July 7, 2022

Cara Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Tips Hidup Sehat Supaya Awet Muda

Sering Dianggap Sama, Ini 4 Perbedaan Bulgogi dan Yakiniku

2 min read

Jual Bulgogi Murah Harga Grosir Hari Ini April 2022 | Blibli

Jika Anda penggemar masakan Jepang dan Korea, Anda pasti tahu yakiniku dan bulgogi, yaitu hidangan daging cincang. Kedua makanan ini sering dibingungkan karena di Jepang sama-sama disebut yakiniku karena terbuat dari daging yang digiling halus, dipotong-potong kemudian dibumbui dan kemudian dibakar sampai matang.

Menurut cerita, bulgogi sudah ada di Korea, baru kemudian dibawa oleh imigran Korea ke Jepang setelah Perang Dunia II. Selanjutnya adalah yakiniku pertama yang dibuat oleh Harumonyaki di Kansai, dengan demikian bisa dikatakan yakiniku ini mengadaptasi masakan bulgogi Korea.

  1. Bumbu

Bulgogi menggunakan saus tiram, lada hitam, bawang putih, jahe, minyak wijen, gula dan bahan tambahan untuk irisan daun bawang, bawang bombay dan cabai hijau besar. Sedangkan yakiniku menggunakan kecap asin jepang, sake, gula, bawang putih, manis kecap dan minyak.

 

  1. Cara Memasak

Untuk membuat bulgogi, Anda perlu merendam irisan daging dalam rendaman bumbu selama sekitar lima jam. Sedangkan untuk yakiniku, sebagian besar tidak direndam atau hanya sebentar.

Sesaat setelah marinasi, daging yakiniku harus segera dimasak di atas panggangan atau di barbekyu khusus. Bulgogi dimasak di atas wajan yang sangat panas sehingga masih ada saus yang dihasilkan dari kaldu sapi.

 

  1. Tampilan Sajian

Jika diperhatikan lebih seksama, daging bulgogi lebih terang warnanya saat dimasak daripada daging yakiniku, yang warnanya lebih cokelat dari daging bulgogi karena yakiniku dimasak langsung di atas wajan. Selain itu, daging yakiniku dikaramelisasi saat dipanggang, sehingga memiliki warna yang lebih kecoklatan karena menggunakan campuran kecap manis.

Rasa yakiniku bahkan lebih lembut daripada bulgogi.

 

  1. Cara Menyantap

Daging yakiniku biasanya lebih besar dari daging bulgogi, jadi ketika hampir matang, daging yakiniku harus dipotong-potong terlebih dahulu menggunakan gunting kemudian dimakan dengan terlebih dahulu dicelupkan ke dalam saus bulgogi dan bersama nasi putih panas. Sedangkan bulgogi disantap dengan bahan tambahan selada dengan kimchi dan gochujang atau sambal terasi.

Jadi cara memakannya dengan meletakkan daging bulgogi dengan kimchi dan gochujang di atas daun selada, lalu dibungkus dan langsung dimakan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.