Modern Combat 5 Blackout

Jenis Jenis Game Online

Berbagai game terbaru telah banyak dimainkan oleh masyarakat, baik di PC maupun mobile. Hampir semua kalangan, dari orang dewasa, remaja, sampai anak-anak memainkan game kesukaannya. 

Bermain game pun sekarang sudah menjadi sebuah pekerjaan seiring dengan semakin banyaknya kompetisi esport baik di dalam maupun luar negeri. Jadi, game tidak lagi hanya melepaskan penat namun  bisa mendatangkan uang. Sejak orang mulai mengenal apa itu esport, banyak orang tua juga sudah memaklumi jika anaknya kerap bermain game. 

Para developer game di seluruh dunia pun berlomba-lomba dalam membuat game dengan berbagai jenis dan tingkat kesulitan. Akhirnya, berbagai jenis game pun muncul seperti RTS, FPS, RPG, game simulasi dan masih banyak lainnya. 

Namun, tahukah kamu apa sih pengertian dari masing-masing jenis game tersebut? Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas sejumlah jenis game yang sering kita mainkan. 

First Person Shooter (FPS)

Modern Strike Online dan Hitman Sniper

First Person Shooter (FPS) adalah jenis game tembak menembak yang menggunakan sudut pandang orang pertama. Dengan kata lain, apa yang tampil di layar monitor adalah perspektif penglihatan dari si pemain. Contoh jenis game FPS yakni Point Blank dan Counter Strike. Game FPS di Android juga cukup banyak seperti PUBG Mobile, Sniper 3D: Fun Free Online, Dead Trigger 2 dan lain-lain. 

Jenis FPS banyak disukai lantaran mampu memberikan sensasi menegangkan karena pemain seolah-olah berada di dalam latar game tersebut secara langsung. Selain FPS, ada juga genre game yang kerap disamakan padahal berbeda yakni Third Person Shooter. 

Game TPS berbeda dengan FPS karena monitor menampilkan tubuh si pemain dari belakang sehingga monitor tampak mengikuti tubuh karakter game tersebut. 

Role Playing Game (RPG)

Role Playing Game atau RPG adalah jenis game yang memiliki beberapa karakter dan pemain diminta memilih karakter tersebut kemudian mengikuti cerita panjang di dalamnya. Keunggulannya, pemain 

Dalam RPG game bisa mengembangkan kemampuannya dan berkolaborasi dengan karakter lainnya untuk menyelesaikan sebuah misi. Game yang dimainkan oleh beberapa orang tersebut disebut juga sebagai MMORPG atau Massively Multiplayer Online Role Playing. 

Real-Time Strategy (RTS)

Real Time Strategy adalah jenis game yang dirancang agar pemainnya bisa membangun kekuatan baik militer maupun kerajaan untuk mempertahankan diri dan menyerang musuh yang datang. Game RTS banyak disukai karena menuntut pemainnya agar bisa memanfaatkan sumber daya yang ada dan membangun kekuatan sendiri. 

Beberapa game keren bergenre Real Time Strategy antara lain Command & Conquer: Generals – Zero Hour, Stronghold Crusader, Age of Empires III, dan masih banyak lainnya. Game semacam ini akan lebih menarik jika dimainkan di PC dengan resolusi yang bagus. 

Life Simulation Game

Life Simulation adalah jenis game yang memainkan peran yang biasa dilakukan oleh manusia sehari-hari. Seperti halnya dalam kehidupan sehari-hari, dalam game ini pun kita melakukan aktivitas seperti bekerja, berinteraksi dengan tetangga, dan masih banyak lainnya. 

Salah satu game simulasi kehidupan yang cukup menarik adalah Life Simulator 3. Dalam game ini, pemain bisa sekolah untuk mendapatkan keahlian, melamar pekerjaan dan membeli properti. Ada pula kejadian-kejadian tidak terduga yang memaksa pemain harus mengambil keputusan sulit yang akan mempengaruhi stats miliknya. 

Vehicle Simulation 

Seperti namanya, game ini dirancang khusus agar pemain bisa merasakan bagaimana mengendarai sebuah kendaraan. Semua jenis kendaraan baik mobil, kapal dan pesawat dibuat sedemikian mirip dengan aslinya sehingga pemain bisa merasakan sensasi menjadi seorang sopir truk bermuatan besar atau pilot sebuah pesawat komersial. 

Beberapa game simulasi kendaraan yang bisa kamu coba antara lain Bus Simulator 18, Train Sim World, X-Plane 11, dan masih banyak lainnya. 

Itulah lima jenis game yang cukup banyak di pasaran. Kamu mungkin pernah mencoba salah satu game di atas namun tidak menyadari genre apa game tersebut. Jadi, manakah game favorit kamu? 

 

Tags: