Fungsi dan peranan ERD (Entity Relationship Diagram)

Untuk kali ini saya akan membahas mengenai Fungsi dan Peranan ERD yang mencakup ruang lingkup RPL. Nah, itu kita simak sebagai berikut.

Fungsi ERD

Sebelum saya menceritakan secara detail Fungsi dari ERD maka pertama saya akan membahas apa ERD itu sendiri.

Diagram ER itu pertama kali diperkenalkan  oleh Peter Chen yang dibuat sebagai bagian dari perangkat lunak. Entity Relationship Diagram (ERD) adalah sebuah konsep yang mendeskripsikan hubungan antara penyimpanan dan didasarkan pada persepsi dari sebuah dunia nyata yang terdiri dari sekumpulan objek, disebut Entity & relasi diantar objek-objek tersebut. Atau juga bisa disebut suatu model jaringan (network) yang menggunakan susunan data yang disimpan dari sistem secara abstrak.
untuk Fungsi dari ERD itu sendiri adalah:

  • Untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data
  • Model dapat diuji dengan mengabaikan proses yang dilakukan
  • Menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi
  • mendokumentasikan data-data yang ada dengan cara mengidentifikasi tiap jenis entitas dan hubungannya. 

Peran ERD

Tentunya pemahaman serta penguasaan ERD sangat diperlukan karena dengan konsep ERD kita bisa merancang suatu sistem yang kokoh dan terstruktur.

Karena di tahap pengerjaan ERD kita diharuskan menganalisis suatu hubungan dari data yang hendak disimpan dalam di basis data sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kekacauan data seperti adanya data yang redun dan yang tentunya bisa menyebabkan tabrakan data. Selain itu dengan ERD kita bisa mendeteksi kelemahan suatu sistem serta data apa saja yang perlu dan tak perlu ada dalam basis data serta kita bisa menentukan data constraintnya, data cardinality, hingga atributte type. Sehingga hasil akhir dari sistem yang akan dikerja menjadi lebih minim tingkat kesalahannya, lebih efisien, dan sesuai dengan kebutuhan.

Kami sarankan juga untuk melihat beberapa contoh ERD untuk lebih memahami apa itu fungsi dan peranan ERD. Sekian penjelasan singkat saya mengenai FUNSI dan PERAN ERD. untuk mendapatkan informasi lebih lanjut sering – seringlah mengunjungi blog ini.