Manfaat tempe untuk kesehatan

Kedelai adalah sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang baik. Kedelai bisa dikatakan memegang kunci untuk kesehatan yang lebih baik dan sistem pencernaan yang lebih kuat, kesehatan mental, dan sistem kekebalan tubuh. Tempe adalah salah satu bahan makanan yang terbuat dari kedelai. Tempe terlihat hampir seperti jamur karena proses fermentasi. Tetapi Anda harus tahu bahwa produk fermentasi berkontribusi untuk kesehatan secara keseluruhan. Tempe membantu sistem kekebalan dan kesehatan jantung Anda seperti makanan super utama lainnya. Pada dasarnya, tempe adalah pengganti yang sehat untuk produk daging yang membuatnya tak tertahankan bagi vegan dan vegetarian. Satu porsi tempe menawarkan porsi protein dan nutrisi lain yang cukup dalam makanan Anda termasuk zat besi dan kalsium. Diet protein nabati, yang merupakan manfaat kesehatan utama tempe, memiliki pembentukan otot, anti-karsinogenik, anti-inflamasi, dan sifat antioksidan. Orang-orang mengkonsumsi tempe setiap hari karena manfaat kesehatannya yang bergizi serta rasanya yang lezat. Ini sumber vitamin B2, magnesium, serat, dan mangan yang baik. 

  • Tempe Kaya akan Serat Makanan

Satu porsi tempe, seperti yang disebutkan sebelumnya, memiliki lebih banyak serat makanan daripada konsumsi harian Anda. Asupan serat makanan teratur memiliki manfaat kesehatan positif untuk anak-anak dan orang dewasa. Ini membantu membangun sistem kekebalan tubuh dan sistem pencernaan. Saat Anda mengonsumsi serat makanan, dengan bantuan tempe, proses detoksifikasi usus besar diaktifkan. Ini membantu mengurangi gejala yang dapat menyebabkan kanker usus besar. Ini juga mengurangi risiko mengembangkan penyakit jantung koroner yang merupakan kondisi yang sangat umum untuk pasien dengan kekurangan serat. Konon, banyak orang dengan diet rendah serat menghadapi masalah pencernaan seperti sembelit, asam lambung, wasir, dan bisul. Tempe membantu membersihkan sistem pencernaan dengan bantuan serat makanan. Ini membantu mengatur proses pencernaan di usus kecil sementara itu membantu dalam penyerapan nutrisi lain seperti glukosa dan lemak dalam tubuh. Ini memiliki efek langsung pada indeks glikemik makanan. Peningkatan diet serat juga dapat membantu pasien dengan kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah. Ini mendukung tingkat kardiovaskular yang sehat yang mengurangi penambahan berat badan dan meningkatkan kesehatan hati yang tepat.

  • Tempe Adalah Makanan Probiotik yang Kuat

Seperti semua produk kedelai, tempe adalah makanan probiotik yang efektif dan bergizi. Makanan probiotik melampaui dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Probiotik dapat dikarakterisasi sebagai mikroorganisme dan ragi. Bertentangan dengan kepercayaan yang populer, ada dua jenis bakteri dan tempe adalah jenis yang baik. Dengan mikroorganisme tertentu di dalam tubuh, itu dapat menyebabkan penyakit kronis, penyakit radang, dan gangguan autoimun. Itu sebabnya Anda membutuhkan diet tempe yang sehat untuk manfaat probiotiknya. Konon, probiotik membantu mendorong fungsi tiroid normal, kesehatan tulang, dan kesehatan usus. Salah satu manfaat kesehatan utama dari makanan probiotik adalah mendukung sistem pencernaan melawan peradangan dan bisul. Manfaat kesehatan lainnya adalah bertahan melawan radang sendi dan penyakit radang usus. Dengan bantuan probiotik, tubuh Anda memecah nutrisi seperti gula lebih mudah. Ini meningkatkan proses pencernaan sambil menjaga racun berbahaya keluar dari tubuh. Iritasi kronis yang disebabkan oleh gejala-gejala seperti gangguan pencernaan, infeksi, borok, dll. 

Manfaat tempe sangat banyak, oleh karena itu kita harus rajin makan tempe. Agar tidak bosan dengan olahan temoe yang itu-itu saja kita bisa membuat tempe bacem, karena bumbu tempe bacem sangatlah sederhana dan menghasilkan rasa yang enak.