paper art karton

Mengenal Macam-macam Paper Bag

Mengurangi kantong plastik dengan Paper Bag

Paper bag atau tas kertas merupakan alat atau media, yang terbuat dari kertas dan digunakan untuk memindahkan barang secara manual.

Banyak sekali bentuk dan macam-macam paper bag yang tidak hanya di jinjing saja, tetapi juga berfungsi sebagai wadah pembungkus, seperti kantong kertas, kantong makanan, atau wadah makanan.

Paper bag merupakan salah satu bahan kemasan yang ramah lingkungan untuk produk komersil, acara keluarga atau perusahaan, souvenir dan lainnya.

Tas kertas ini dianggap sebagai solusi melawan hegemoni plastik yang dapat merusak lingkungan dengan menggantinya dengan bahan kertas yang ramah lingkungan.

Mengingat begitu banyaknya penggunaan paper bag, lantas apa saja macam-macam paper bag. Nah, untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut ini macam-macam paper bag berdasarkan jenis kertas yang digunakan untuk membuatnya.

Macam-macam Paper Bag Berdasarkan Bahan Pembuatnya

  1. Kertas Art Paper

Kertas art paper memiliki permukaan yang halus di bagian luar dan dalam. Selain itu, memiliki permukaan kertas yang halus meski lebih tipis dari kertas art karton.

Ketebalan dari kertas ini antara 100 hingga 150 gsm, dan biasa digunakan untuk pembuatan brosur dan kalender dinding.

  1. Kertas Kraft

Kertas kraft paling umum digunakan untuk membuat tas kertas karena ramah lingkungan dan mudah untuk didaur ulang, menjadikan kertas ini primadona bagi para pengusaha packaging khususnya paper bag.

Tekstur yang agak kasar dan warna kertanyanya yang kecoklatan memberikan karakter klasik pada kertas ini. Ada juga kertas kraft yang berwarna putih namun hanya memiliki berat 150 gram. Kertas kraft punyai dua warna yang berbeda tiap sisinya, yaitu putih dan coklat.

  1. Kertas Ivory

Jenis kertas ivory ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan kertas art karton, yang membedakannya,permukaan yang halus hanya pada satu sisi saja.

Sedangkan sisi lainnya tidak dilapisi. Dari segi warna, kertas ivory memiliki warna dasar putih, namun tidak secerah kertas art karton. Jenis ini juga sering digunakan dalam pembuatan tas kertas.

  1. Kertas Art Karton

Jenis kertas ini bagus untuk pembuatan tas kertas. Jenis kertas yang memiliki permukaan halus berwarna putih muda dan memiliki tekstur licin pada kedua sisinya.

Warna dasar kertas jenis ini terang dengan gramatur tebal. Ketebalan kertas art karton ini mulai dari 190 hingga 310 gsm. Anda bisa juga menggunakan paper foil

Itu dia empat jenis kertas yang biasa digunakan untuk membuat paper bag.

Selain ramah lingkungan, nyatanya tas kerta lebih estetik jika dibandingkan dengan tas plastik. Serta bisa digunakan berulang kali.