August 11, 2022

Cara Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Tips Hidup Sehat Supaya Awet Muda

Kerajinan Dari Sedotan

5 min read

Kerajinan dari sedotan – Sedotan menjadi salah bahan yang bisa banget kamu manfaatkan untuk membuat kerajinan yang unik-unik.

Bahkan untuk saat ini, sudah ada banyak sekali kerajinan dari sedotan yang siap membuat kamu terpukau.

Mulai dari yang terlihat sederhana hingga yang memang benar-benar kompleks.

Jadi, kita tahu dong, bahwa sedotan merupakan sampah yang ukurannya memang kecil.

Namun jika tidak kita manfaatkan dengan baik, maka ia akan menjadi sampah yang sudah pasti merusak lingkungan.

Sejarah Bahan Sedotan

kerajinan dari sedotan

Saat ini, nyaris semua orang menggunakan sedotan kalau mau minum.

Nggak kebayang deh gimana banyaknya sampah sedotan ini setiap harinya. Maka, sudah saatnya kita mendaur ulang sampah sedotan menjadi sebuah kerajinan.

Sehingga bisa mengurangi penumpukan sampah plastic. Sebelum membahas tentang kerajinan dari sedotan, kita akan bahas dulu seputar sejarahnya nih.

Jadi, gimana sih ceritanya, kok bisa sedotan itu dijadikan sebagai bahan pembuat kerajinan?

Saya rasa, kamu pasti penasaran kan? Nah, sedotan ini terbuat dari bahan yang namanya polypropylene.

Yakni bahan plastic yang akan dimanfaatkan untuk kantong obat, tutup botol, dan sedotan itu sendiri.

Sedotan mulai ditemukan sekitar tahun 1930 oleh B. Friedman, seorang lelaki yang asalnya dari San Fransisco.

Dan saat ini, kita bisa menemukan sedotan dengan aneka bentuk yang terbilang unik-unik.

Bahkan, sedotan masa ini bisa kita katakana mempunyai fungsi yang ganda. Yakni sebagai sedotan dan yang kedua sedotan sebagai sendok.

Pada awalnya, sedotan hanya digunakan di kehidupan sebagai alat pembantu atau dalam proses minum, maka masa kini sudah berubah.

Sedotan mulai banyak digunakan untuk membuat banyak kerajinan dari sedotan. Namun, jika memang ingin membuat kerajinan dari sedotan, kami sarankan untuk tidak membeli sedotan yang baru ya.

Cukup memanfaatkan sedotan bekas saja. Lalu daur ulang. Karena jika kamu beli yang baru, ya sama aja dong.

Nggak nggurasi sampah sama sekali. Kerajinan yang terbuat dari sedotan ini sudah bisa kamu temukan nyaris di setiap tempat.

Baik di rumah-rumah yang mewah hingga rumah yang kesannya itu biasa saja.

Pengertian Kerajinan dari Sedotan

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan kerajinan dari sedotan? Jadi, kerajinan dari sedotan ini merupakan kerajinan-kerajinan yang bahan utama pembuatannya adalah sedotan.

Hingga kini, tidak sedikit loh yang menganggap, bahwa sedotan adalah barang murah, sehingga kerap tidak dimanfaatkan lagi begitu selesai digunakan.

Padahal, sampah satu ini bisa menjadi sesuatu yang bernilai jika kamunya kreatif. Bahkan nih, bukan Cuma itu loh. Karena ternyata, kerajinan dari sedotan ini bisa banget kamu jadikan sebagai ladang keuangan.

Asalkan bisa menciptakan kerajinan-kerajinan yang bernilai. Maka, nggak ada salahnya kan buat mendaur ulang sampah satu ini?

Stop deh buat beranggapan bahwa sedotan adalah sampah, dan berkaryalah dengan menggunakannya. Memang, dampak yang akan ditimbulkannya tidak begitu signifikan. Namun jika banyak orang yang mulai mendaur ulangnya, tentu hal ini akan memperbaiki kondisi bumi perlahan.

Contoh Kerajinan dari sedotan

Kadang, ada nih orang-orang yang pengen banget sih memanfaatkan sampah sedotan, tapi bingung mau membentuknya seperti apa.

Nah, berhenti dari kebingungan mu, dan perhatikan ide-ide kerajinan dari sedotan berikut.

Miniatur Rumah

Contoh yang pertama adalah miniatur rumah. Saya rasa, kamu sudah nggak asing ya dengan kerajinan satu ini.

