Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Yang Wajib Anda Tahu

Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Yang Wajib Anda Tahu

Secangkir kopi hangat di pagi hari bisa memberikan semangat bagi sebagian orang. kopi hitam menjadi pilihan paling banyak di konsumsi pada pagi hari. karena aroma, cita rasa dan efek stimulan yang diberikan. Bisa membuat seseorang lebih bersemangat dan berenergi dalam beraktivitas. namun konsumsi terlalu banyak kopi, juga bisa memberikan efek samping buruk bagi kesehatan. Jadi anda harus konsumsi dengan takaran yang tepat. berikut ini beberapa manfaat konsumsi kopi yang wajib anda tahu.

Mencegah Depresi

Kopi mengandung anti depressan yang bisa mencegah depresi pada seseorang. Orang yang konsumsi kopi secara rutin setiap pagi, bisa mengurangi risiko bunuh diri karena depresi. Namun hal ini memang dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut.

Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan kafein dalam kopi mampu memberikan stimulan pada otak. Stimulan tersebut akan meningkatkan daya ingat otak anda. beberapa penelitian menyebutkan kafein mampu meningkatkan daya ingat otak, sehingga memori yang tersimpan lebih tahan lama.

Mencegah Penurunan Fungsi Daya Otak

Tidak hanya meningkatkan daya ingat. Namun juga bisa mencegah penurunan fungsi daya otak. Sehingga anda bisa terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang otak atau penyakit neurodegeneratif. Seperti demensia, alzheimer dan penyakit parkinson. Sudah banyak penelitian yang melakukannya, sehingga konsumsi kafein memang terbukti mampu mencegah penurunan fungsi daya otak.

Menurunkan Berat Badan

Konsumsi kopi dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga proses pembakaran lemak semakin cepat. Proses penurunan berat badan pun lebih cepat. Namun jangan jadikan kopi sebagai pengganti cara menurunkan berat badan. Harus diimbangi dengan konsumsi makanan yang sehat dan sering berolahraga.

Mencegah Diabetes tipe 2

Diabetes termasuk penyakit yang paling banyak diderita saat ini. karena pola makan seseorang yang tidak sehat. Dengan sering konsumsi kopi mampu mencegah diabetes tipe 2. Karena kafein yang terdapat dalam kopi bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Selain memiliki manfaat, konsumsi kopi juga memberikan efek samping pada tubuh. Oleh karena itu anda harus konsumsi dengan takaran yang tepat. efek samping yang terjadi bila terlalu sering konsumsi kopi antara lain:

  • Sulit tidur
  • Gelisah
  • Pusing
  • Nyeri perut
  • Jantung berdebar
  • Dan lainnya

Batas aman konsumsi kopi setiap harinya sekitar 4 cangkir kopi atau sekitar 400 mg kafein.  Untuk wanita hamil batas amannya hanya 2 cangkir per hari. namun apabila anda sudah memiliki riwayat penyakit maaf, jantung atau darah tinggi. sebaiknya lebih batasi lagi.  bila anda tidak bisa menghindarinya, cukup konsumsi satu cangkir per harinya. Anda juga bisa konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Sehingga tahu kondisi tubuh anda sebenarnya. Kopi hitam yang nikmat dan enak hanya nescafe classic saja.