Manfaat Terapi Pijat

5 Manfaat yang Luar Biasa dari Terapi Pijat, Salah Satunya Meredakan Nyeri Otot

Manfaat Terapi Pijat – Pijat sangat membantu proses relaksasi dan bermanfaat untuk kesehatan. Aktivitas sehari-hari kadang terasa melelahkan dan tubuh Anda tentunya ingin dimanjakan.

Terapi pijat adalah salah satu cara yang membuat tubuh Anda lebih rileks. Banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dengan terapi pijat.

Penasaran? Berikut ini adalah 5 manfaat luar biasa dari terapi pijat yang di ambil dari sumber kenseimassage.com

Manfaat Terapi Pijat

Manfaat Terapi Pijat

Manfaat Terapi Pijat

1. Meredakan sakit kepala

Bila Anda sakit kepala, coba pesan pijat di menit-menit terakhir. Pijat bisa mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan sakit di kepala.

Penelitian yang dilakukan Granada University dari Spanyol menunjukkan hasil yang mengejutkan, pnelitian menemukan bahwa satu sesi terapi pijat bisa meredakan rasa sakit yang dirasakan pada pasien.

2. Meredakan nyeri otot

Punya otot yang sakit? Terapi pijat bisa membantu. Pijat meningkatkan dan meningkatkan sirkulasi. Ini tentu saja sangat baik bagi otot Anda yang kaku.

Sebuah penelitian tahun 2011 yang rilis dalam judul Annals of Internal Medicine, menemukan manfaat terapi pijat yang sama efektifnya dengan metode pengobatan lain untuk nyeri punggung kronis.

3. Menenangkan kecemasan dan depresi

Sentuhan dalam konteks yang aman dan profesional disebut bisa sangat menenangkan. Wanita yang didiagnosis dengan kanker payudara yang menerima terapi pijat tiga kali seminggu dilaporkan mengalami penurunan depresi, menurut sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam International Journal of Neuroscience.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, menunjukkan bahwa ada pasien yang depresi dan cemas jauh lebih rileks dan bahagia, bahkan tingkat stres juga menurun setelah melakukan pijat.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat terapi pijat tidak hanya mendorong tidur nyenyak, tetapi juga membantu mereka yang tidak bisa beristirahat dengan nyaman. “Pijat menaikkan dan membuat relaksasi lebih, dan tidur pada mereka yang menjalani terapi kemo atau radiasi,” kata Lisa Marie de Miranda, terapis pijat bersertifikst dan ahli kinesiologi di Terapi Pijat Paleolife. 

Tak hanya iyu, pijat membantu bayi tidur lebih pulas, bayi lebih sedikit menangis, dan bahkan bisa mengurangi stres, menurut penelitian dari University of Warwick. “Sebenarnya tidak ada teknik tertentu. Apa pun yang biasanya dilakukan orang tua untuk menenangkan bayinya akan efektif.”

5. Meningkatkan kekebalan

Sebuah penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, menunjukkan bahwa pijat bisa meningkatkan jumlah sel darah putih pasien, yang berperan besar dalam melindungi tubuh dari penyakit. 

“Tak hanya itu, pijat juga menaikkan fungsi kekebalan untuk orang yang mengidap HIV,” kata de Miranda. Wah ternyata sangat bermanfaat sekali ya!

Nah, jadi sekali-kali tidak ada salahnya bila Anda mencoba untuk melakukan terapi pijat. Pastinya kualitas kesehatan Anda akan meningkat dengan terapi pijat. Semoga artikel tentang manfaat terapi pijat ini bisa bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.