cara bikin kolak ubi dan pisang

Nikmat! 9 Cara Bikin Kolak Ubi dan Pisang yang Dijamin Enak

Cara bikin kolak ubi dan pisang jadi formula kesukaan warga Indonesia. Terlebih kala merambah bulan Ramadhan. Hidangan ini jadi menu utama kala berbuka. Nah, berikut ini merupakan sebagian cara bikin kolak ubi dan pisang yang dapat Kamu coba. Check this out and happy cooking!

cara bikin kolak ubi dan pisang

1. Kolak Pisang Labu Kuning – Cara bikin kolak ubi dan pisang yang sangat umum

Cara bikin kolak ubi dan pisang yang awal ini amat simpel. Masak air, kemudian masukkan potongan labu kuning, gula merah, gula pasir, kayu manis dan daun pandan. Masak hingga labu separuh matang.

Masukkan irisan pisang. Setelah itu tuang santan. Beri garam dan vanili. Aduk terus supaya santan tidak rusak. Masak sampai mendidih. Dikala matang, labu kuning dan pisang teksturnya jadi empuk. Berakhir, hidangan ini siap disajikan hangat maupun dingin.

2. Kolak Pisang Kolang Kaling – Cara bikin kolak ubi dan pisang dengan rasa segar

Siapkan bahan, kemudian potong kecil kolang kaling dan pisang. Rebus kolang kaling. Masukkan pisang, gula merah dan daun pandan. Setelah itu masak sampai tekstur pisang empuk. Baru tambahkan gula pasir, garam, dan aduk sampai menyeluruh.

Terakhir tambahkan santan siap saji, multipurpose creme, dan jangan kurang ingat matikan api kemudian aduk rata. Sediakan hidangan ini dalam kondisi dingin lebih lezat.

3. Kolak Pisang Kacang Ijo – Cara bikin kolak ubi dan pisang yang sesuai buat seluruh umur

Mencuci bersih kacang ijo, setelah itu rendam sepanjang 1 jam ataupun lebih. Potong- potong pisang. Rebus kacang ijo di panci. Tambahkan daun pandan yang ikat simpul dengan air seperlunya sampai tekstur kacang ijo lunak. Masukkan pisang sampai air mendidih.

Masukkan santan, vanili bubuk, gula, dan air hingga dirasa kuahnya lumayan. Perkenankan kolak sampai mendidih dan matang. Jangan kurang ingat mengaduknya supaya santannya tercampur secara menyeluruh.

4. Kolak Mie Pisang – Cara bikin kolak ubi dan pisang anti mainstream

Kupas ubi dan pisang, kemudian potong dadu ubi dan mencuci hingga bersih. Rebus ubi sampai matang. Kupas dan potong pisang, setelah itu rebus. Sisihkan.

Masak seluruh bahan kuah sembari diaduk sampai airnya mendidih dan gula larut. Masak memakai api kecil. Siapkan dalam tiap- tiap wadah buah pisang, ubi dan mie pisangnya. Tata dalam mangkuk saji cocok selera. Siram kuah gulanya.

5. Kolak Ubi, Kolang Kaling, dan Pacar Tiongkok – Cara memasak kolak ubi dan pisang layak jual

Cara bikin kolak ubi dan pisang ini agak panjang. Awal, rebus pacar Tiongkok hingga lembut dan bening, kemudian buang airnya. Ubah air baru dan tiriskan. Rebus ubi kuning yang sudah dipotong- potong. Tambahkan 1, 5 liter air, gula merah, dan daun pandan. Rebus sampai tekstur ubi empuk aduk rata

Masukkan kolang kaling yang sudah dicuci bersih, aduk rata. Tambahkan gula putih dan garam, kemudian masak hingga kuah gula merah menyerap ke dalam kolang kaling. Masukkan santan kara dan aduk rata. Setelah itu masukkan pacar Tiongkok yang sudah direbus tadi. Tambahkan air sampai menggapai kekentalan yang di idamkan. Diamkan hingga kuah meletup- letup.

Aduk rata dan diamkan sejenak sampai kuah menyerap ke dalam pacar Tiongkok. Sediakan selagi hangat, dipastikan nikmat banget.

Nah, itu tadi cara bikin kolak ubi dan pisang. Mudah, kan? Mari berupaya salah satunya buat kemilan ataupun hidangan takjil.