Secara, sejak SD kita memang sudah sering diwajibkan untuk membuat rumah yang terbuat dari sedotan ini.

Bagi kamu yang punya hobi mengoleksi berbagai macam miniatur, maka kerajinan satu ini cocok banget deh buat kamu.

Karena memang bentuknya unik kok, dan nggak kalah kerennya sama minuatur lain.

untuk cara membuatnya juga terbilang sederhana kok. DItambah lagi alat dan bahan yang kamu butuhkan itu simple banget loh.

Hiasan Dinding

Ketika sedang ke mana gitu, sesekali kamu pasti pernah menemukan kerajinan dari sedotan yang dibuat menjadi hiasan dinding. Ia kan?

Nah, kamu nggak kepikiran gitu untuk membuatnya juga? Pasti ingin lah ya.

Nah, untuk saat ini, sudah banyak kok orang-orang yang menjadikan sedotan segala bahan utama pembuatan hiasan dinding mereka.

Ya daripada harus beli dengan harga yang mahal, mendingan buat kan? selain lebih murah, ya sudah pasti ramah lingkungan lah. Karena bahan pembuatannya itu limbah plastic yang memang harus kita manfaatkan.

Tenang saja, cara membuatnya juga nggak sulit kok. pokoknya gampang banget. Bahkan, kamu bisa menghasilkan beberapa bentuk hiasan dinding yang keren dalam sehari saking mudahnya.

Baca juga artikel lainnya tentang kerajinan dan jenis-jenisnya di fatasama.com

Bunga

Salah satu kerajinan dari sedotan yang paling populer adalah bunga. Ia kan?

Bahkan saat ini, bentuk bunga yang terbuat dari sedotan itu sangat beragam, nggak Cuma satu saja.

Dan semua bunga-bunga tersebut bisa tampil sangat anggun dan memukau.

Karena warnanya yang sangat beragam. Kerajinan dari sedotan yang satu ini sangat cocok deh dibuat oleh kamu yang suka menghias rumah dengan barang-barang cantik dan antic.

Ada banyak model loh yang bisa kamu coba. Dan ternyata, kamu bisa memanfaatkan sedotan yang warna hijaunya sebagai daun. Jadi, udah paket komplit deh.

Bukan itu doang, kamu bahkan bisa membuat vas bunganya juga dari sedotan. Jadi intinya, sepaket bunga bisa kamu buat dengan menggunakan sedotan loh.

Menarik banget kan? Pokoknya keren banget deh. Karena kamu nggak perlu beli dan menyiapkan alat dan bahan yang mahal plus susah ditemukan.

Nggak usah. Cukup manfaatkan limbah ini, dan siapkan beberapa alat yang akan kamu pakai.

Bentuk bunga dan vas bunga yang terbuat dari sedotan nggak kalah keren dan cantik kok dari bunga-bunga lain.

Bahkan nih, bunga dan vas yang terbuat dari sedotan punya nilai sendiri dan sudah pasti estetik dong.

Tempat Pensil

Apakah saat ini kamu sedang mencari tempat pensil stand di rumah? Pengen beli tapi harganya mahal?

Nah, kalau ia, maka kamu wajib deh membuatnya sendiri. Kamu bisa menjadikan sedotan sebagai alat pembuat sedotan.

Sekarang mah, sudah banyak banget kok kerajinan dari sedotan yang bisa kamu kreasikan.

Salah satunya ya tempat pensil ini. Kerajinan dari sedotan yang satu ini mah bukan Cuma bisa kamu gunakan untuk tempat pensil saja, tapi juga bisa sebagai hiasan rumah loh.

Penutup

Jadi, itu hanyalah beberapa kerajinan dari sedotan yang bisa kamu buat.

Tapi sebenarnya, masih ada banyak sekali contoh kerajinan-kerajinan dari sedotan yang wajib kamu coba. Ya intinya asal kamu kreatif saja sih. Dan yang namanya kreatif itu butuh keuletan, kesabaran, dan ketekunan.

Dan yang nggak kalah pentingnya adalah sering latihan. Maka, agar kreatifitas kamu tertata, bertambah, dan meningkat, ada baiknya jika kamu sering-sering membuat kerajinan dari sedotan ini ya.

Karena lama kelamaan pasti bisa menghasilkan sebuah kerajinan yang luar biasa,Semoga bermanfaat.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.