July 7, 2022

Cara Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Tips Hidup Sehat Supaya Awet Muda

Keunikan Masyarakat Sunda: Sifat, Kebiasaan & Tradisinya

4 min read

Orang Sunda adalah masyarakat yang secara turun-temurun menggunakan bahasa dan dialek Sunda dalam kehidupan sehari-hari dan berasal serta bertempat tinggal di Jawa Barat, atau daerah yang sering disebut Tanah Basundan atau Tatar Sunda.

Masyarakat Sudan dituntut dalam interaksi sosialnya untuk mematuhi berbagai nilai budaya yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat. Diantaranya yang berkaitan dengan etika Sunda.

Dalam budaya Sunda, terdapat ekspresi ciri khas sabumi dari Sadisa. Artinya, ungkapan tersebut menegaskan bahwa di setiap lingkungan terdapat ciri dan tindakan yang mempengaruhi perilaku penghuninya.

Jika ungkapan ini dikaitkan dengan bidang etika, maka dapat dikatakan bahwa masyarakat Sunda pun memiliki kesadaran bahwa dalam setiap lingkungan budaya, termasuk lingkungan budaya Sunda, tentunya terdapat nilai-nilai moral yang diterima oleh para penghuninya. lingkungan.

Nilai-nilai moral Sunda ini dapat dijadikan acuan bagi adat istiadat masyarakat Sunda pada umumnya.

Mari kita simak 20 kebiasaan orang Sunda!

1. Lucu dan humoris

Keunikan masyarakat sunda
toriqa.com

Orang Sunda memiliki selera humor yang baik. Bahkan dalam situasi serius, mereka masih bisa bercanda.

Tokoh Sunda yang dibedakan dengan humornya adalah artis Sully, Radwan Kamel dan masih banyak lagi. Status di media sosial tidak hanya berbicara tentang politik tetapi berisi lelucon yang membuat netizen tertawa.

Ada berbagai gurauan atau lawakan Sunda yang dikenal dengan Sisindiran, sejenis pantun ala Sunda yang selalu memiliki konten sampiran dan kocak, kemudian ada pula dongeng jenaka cangehgar hingga ceramah lucu yang sering diberikan oleh para ustadz sunda.

Ada juga Ohang Jokes, Wayang Golek Bobodoran, dan lain-lain.

2. Sopan, ramah dan murah senyum

Orang Sudan memiliki gaya hidup yang saling menghormati. Mereka umumnya ramah, murah senyum, dan sopan kepada siapa saja, termasuk orang yang tidak mereka kenal. Seperti istilah gula eujang peueut daerah yang artinya hidup harus rukun, saling menyayangi dan tidak pernah beda.

Orang Sunda menjunjung tinggi nilai gotong royong dan kesopanan, itulah sebabnya orang Sunda dikenal murah hati dengan filosofi “Someah hade ka semah” yang berarti ramah, baik hati, peduli, bersenang-senang, dan membuat semua orang senang.

3. Pengucapan huruf F P. sering dibaca

Orang Sunda terkenal dengan pengucapan huruf F sampai P (walaupun tidak semuanya). Ada penjelasan ilmiah mengapa orang Sunda melafalkan bacaan F atau V saat ini sebagai P, salah satunya karena huruf tersebut tidak dikenal dalam teks Sunda (Kaganga) pada zaman dahulu.

Ini mungkin turun temurun dan menjadi kebiasaan orang Sunda. Contoh: Konferensi ini sering membaca konferensi.

Orang Sunda juga sering menuliskan kata benda yang harus diganti dengan huruf F sampai P. Hal ini tidak terjadi pada semua orang Sunda, tetapi kebanyakan mengucapkan kata F sampai P.

Yang tidak bisa (dan tidak terbiasa) jika tercampur ketika berbicara secara tidak sadar , pasti sulit Agak benar mengucapkan kata yang mengandung huruf F atau V.

4. Model pidato

Setiap suku di Indonesia pasti memiliki dialek atau dialek tersendiri saat berbicara. Begitu juga dengan masyarakat Sunda. Orang Sunda biasanya berbicara dengan nada ringan seperti nada bergelombang.

Dari aksen saja, mereka dapat diidentifikasi sebagai orang Sudan. Ketika berbicara dalam bahasa Indonesia, dialek Sunda masih terlihat. Mereka memiliki nada sendiri yang terkadang terdengar lucu bagi sebagian orang.

5. Dia mencintai Lalapan dan Sambal

Pernahkah Anda mampir ke restoran Sunda? Tak heran jika lalapan segar dan sambal tersaji. Orang Sunda terkenal dengan makanannya yang enak. Makan di Sunda belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi sambal.

Nasi panas, daging impal, tempe, tahu, gurame goreng, ikan asin, sayur asam, dengan tambahan lalapan.

Menu yang ditawarkan hampir semua restoran Sunda. Makanan akan lebih enak jika dinikmati di daerah Sunda yang tinggi dengan pemandangan yang indah. Membuat pengunjung betah untuk kembali lagi.

6. Kata ‘teh’ dan ‘mah’ sering ditambahkan.

Adat Sunda selanjutnya adalah menambahkan kata. Contoh: “Saya teh Sudan”, “Kumaha atuh mah?”.

Ada yang unik dari penambahan kata tersebut, yaitu tidak ada perubahan makna meskipun ada penambahan kata. Ini masih dikatakan hari ini.

Orang Sunda biasa menambahkan kata-kata ini dan mereka dianggap unik dalam diri mereka.

7. Nama unik 

Orang tua yang lebih tua (kolot) lebih suka menamai anaknya seperti: Maman, Jajang, Enjang, Asep, Dede, Cecep, Encep, Kokom, Elis.

Nama tersebut kemudian digabungkan dengan akhiran nama awal yang sama menjadi Asep Surasep, Cecep Gumasep, Dede Sunade, Maman Suherman dan lain-lain.

Orang Sunda Kolot sering memberikan nama kepada anak dengan awalan Asep yang konon berasal dari kata ‘Kasep’ yang artinya ‘tampan’ dengan harapan anaknya kelak menjadi orang yang sangat tampan dan disukai orang walaupun pada kenyataannya ada di depan.

Bahkan nama Asep sangat banyak sehingga ada yang membuat komunitas Asep.

8. Santai

Berbeda dengan orang Jawa yang dikenal pekerja keras, keras kepala dan lebih serius. Orang Sunda tampak lebih santai dalam hidupnya, dan ada yang mengatakan cenderung malas.

Sifat santai ini diwakili oleh karakter Kabayan yang digambarkan sebagai pemalas dan santai tetapi banyak akal.

Angka ini melegenda di masyarakat Sunda. Meski terkenal dengan sifatnya yang santai, ternyata banyak orang Sudan yang memiliki etos kerja tinggi dan menjadi orang-orang sukses di bidangnya masing-masing.

9. Tetap pada Kebiasaan

Sunda atau Sunda Oranye memiliki adat yang berbeda, salah satu wisata pendukung adat yaitu Saung Angklung Mang Udjo. Di gubuk, pengunjung bisa belajar angklung dan menyaksikan pertunjukan seni yang sarat dengan adat Sunda. Selain itu ada juga tarian adat Sunda yang punya beragam macam tarian dengan cirikhas dan daya tariknya tersendiri.

Tentu ada baiknya untuk memperkenalkan adat Sunda ke berbagai daerah lain dan luar negeri. Masyarakat Sunda akan dengan senang hati membantu pengunjung memberikan pemahaman tentang adat istiadat saat ini.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai keunikan masyarakat Sunda.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.