Kegunaan Alat Musik Drumband

Alat Music Drumband biasanya didominasi oleh tenor drum dan snar drum. Akan tetapi yang menjadikanya jauh lebih menarik ialah ketika dikolaborasikan dengan simbal, marchingbell, Bass Drum, dll. sehingga ketika tampil, kelompok drumband terlihat lebih menarik.

Adapun Macam-macam Alat Musik Drambend dan kegunaanya sebagai berikut:

  1. Bass Drum

Alat Musik Drambend yang satu ini dibunyikan dengan cara dipukul. Bass Drum mengeluarkan bunyi yang lebih keras daripada snare serta tenore, disamping itu juga memiliki  ukuran diameter yang jauh lebih besar. Bas Drum biasanya dibunyikan oleh tiga sampai enam orang dalam satu kelompok. Bas Drum juga memiliki ukuran yang bermacam-macam tergantung pemesanan.

  1. Tenore Drum

Tenore Drum juga dibunyikan dengan cara dipukul dengan pemukul yang mempunyai pentolan busa diujungnya. Tenore Drum mempunyai ciri khas suara bulat namun lebih lembut dari pada Alat Musik Bass Drambend. Tenore Drum dimainkan paling sedikit 15 orang dalam kelompok drumband. Tenore Drum juga mempunyai bermacam-macam ukuran yang berbeda sesuai kebutuhan.


  1. Snar Drum

snar drum biasanya dibunyikan oleh murid perempuan. snar drum memiliki bunyi yang beda dari yang lain yakni lebih lantang. Yang membedakan tenor drum dan snar drum yaitu peer snar yang terletak pada bawah snar drum yang menghasilkan bunyi yang berbeda dari tenor drum. snar drum juga mempunyai ukuran yang berbeda antara  TK, SD, SMP dan SMA.

  1. Marchingbell

marchingbell ialah Alat Music Drumband yang terdiri dari bilah-bilah persegi yang terbuat dari logam yangmana setiap bilah dapat mengahasilkan nada yang berbeda yakni tersusun seperti tangga nada. Alat Music Drumband ini biasanya dimainkan lebih dari 7 orang untuk menghasilkan suara yang dominan.

  1. Simbal

Simbal yakni Alat Music Drumband yang biasanya dibunyikan dengan cara di adu sehingga mengeluarkan suara unik yang berbunyi “cress”. alat music drumband ini dimainkan paling sedikit dua orang.

  1. Quarto Tom

Quarto Tom ialah Alat Music Drumband yang terdiri dari 4 buah Tom yang dimainkan oleh satu orang. Alat Music Drumband ini sebagai irama pemula sebelum permainan drum band dimulai. Alat Music Drumband ini terdapat beberapa jenis yakni triotom, Quarto Tom, dan Queen Tom.

  1. Tongkat Mayoret

Tongkat Mayoret biasanya dibawa oleh ketua kelompok drumband guna untuk mengatur permainan yang lainnya. Seorang mayoret drum band haruslah lincah karena memainkan dengan gerakan atau atraksi.

Itu tadi sekilas kita bahas mengenai Alat Music Drumband dan kegunaanya. Akan tetapi untuk kamu yang ingin membeli Alat Music Drumband, Pengrajin Drumband  ialah jual drumband dan marchingband nurah dan kualitas terbaik.