July 7, 2022

Cara Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Tips Hidup Sehat Supaya Awet Muda

Sholawat Nariyah : Teks Dalam Huruf Latin, Arti, Keutamaan, Dan Tata Cara Melakukannya

2 min read

Bacaan Sholawat Nariyah Lengkap Arab, Latin dan Keutamaan

Membaca sholawat nariyah merupakan salah satu cara mengungkapkan cinta kepada Rasulullah SAW. Sholawat nariyah sendiri merupakan salah satu sholawat yang populer untuk mengungkapkan kecintaan dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW.

Dengan melantunkan sholawat juga maka artinya kita sudah menyampaikan harapan dan doa agar kelak mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut sudah tertulis didalam Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 56, yang artinya :

“Sesungguhnya Allah dan malaikat – malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang – orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Sholawat nariyah diciptakan oleh Syekh Nariyah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW. Dikisahkan bahwa Syekh Nariyah diberkahi anugerah dari Allah SWT setelah membaca sholawat nariyah yang ke-4.444 kali. Setelah membaca sholawat nariyah, sahabat Rasulullah SAW tersebut mendapat anugerah dari Allah SWT.

Selain itu, ia juga meminta kepada Rasulullah SAW agar dimasukkan ke surga pertama kali bersamanya. Hal tersebut mendapat respon positif dari Nabi Muhammad SAW. Sebab, Nabi Muhammad SAW berperan sebagai wasilah untuk melancarkan doa umat yang bersholawat kepadanya.

Setelah mengetahui sejarah singkat sholawat nariyah, saatnya kamu belajar teks sholawat nariyah yang bisa dilantunkan. Sebenarnya sholawat nariyah bisa kita baca dimanapun dan kapanpun. Namun, waktu terbaik untuk melantunkan teks sholawat ini adalah setelah sholat. Lantas, bagaimana isi dari bacaan sholawat nariyah? Simak dibawah ini penjelasan tentang teks sholawat nariyah dan keutamaannya !

  1. Teks Sholawat Nariyah Dalam Huruf Latin Yang Bisa Dilantunkan Setelah Sholat

“Alloohumma sholi sholaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu wa tuqdhoo bihil hawaa-iju.

Wa tunaalu bihir-roghoo-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqol ghomaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka.”

Artinya : “Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan serta husnul khatimah. Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau.”

  1. Keutamaan Melantunkan Sholawat Nariyah

Dalam salah satu riwayat yang tertulis di Kitab Khozinatul Asror, dikisahkan bahwa sholawat tafrijiyah qurthubiyah merupakan salah satu sholawat yang paling mustajab. Sejumlah orang Maroko menyebut sholawat tafrijiyah qurthubiyah tersebut sebagai sholawat nariyah yang dilantunkan saat menginginkan sesuatu.

Disebutkan bahwa saat umat muslim berkumpul kemudian membaca sholawat nariyah sebanyak 4.444 kali, maka keinginan mereka bisa tercapai.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengamalkan sholawat nariyah, diantaranya yaitu :

  • Baca sholawat nariyah sebanyak 11 kali setiap hari jika ingin dilancarkan rezekinya.
  • Baca sholawat nariyah sebanyak 100 kali setiap hari jika ingin dilancarkan hajat atau keinginan yang sangat ingin dicapainya.
  • Bacalah sholawat nariyah sebanyak 4.444 kali kemudian mohon dikabulkan hajatnya jika ingin agar hajat besarnya tercapai secara gemilang.

Itulah teks sholawat nariyah dalam hurup latin yang bisa kamu baca dan lantunkan beserta arti dan keutamaan serta tata cara melakukannya.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.