February 4, 2023

Cara Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Tips Hidup Sehat Supaya Awet Muda

Ketahui Prosedur Sistem Pelayanan Terima Pembayaran Online

2 min read

Di era digital ini, kegiatan jual beli tidak lagi dilakukan dengan bertatap muka antara penjual dan pembeli. Ada salah satu cara yang dapat dilakukan dengan tanpa harus bertemu yaitu bertransaksi secara online melalui smartphone yang terhubung ke internet yang memudahkan kedua pihak. Namun, ada beberapa prosedur yang perlu dilakukan agar kegiatannya lancar sebagai berikut.

Pengertian dari Kegiatan Transaksi secara Online

Transaksi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau satu pihak serta membuat perubahan terhadap harta atau keuangannya, baik itu menjadi bertambah maupun berkurang. Lalu, online yaitu segala kegiatan yang dilakukan di internet atau  dunia maya. Kesimpulannya, transaksi online yaitu kegiatan jual beli yang dilakukan secara online oleh penjual dan pembeli.

Regulasi atau Peraturan UU ITE dalam Bertransaksi

Di Indonesia, kegiatan transaksi online telah menjadi suatu kebutuhan masyarakat dengan menggunakan internet sebagai sarana membuka usaha online dan telah terbukti usaha online kini semakin menjamur. Dengan ini pemerintah perlu membuat peraturan hukum yang telah dimuat dalam UU dan ITA yaitu Undang-undang No. 11 Tahun 2008/

Prosedur dalam Kegiatan Bertransaksi Online

1. Cara yang Dilakukan oleh Penjual

Kegiatan jual beli online perlu dilakukan dengan benar agar kegiatannya berjalan lancar. Salah satunya yaitu prosedur yang wajib dipenuhi oleh kedua pihak penjual. Pertama, barang yang dijual wajib milik sendiri dan menjualnya dengan memberikan keterangan produk yang jelas. Harganya juga harus tetap dan dijual di toko online terpercaya.

2. Cara yang Dilakukan oleh Pembeli

Adapun cara yang perlu dilakukan pembeli dalam membeli produknya. Pertama, pembeli diharapkan membeli barang yang berkualitas dan harganya sesuai dengan dana yang dimiliki. Lalu, usahakan untuk membelinya dengan menggunakan smartphone. Selanjutnya, usahakan juga untuk menggunakan jasa rekening bersama.

3. Cara Memesan dan Membeli

Pembeli diharapkan telah memutuskan produk yang diinginkan untuk dibeli. Lalu, perhatikan juga keterangan produk yang dipilih apakah sesuai dengan kriteria produk yang diharapkan. Pembeli juga dapat memeriksa ulasan pelanggan lain yang pernah membelinya untuk dijadikan bahan referensi. Hal ini untuk menghindari pembelian produk yang tidak memuaskan.

Setelah memastikan produk yang dibeli sesuai dengan kriteria, pembeli dapat memasukkan produk ke keranjang belanja atau troli dan klik Checkout untuk menyelesaikan pembelian. Lalu, isi informasi data pembeli, seperti alamat, ekspedisi, dan metode pembayaran. Klik ‘Pesan’ dan lanjutkan proses pembayaran dengan mengkonfirmasinya.

4. Metode Pembayaran Transaksi Online

Ada beberapa metode pembayaran online yang bisa dipilih oleh pembeli sesuai dengan keinginan yaitu transfer manual melalui Bank, menggunakan kartu debit atau kredit, melalui PayPal, minimarket, fitur saldo, dan pulsa. Setiap metode pembayaran tersebut memiliki kelebihan masing-masing yang tidak dimiliki oleh metode lainnya.

Demikian informasi mengenai prosedur dalam penggunaan pelayanan terima pembayaran online. Sebelum melakukannya, pastikan pihak pembeli dan penjual mengetahui langkah-langkah yang benar dan aturan hukumnya agar aman. Layanan Duitku memudahkan penjual serta pembeli dalam bertransaksi dengan aman.

 

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.