December 7, 2022

Cara Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Tips Hidup Sehat Supaya Awet Muda

Pantai Mutiara, Pantai Pasir Putih Favorit Buton tengah

6 min read
Pantai Mutiara

Pantai Mutiara salah satunya pantai favorit kabupaten Buton tengah yang memikat didatangi. Pantai dengan bentangan pasir putih bersih yang menyajikan panorama alam yang mengagumkan.

Pantai Mutiara disahkan dan dibuka untuk umum pada tahun 2015. Persisnya berada di dusun terasing Gumanano, Sulawesi Tenggara. Pantai ini populer dengan warna pasir putihnya yang dipadankan dengan warna laut yang hijau kebiruan hingga terlihat seperti pantai di surga.

Refleksi dari matahari yang berkilau makin menambahkan cantik pantai ini karena terlihat berkilau. Di sini, pelancong bisa bermain sama air dan berenang. Kegiatan menjala ikan oleh nelayan di tempat dapat dijumpai di pantai ini.

Pantai Mutiara

Pantai ini juga masih bersih dan alami. Jarang-jarang sekali sampah dijumpai pada tempat ini. Bertandang ke pantai ini menjadi media rileksasi saat capek tiba menegur. Jika ingin semakin banyak tahu berkenaan pantai Mutiara, simak informasi-informasi di bawah.

Daya Pikat yang Dipunyai Pantai Mutiara

Pantai ini populer dengan keelokan alamnya dan pasir putihnya yang halus. Air lautnya juga benar-benar bersih dan warna makin gelap saat makin menjuru ke dasar laut. Dibalik semuanya, keadaan pantai ini bersih dari ceceran sampah hingga makin nikmat untuk dilihat.

1. Warna Bangunan Menguasai Putih dan Biru

Pantai Mutiara mempunyai beberapa bangunan yang warna putih bersih dengan atap warna biru jelas serupa bangunan-bangunan yang berada di Santorini. Perbedaannya, bangunan yang berada di Santorini beratap kubah dengan warna menguasai putih dan biru. Dan bangunan yang dipunyai pantai ini, beratap limas segi-empat dan prisma segitiga.

2. Pondok

Daya magnet seterusnya adalah pondok. Pondok pada tempat ini berlainan dari umumnya pondok di pantai Indonesia yang beratap daun kering dan beralas bilah kayu. Di sini, pondok dibuat lebih kuat dengan atap genteng dan berpagar kayu di antara kayu penyangganya . Maka seberat apa saja beban yang ditempatkan pada alas pondok, tidak membuat alas ini patah karena tidak kuat meredam beban.

3. Pemandangan Langit Jingga

Seterusnya, pantai Mutiara yang mempunyai pemandangan langit jingga. Pemandangan ini bisa disaksikan saat langit makin petang dan beberapa orang yang melakukan aktivitas mulai kecapekan . Maka, pelancong bisa langsung duduk di pasir sambil memperhatikan setiap gerakan matahari yang makin lama makin terbenam. Lantas, berfoto untuk mendokumentasikan peristiwa singkat ini.

baca : paket wisata Pulau Bintang

4. Tulisan Pantai Mutiara

Daya magnet seterusnya yaitu ada tulisan “Pantai Mutiara” yang besar. Tulisan ini mempunyai warna yang bermacam hingga terlihat elok ditempatkan di atas pasir putih. Pelancong juga dapat jadikan spot ini sebagai tempat memfoto untuk mengidentifikasi jika mereka sudah tiba ke pantai ini dan bergembira di situ.

5. Taman

Pantai ini diperlengkapi dengan taman kecil yang makin menambahkan kenyamanan pengunjungnya. Di taman ini, pelancong dapat bermain ayunan dan berganti-gantian bermain dengan pelancong lain karena faksi pengurus tidak sediakan banyak ayunan.

