  1. Lalu, Bagaimana Format Turnamennya?

Turnamen pramusim tersebut akan menggunakan sistem format setengah kompetisi. Nantinya ada sebanyak 20 klub yang terbagi dalam 4 grup, dimana masing masing grupnya itu dihuni lima tim. Nantinya tim yang berhasil menjadi juara dan runner up grup berhak lolos ke perempat final.

Kemudian babak perempat final hingga final akan menggunakan format sistem gugur dengan single match. Namun jika nanti laga berakhir imbang maka akan dimainkan babak ekstra time hingga adu penalti.

  1. Kemudian, Turnamen Piala Menpora 2021 Ini Akan digelar dimana?

Ada sebanyak empat kota yang dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan turnamen tersebut yaitu Solo, Bandung, Sleman, dan Malang.

Grup A yang bertempat di Solo akan diisi oleh Bali United, PSM Makasar, tuan rumah Bhayangkara Solo FC, Persita Tangerang, serta Persela Lamongan.

Selanjutnya Grup B yang terpusat di Kota Bandung akan diisi oleh tuan rumah Persib Bandung, Madura United, Borneo FC, Persebaya Surabaya, serta Persik Kediri.

Sedangkan Grup C yang dilangsungkan di Sleman diisi oleh Persija Jakarta, PSS Sleman, Persipura Jayapura, Persiraja, serta PSMS Medan.

Dan terakhir ada Grup D yang bertempat di Malang. Grup D ini diisi oleh Arema FC, PSIS Semarang, Barito Putera, PS TIRA-Persikabo, serta Sriwijaya FC. Jika turnamen tersebut bergulir lancar, maka kemungkinannya Liga 1 2021 bergulir mulai dari 11 Juni 2021 hingga 11 Maret 2022.

Berikut dibawah ini pembagian Grup turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021 :

  • Grup A (Solo) diisi oleh oleh Bali United, PSM Makasar, Bhayangkara Solo FC, Persita Tangerang, serta Persela Lamongan.
  • Grup B (Bandung) diisi oleh Persib Bandung, Madura United, Borneo FC, Persebaya Surabaya, serta Persik Kediri.
  • Grup C (Sleman) diisi oleh Persija Jakarta, PSS Sleman, Persipura Jayapura, Persiraja, serta PSMS Medan.
  • Grup D (Malang) diisi oleh Arema FC, PSIS Semarang, Barito Putera, PS TIRA-Persikabo, serta Sriwijaya FC.