Kayu yang Cocok Buat Furniture

Jika Anda menginginkan rumah atau apartemen, Anda akan bisa memilih jenis material kayu yang akan digunakan. Selain itu, jika Anda membeli apartemen, Anda pasti akan melihat bahwa beberapa konstruksinya terbuat dari kayu. Entah atap, pilar, atau furnitur.

Jika Anda membutuhkan jepara furniture bisa kunjungi tautan tersebut. Disana hasil yang dikerjakan sangat baik dan bagus yang menjadi salah satu indonesia furniture terbaik dikelasnya.

Masalahnya, jika Anda tidak mengetahui jenis material kayunya, Anda akan tahu apakah bangunan tersebut berkualitas atau tidak. Setiap jenis kayu juga memiliki keawetan dan kegunaan yang berbeda.

Karakteristik Jenis Kayu

Nah untuk memilih jenis material kayu terlebih dahulu perlu diketahui karakteristik masing-masing kayu tersebut. Misalnya kayu jati belanda, apakah cocok untuk pintu rumah? Cocok bukan untuk meja, kursi, atap dan lain sebagainya. Untuk dipilih, sertakan karakteristik dari setiap jenis kayu.

1. Kayu Jati

Jati memiliki karakter yang luar biasa untuk semua kebutuhan rumah. Atapnya tidak ada apa-apanya, furniturnya juga sangat bagus. Selain itu, furnitur lama dengan diameter lebih dari 25 cm. Selain itu, bahan tersebut memiliki corak serat yang khas atau guratan yang bagus.

Jenis kayu ini juga termasuk salah satu yang paling unggul, sehingga wajar jika harganya cukup empuk. Keunggulan kayu jati antara lain memiliki daya tahan dan kekuatan yang lama. Bahan ini juga tahan rayap, jamur, air dan cuaca ekstrim. Satu-satunya kelemahan adalah harganya yang cukup tinggi. Terutama jati tua dan berasal dari Kota Jati (Blora).

2. Kayu Merbau

Pada furniture jenis ini ada yang disebut dengan kayu merbau. Anda tidak salah menggunakannya sebagai alternatif kayu jati. Pasalnya, harganya lebih murah dibanding furniturnya. Namun demikian kualitas kayu merbau tidak kalah, terutama dari segi keawetan dan keawetan bahan.

Beberapa keunggulan material kayu merbau adalah memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi, tahan terhadap kerusakan serangga dan cuaca ekstrim, tidak mudah menyusut dan retak, serta terlihat sangat bagus. Warnanya mulai dari kuning kecoklatan, coklat kemerahan, dan abu-abu kecoklatan.

3. Kayu Sonokeling

Jika Anda menginginkan kayu dengan serat yang lembut dan kuat, maka material kayu mewah dari kelompok kayu tropis ini sudah pasti menjadi pilihan Anda. Kemewahan kayu ini juga karena keawetan dan keragamannya. Warna alami kayu mawar adalah hitam, tetapi biasanya berwarna coklat tua atau bergaris.

Ini memungkinkan rosewood digunakan tanpa pengecatan ulang. Selain itu bahan ini juga memiliki tekstur yang menarik dan unik sehingga terlihat lebih renyah dan elegan. Tingkat ketahanan serangga terhadap cuaca atau cuaca juga sangat baik.

4. Kayu Mahoni

Mahoni juga bisa menjadi material kayu yang bagus untuk bahan bangunan. Namun, penggunaan khusus disarankan untuk rumah. Hal ini dikarenakan tingkat keawetan dan kekuatan kayu jenis ini tidak terlalu tinggi sehingga mudah diserang rayap dan juga sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca.

Namun tampilan kayu mahoni tidak kalah dengan material kayu lainnya. Daya tariknya berwarna merah, teksturnya bagus, serat kayunya terlihat lurus dan kuat, serta harganya cukup murah dan terjangkau. Kayu mahoni biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan furniture Jepara.

5. Kayu Pinus

Material kayu pinus atau biasa disebut kayu jati belanda merupakan salah satu jenis kayu yang sering digunakan sebagai bahan bangunan khususnya furniture. Sayangnya kayu ini hampir identik dengan kayu mahoni yang kurang kuat dan awet, serta lebih rentan terhadap hama serangga dan kondisi cuaca.

Lebih baik tidak menempel pada atap ini. Karena resistensi itu tidak bagus. Apalagi saat terkena panas dan hujan. Kayu jati belanda sangat bagus untuk furniture karena memiliki serat yang sangat baik. Warna serat putih-coklatnya juga mengesankan.

Selain itu, keunggulan kayu pinus adalah teksturnya yang lembut dan halus sehingga mudah dibentuk. Membuat kotak perhiasan juga cantik. Warna kayu pinus juga lebih terang dibandingkan bahan kayu lainnya dengan harga lebih murah. Selain itu kayu jenis ini mudah didapatkan sehingga menjadi idola di banyak kalangan.