6. Berpasir Putih

Pantai ini memiliki bentangan pasir putih yang menghampar sepanjang mata melihat sebagai daya magnet paling akhir. Pasir putih ini makin cantik disaksikan saat air laut sedang kering karena pulau sekitaran seperti Talaga, Kadatua Buton Selatan, Kabaena, dan Pulau Siompu kelihatan.

baca juga : Pantai Pulisan, Daya tarik Pantai Pasir Putih dan Bukit Savana di Minahasa Utara

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Pantai Mutiara

Pantai pasir putih ini ada di Kabupaten Buton. Dapat disebut, untuk dapat sampai ke pantai ini perlu saat yang cukup lama. Jika pergi dari dermaga Wamengkoli, pelancong harus tempuh sepanjang delapan puluh km. Apabila pergi dari Kota Labungkari, pelancong diwajibkan tempuh perjalanan sepanjang enam puluh km.

Dan jika pergi dari Kota Baubau, saat yang diperlukan untuk dapat sampai ke pantai Mutiara yaitu kurang lebih tiga jam. Tetapi jika tempuh melalui lajur laut, supaya dapat sampai ke lokasi pantai perlu waktu sekitaran lima jam naiki kapal cepat.

Pergi langsung dari Jakarta juga dapat. Triknya, pesan ticket ke arah kota Kendari dalam jarak menempuh tiga jam. Kemudian, ke arah Kota Baubau sepanjang lima jam menggunakan perahu motor. Dan lanjut ke lokasi pantai memakai kapal feri sepanjang tiga jam. Lebih kurang saat yang diperlukan sekitaran sebelas jam.

Dahulunya, akses ke arah tempat ini masih berdebu dan banyak berlubang hingga membuat beberapa pelancong yang sambang kerap kelilipan. Tetapi karena jumlahnya keluh kesah, pada akhirnya di tahun akhir 2020 pemda mulai mengatur akses jalan jadi beraspal. Semua kendaraan darat juga dapat dipakai untuk ke arah tempat ini.

Harga Ticket Masuk Pantai Mutiara Buton

Berkunjung pantai Mutiara, pelancong diwajibkan bayar ongkos masuk sebesar sepuluh ribu rupiah setiap kendaraan beroda 4 dan lima ribu rupiah setiap kendaraan beroda 2. Harga untuk hari biasa dan hari liburan juga dibikin sama hingga pelancong tidak berkeberatan bayar ticket kapapun mereka ingin pergi.

Waktu jam buka-tutup khusus tidak diputuskan pada tempat ini hingga pelancong dibebaskan ingin tiba di jam berapa saja. Dan saat-saat repot pantai ini berada di jam satu sampai dua siang . Maka bila ingin bertandang di saat sepi, hadirlah saat sore atau pagi hari. Dan yang paling direferensikan ialah tiba di saat sore supaya bisa nikmati panorama matahari tenggelam.

Pantai ini menarik ongkos parkir ke pengendara sepeda motor sebesar dua ribu rupiah dan lima ribu rupiah ke pengendara mobil. Dengan demikian, penjaga parkir akan jaga tiap kendaraan yang diparkirkan sampai diambil kembali oleh pemiliknya.

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Pantai Mutiara

1. Memancing

Pantai Mutiara banyak memiliki macam ikan yang dapat untuk dipancing. Jika ikan mempunyai panjang badan lebih dari sepuluh cm, karena itu ikan ini dapat diamankan untuk dimakan. Jika kurang dari itu, karena itu harus dilepaskan meskipun harus menanti lama untuk memancingnya.

Kadang, nelayan memasangkan jala di perairan pantai karena ekosistem ikan di pantai ini tetap terlindungi. Ada ikan ini, jadi bukti jika pantai ini belum juga tersentuh beberapa orang karena umumnya bila pantai telah banyak dikunjungi orang, ikan-ikan akan takut untuk memperlihatkan diri dan condong berenang ke laut yang lebih dalam.

baca lagi : Pantai Malalayang, Tujuan Rekreasi Pantai Favorite di Kota Manado

2. Berpose

Berpose menjadi opsi aktivitas yang dapat dilaksanakan di pantai ini. Di sini, pelancong bisa pilih ingin jadikan tulisan besar “Pantai Mutiara”, pasir putih dan laut yang jernih, pondok, ayunan, atau taman sebagai latar berpose.

