December 7, 2022

Cara Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Tips Hidup Sehat Supaya Awet Muda

Perbedaan Lembaga Pembiayaan Pembangunan Indonesia dengan Lembaga Pembiayaan Lain, Wajib Tahu!

2 min read
Perbedaan Lembaga Pembiayaan Pembangunan

Bagi masyarakat awam, mungkin lembaga pembiayaan pembangunan masih terdengar asing. Namun lembaga ini punya peranan yang sangat penting dalam upaya mensejahterakan masyarakat. Lantas, apa perbedaan antara lembaga pembiayaan pembangunan Indonesia dengan lembaga pembiayaan lain ? Yuk simak selengkapnya berikut.

Apa Itu Lembaga Pembiayaan?

Untuk mengetahui perbedaan antara lembaga pembiayaan pembangunan dengan lembaga pembiayaan lainnya, maka terlebih dahulu anda perlu memahami apa itu lembaga pembiayaan sendiri. Yang mana lembaga pembiayaan berbeda dari lembaga keuangan, aktivitasnya yaitu menjalankan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal.

Sehingga keberadaannya tidak kalah penting dari lembaga keuangan yang mempunyai kegiatan usaha menghimpun serta menyalurkan dana pada masyarakat. Karena dengan adanya lembaga pembiayaan, maka masyarakat dapat memperoleh dana yang bisa mendukung perkembangan ekonomi nasional.

Macam Macam Lembaga Pembiayaan

Pada praktiknya, ada beberapa macam lembaga pembiayaan yang bisa ditemukan. Jadi selain lembaga pembiayaan pembangunan Indonesia, ada juga lembaga pembiayaan lain yang mempunyai fungsi tidak kalah penting. Berikut masing masing penjelasannya untuk mengetahui perbedaan antara satu lembaga pembiayaan dengan lembaga lainnya.

  1. Perusahaan Pembiayaan

Perusahaan pembiayaan merupakan satu dari macam macam lembaga pembiayaan yang ada di Indonesia. Perusahaan ini didirikan dengan tujuan melakukan pembiayaan konsumen, leasing, usaha kartu kredit, serta anjak piutang. Dan seperti yang telah diketahui secara luas bahwa perusahaan leasing yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) kini sudah cukup banyak.

  1. perusahaan Modal Ventura

Jenis lembaga pembiayaan lain yaitu perusahaan modal ventura atau venture capital company. Sesuai dengan namanya, lembaga ini memiliki fokus pada penyertaan modal suatu perusahaan. Yang mana modal disertakan sesuai kesepakatan tanpa agunan dalam kurun waktu tertentu. 

Aktivitasnya antara lain pembelian obligasi konversi, penyertaan saham, dan pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha. Perlu diketahui bahwa risiko kegagalan yang bisa terjadi di sini bukan berada pada debitur, melainkan ada di tangan pihak perusahaan modal ventura itu sendiri.

  1. Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur

Jenis yang ketika yaitu perusahaan pembiayaan infrastruktur, yang merupakan lembaga pembiayaan pembangunan Indonesia. Sesuai namanya, perusahaan ini dibentuk untuk menyediakan dana bagi proyek proyek infrastruktur. Fungsinya adalah mengembangkan infrastruktur di dalam negeri dalam bentuk dana proyek ataupun dana talangan.

Sebab tidak semua proyek pembangunan infrastruktur mempunyai cukup modal. Sehingga seringkali mengalami kemacetan dalam proses pembangunannya. Sehingga adanya lembaga ini menjadi solusi atas masalah semacam itu. Adapun kegiatan usaha yang dilakukan antara lain pinjaman subordinasi, pemberian pinjaman langsung atau direct lending, serta refinancing proyek infrastruktur.

Dengan mengetahui pengertian serta penjelasan masing masing jenisnya, tentu sudah dipahami jelas perbedaan antara lembaga pembiayaan pembangunan dengan lembaga pembiayaan lainnya. Di Indonesia, contoh lembaga pembiayaan infrastruktur seperti PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur). Penasaran dengan kegiatan usahanya ? Cek ptsmi.co.id untuk melihat produk yang ditawarkan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.