flu-burung

Flu Burung pada Burung Piaraan: Haruskah Anda Cemas?

Dengan laporan flu burung dengan teratur jadi informasi, susah tidak untuk bertanya apa burung piaraan Anda beresiko terjangkit penyakit serius ini. Sementara media memberi info penting mengenai virus, dogma dan 1/2 kebenaran banyak dalam dialog sekitar flu burung. Maka membuat perlindungan burung dan keluarga Anda, sangat penting untuk mempunyai penglihatan yang pasti mengenai apa sesungguhnya flu burung dan bagaimana Anda bisa menahannya.

Bukti Flu Burung

Ada empat type khusus virus influenza: A, B, C, dan D. Burung liar umumnya bawa virus type A, yang mana ada lebih dari 25 subtipe yang dijumpai, menurut Pusat Pengaturan dan Penangkalan Penyakit. Beberapa subtipe ini bisa mengontaminasi spesies lain, terhitung kuda dan anjing. Dan walau tidak umum virus flu burung mengontaminasi manusia, hal tersebut kemungkinan terjadi. Ini khususnya terjadi pada subtipe yang paling menyebar H5N1.

Tipe virus H5N1 adalah yang paling serius dan bisa berpengaruh fatal untuk manusia dan unggas. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, angka kematian manusia seputar 60%. Burung yang terkena menebarkan virus lewat air liur, lendir, darahnya, dan kotoran. Burung dapat mencemarkan lingkungannya dengan virus, di mana dia tetap ada di atas, seperti tempat makan dan pemandian burung, sepanjang berminggu-minggu.

Walau H5N1 sudah didiagnosa khususnya pada ayam dan unggas peternakan yang lain, sebagian besar burung bisa terjangkit virus. Dan karena burung migran bawa virus, virus ini bisa dengan gampang menebar ke semua dunia.

Tanda-tanda yang umum pada manusia ialah demam, ngilu otot, sakit batuk, dan kerongkongan. Dan perubahan jadi infeksi aliran pernafasan yang kronis bisa terjadi secara cepat, hingga membutuhkan perawatan segera. Disamping itu, banyak burung akan mati secara cepat bahkan juga saat sebelum Anda mengetahui pertanda penyakit.

Flu Burung dan Burung Piaraan

Resiko terjangkit flu burung tidak begitu tinggi untuk burung piaraan https://kacer.co.id yang tinggal di rumah. Tetapi, ada dua factor yang bisa tingkatkan resiko infeksi.

flu-burung-di-indonesia

Factor resiko pertama ialah bila burung piaraan habiskan waktu di luar ruang, di mana dia kemungkinan bersinggungan dengan burung liar. Untuk meminimalisir resiko, tidak boleh perkenankan hewan piaraan Anda ada dalam luar tanpa pemantauan. Walau burung Anda aman ada dalam sangkarnya di luar ruang, lihat baik untuk menghindari burung hewan yang lain dan liar.

Factor resiko ke-2 ialah pemasaran burung hasil tangkapan liar dalam perdagangan hewan piaraan. Kecuali mengakibatkan trauma kronis pada burung liar karena mengambilnya dari lingkungan alaminya, praktek ini berperanan dalam mengenalkan banyak penyakit, terhitung flu burung, ke kandang burung dan rumah.

Maka bila Anda cari burung baru, cari peternak atau barisan penyelamat yang mempunyai rekam jejak bagus untuk pastikan jika hewan piaraan baru Anda pada kondisi sehat. Bila Anda barusan beli burung yang Anda mencuriga diamankan dari alam liar, rencanakan tatap muka sama dokter hewan unggas selekasnya mungkin. Dokter hewan unggas sanggup mengetes penyakit khusus untuk burung, seperti flu burung, dan mereka bisa tawarkan penyembuhan burung bila perlu.

Jaga Kesehatan Burung Piaraan Anda

Sebenarnya, sering resiko paling besar untuk kesehatan burung piaraan ialah perawatan yang tidak pas dari pemiliknya. Selalu bersihkan tangan Anda sebelum dan setelah tangani burung piaraan Anda untuk kurangi penebaran penyakit apa pun. Dan yakinkan Anda betul-betul bersihkan lingkungannya dengan teratur untuk buang kotoran, makanan lama, dan sampah yang lain mempunyai potensi menebarkan penyakit.

Skema makan yang berkualitas adalah langkah khusus untuk mengoptimalkan usia sehat burung piaraan. Kecuali biji dan pelet bergizi, yakinkan Anda memberikan makan burung Anda kombinasi sayur berdaun hijau dan sayur yang lain, buah-buahan, beberapa bijian, dan kacang-kacangan. Tanyakan sama dokter hewan Anda untuk diet maksimal untuk burung detil Anda.

Disamping itu, beri burung Anda banyak ruangan dan mainan untuk mempromokan olahraga. Burung yang berat badan yang berlebih beresiko terserang banyak penyakit. Disamping itu, yakinkan burung Anda mempunyai beberapa waktu sosial, baik dengan Anda atau burung piaraan yang lain (atau ke-2 nya), untuk mempertahankan kesehatan fisiknya dan psikis. Dan paling akhir, rencanakan pengecekan kesehatan teratur sama dokter hewan unggas Anda. Burung bisa wafat dengan cepat sekali, menjadi penting untuk mengawasi kesehatannya dengan jeli sejauh hidup mereka.