3. Berenang

Berenang sebagai pilihan bagus yang dapat dilaksanakan pelancong yang suka olahraga air. Di sini, pelancong dapat berenang sepuasnya karena ombak di pantai ini termasuk tenang dan mempunyai perairan yang diangkat. Dan pelancong bisa menggunakan tirai surya supaya tidak terbakar saat melalui air pantai.

4. Lari Kecil

Pantai Mutiara mempunyai sarana yang tidak biasa yakni tempat lari. Tempat ini ditujukan ke pelancong yang suka lari pendek supaya masih tetap jaga kebugarannya. Pelintasan untuk lari ini dibikin lumayan panjang supaya pelancong makin kerasan olahraga.

5. Duduk-Duduk

Sekedar duduk sebagai kegiatan yang sangat rileks dan pas untuk dilaksanakan golongan tiduran. Anda bisa beraktivitas ini dalam pondok karena terhambat dari panasnya terik cahaya matahari. Pelancong juga bisa lakukan beragam kegiatan seperti makan, melamun, tidur, menanti, atau sholat pada tempat ini sambil rasakan sepoi-sepoi angin sedang terhembus.

6. Bermain Pasir

Di bentangan pasir putih yang agak miring, pelancong bisa bermain dengan pasir. Pelancong juga dapat cetak bangunan istana tiga dimensi menggunakan ember cetakan atau membuat saluran sungai yang bersumber ke pantai. Jika berasa terlampau kekanak-kanakan, pelancong dapat coba kegiatan menulis beberapa huruf sampai tercipta sebuah kata atau memendam diri ke dalamnya.

Pemondokan Murah Paling dekat dari Lokasi Pantai Mutiara

1. Villa Nirwana Buton

Pemondokan pertama kali yang terdekat dengan lokasi pantai Mutiara adalah Villa Nirwana Buton. Pemondokan ini sediakan taman dan restaurant dan panorama ke arah langsung ke pantai. Sarana yang diberi di pemondokan ini yaitu Wi-Fi, AC, podium, dan sepeda. Pemondokan ini juga memberikan dukungan kegiatan menyelam dan berenang.

2. Hotel Galaksi Inn

Pemondokan ke-2  yaitu hotel Galaksi Inn. Hotel ini sebagai hotel bintang dua yang sediakan sarana tambahan berbentuk menu makanan nusantara dan Wi-Fi.

3. Sanggahrloka Menyelam Hoga

Dan pemondokan paling akhir ialah Sanggahrloka Menyelam Hoga. Sarana yang dapat dicicipi di pemondokan ini adalah penitipan bayi, bar, persewaan mobil, pemancingan, dan warung kopi.

Sarana yang Ada di Pantai Mutiara Buton

Pantai Mutiara telah banyak sediakan sarana untuk pengunjungnya. Sarana yang disiapkan seperti pondok, lajur lari, tempat membakar ikan, persewaan ban, musala, toilet, tempat parkir, dan tempat basuh air.

Persewaan ban ini disiapkan untuk pelancong yang ingin bermain air tetapi takut terbenam. Dan tempat membakar ikan dapat digunakan pelancong yang sukses mendapatkan beberapa ekor ikan saat memancing untuk melahap hasil tangkapannya pada kondisi fresh.

Demikian penjelasan ringkas berkenaan ticket masuk, jalur ke arah Pantai Mutiara, sarana, daya magnet, tiga pemondokan paling dekat, dan jenis aktivitas yang dapat dilaksanakan. Mudah-mudahan info di atas bisa menolong Anda yang ingin berkunjung pantai eksotik di Buton ini

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.