KUPAS SEJARAH KARPET BULU RASFUR YANG BERNILAI TINGGI

Jual Rasfur Besar Karpet Bulu - Hitam [200 X 150 X 3 Cm] Terbaru November 2021 harga murah - kualitas terjamin - Blibli

                                                           source gambar : blibli.com

Eksistensi karpet nampaknya sudah ada sejak abad ke-17 di Persia sejak diperkenalkan adanya pembukaan jalur perdagangan Eropa Barat ke-17.

Karpet merupakan salah satu komponen rumah yang rupaya sudah menjadi salah satu hal yang harus dimiliki. Karpet masuk ke dalam bahan tekstil yang menutupi lantai, beberapa jenis karpet yang ada sudah sejak zaman dahulu dibuat dari bahan wol. Istilah karpet sendiri merujuk pada kata “karpet” yang berasal dari bahasa Italia yang berarti membului.

Eksistensi karpet nampaknya sudah ada sejak abad ke-17 di Persia sejak diperkenalkan adanya pembukaan jalur perdagangan Eropa Barat ke-17. Dahulu karpet lebih dikenal sebagai permadani. Karpet sudah menjadi salah satu kerajinan terumit di dunia bahkan menurut pemaparan dari The New York Times, karpet menjadi kerajinan yang dulunya paling rumit dan memiliki pengerjaan yang intensif.

Penggunaan karpet sudah merupakan salah satu tradisi manusia yang sangat cukup lama. Bukti peninggalan berbagai jenis karpet merupakan salah satu bukti bahwa penggunaan karpet memang sudah menjadi kewajiban terutama di kalangan bangsawan.

Dahulu, proses pembuatan karpet masih menggunakan cara manual dan bisa selesai hingga berbulan-bulan lamanya. Orang yang memiliki karpet juga bukanlah orang yang sembarangan. Hanya bangsawanlah yang saat itu memiliki jenis karpet yang indah. Harga yang dibanderol juga tidaklah murah untuk satu karpet yang bisa selesai dalam waktu berbulan-bulan.

Cara membuat karpet dulunya menggunakan cara menenun dan menjait. Karpet tenun memiliki popularitas yang tinggi ketika masa Dinasti Safawi. Saat itu banyak desainer atau seniman yang juga memiliki peran dalam menentukan desain atau corak pada karpet yang akan ditenun oleh penenun. Saat ini mulai banyak bermunculan jenis kain karpet, salah satunya yaitu karpet bulu rasfur yang banyak dimanfaatkan dalam industri tekstil.

Bahan kain jenis rasfur adalah kain yang biasa digunakan untuk membuat boneka, bantal print, tas, dompet, hingga aksesoris lainnya. Kain rasfur memiliki tekstur yang lembut, halus, dan berbulu seperti kain handuk. Kain jenis rasfur memiliki serat kain yang jelas dan dapat dilihat. Makin panjang bulu yang terdapat pada kain rasfur maka akan semakin tinggi pula harganya.

Kain ini juga banyak digunakan untuk membuat sajadah anak, kain jenis rasfur memiliki kualitas yang baik maka tidak heran bisa seiring berjalannya waktu harga dari kain ini semakin naik. Kain rasfur memiliki banyak pilihan warna yang cerah mulai dari warna kuning, hijau, pink, ungu muda, biru muda, merah, putih, dan warna lainnya.

Karpet bulu rasfur merupakan salah satu jenis karpet yang paling nyaman dan banyak diminati saat ini. Penggunaan karpet ini umumnya dipasang di area ruang keluarga yang bisa berguna untuk kumpul-kumpul.

Karpet jenis ini juga cocok digunakan pada kamar bermain anak karena terbuat dari bahan yang lembut dan tidak menyebabkan ruam atau iritasi pada kulit. Sebab karpet bulu rasfur memang dibuat dengan bahan yang memiliki kualitas dan terjamin keamanannya.

Kualitas kain ini biasanya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kain rasfur dengan kualitas lokal dan kain rasfur dengan kualitas impor. Kedua jenis kualitas kain ini tentu memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Kain yang berasal dari impor umumnya memiliki tekstur yang rapat dan kuat pada setiap bulunya jika dibandingkan dengan kain rasfur yang berasal dari lokal. Kain rasfur meskipun memiliki kualitas di bawah kain sutra namun dari sisi estetika kain ini memiliki nilai estetika yang tinggi.