Strategi Bisnis Jualan Food & Beverage (F&B) Agar Laris Pembeli

Strategi Bisnis Jualan Food & Beverage (F&B) Agar Laris Pembeli

Bisnis F&B merupakan salah satu kategori bisnis yang digemari oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Semua orang pastinya butuh makanan dan minuman untuk bertahan hidup. Oleh karena itulah sampai saat ini bisnis F&B tidak pernah meredup. Bahkan, dengan adanya sistem jualan online dan katalog online, pelaku bisnis ini dapat meraup jangkauan pasar yang lebih luas lagi.

Meski terlihat menggiurkan untuk ditekuni, nyatanya Anda tidak bisa sembarangan dalam menjalankan bisnis F&B ini. Seperti yang dikatakan tadi, saat ini banyak orang yang membuka bisnis F&B, otomatis persaingan pasar akan sangat ketat. Dibutuhkan strategi bisnis yang tepat agar bisnis F&B Anda dapat bertahan. Nah, berikut ini adalah beberapa strategi jualan F&B online yang dapat Anda gunakan.

Strategi Menarik Konsumen dalam Bisnis F&B

1. Buat Toko yang Menarik

Dalam bisnis online, tampilan toko yang menarik dan simpel dapat mengundang pembeli untuk datang. Pembeli cenderung akan lebih suka pada saat masuk ke toko online yang memiliki kecepatan halaman yang baik serta tampilan halaman yang detail dan enak dipandang. Untuk itu, Anda harus membuat toko online yang simpel tetapi tetap dapat menarik perhatian pembeli.

2. Promosi di Media Sosial

Saat ini, media sosial merupakan wadah atau tempat yang dapat digunakan untuk mencari insight yang besar untuk toko online Anda. Untuk itu, jangan lewatkan kesempatan promosi produk makanan Anda di media sosial tersebut. Anda dapat buat akun official Facebook, Twitter, ataupun Instagram untuk promosi produk. Untuk memaksimalkan promosi, Anda juga dapat memasang ads pada media sosial tersebut.

3. Gunakan Endorsement

Strategi bisnis kuliner berikutnya adalah menggunakan sistem endorsement. Anda dapat menjalin kerja sama dengan akun ataupun influencer yang memiliki follower besar untuk mempromosikan produk Anda. Namun, dalam memilih influencer juga harus disesuaikan dengan produk Anda. Karena bisnis yang Anda geluti adalah F&B, maka Anda dapat cari influencer yang ada hubungannya dengan dunia kuliner.

4. Buat Promosi dan Penawaran Menarik

Memberikan penawaran seperti diskon, promosi produk, pemberian bonus, dan lain sebagainya dapat Anda gunakan untuk menarik pembeli. Pada umumnya, para pembeli mencari produk yang dapat dikonsumsi bersama-sama dan ada diskonnya. Nah, melihat hal seperti itu, Anda dapat berikan potongan untuk pembelian tertentu ataupun Anda dapat berikan diskon dan harga promo.

Namun, dalam memberikan penawaran baik diskon maupun promosi tersebut, Anda tetap harus memperhitungkannya dengan baik. Jangan sampai penawaran yang diberikan terlalu berlebihan. Selain itu, Anda selaku pebisnis di bidang F&B harus rajin-rajin melakukan inovasi agar para konsumen tidak merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Strategi bisnis kuliner di atas akan lebih bagus lagi jika Anda juga memiliki katalog online yang dapat diakses pelanggan dengan mudah. Apabila Anda ingin bisa membuat katalog secara online dan menjalankan bisnis kuliner dengan mudah, aplikasi pesan lokal adalah jawabannya.