Tempat Rekreasi Pulau Pramuka Di Kepulauan Seribu

tempat Rekreasi Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu, Jakarta, menjadi alternative arah rekreasi alam yang relatif gampang dan murah dicapai. Rekreasi air jadi unggulan di sini. Masih ada di teritori Kepulauan Seribu, pulau ini tawarkan daya tarik rekreasi bahari yang menarik.

Pulau Pramuka yang dengan penduduk sekitaran 1.700 jiwa ini ialah penyambung ke beberapa lokasi rekreasi snorkeling dan penyelaman di teritori Kepulauan Seribu Utara. Dikutip dari Kompas Travel, baca informasi rekreasi mengenai keelokan dan serunya rekreasi di tempat rekreasi Pulau Pramuka ini.

Tempat rekreasi Pulau Pramuka termasuk komplet dari segi fasilitas simpatisan rekreasi. Di pulau ini lebih banyak ada tempat pemondokan, rumah makan, dan penyuplai jasa penyelaman. Ada juga sarana komunikasi, rumah sakit, dan jasa penyeberangan. Tidak sangsi, pulau ini juga masuk ke daftar tempat rekreasi di Jakarta terkini yang baik dan hits.

Pulau yang dahulu namanya Lang ini bisa diraih dengan kapal ojek dari Muara Angke, Jakarta Utara, dengan 2-3 jam perjalanan. Pengunjung bisa juga meraihnya dari Marina Ancol dengan kapal cepat sepanjang 1-2 jam dan dari Tanjung Pasir, Rawa Setiap, atau Kronjo di Kabupaten Tangerang.

Pulau Pramuka memanglah bukan arah khusus rekreasi laut. Tetapi, pengunjung dapat nikmati perairan dangkal sama air jernih, berkayak, atau naik sepeda keliling di pulau yang mulai ditempati tahun 1970-an ini. Di pulau ini juga, Pemerintahan DKI Jakarta lewat Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu tempatkan pusat info wisatawan. Anda dapat menanyakan mengenai beberapa objek yang dapat dicapai dari Pulau Pramuka, beberapa lokasi pemondokan, contact kapal penyeberangan, atau fasilitas lain.

baca : 13 Hal Yang Dapat Dilaksanakan di Pulau Macan jakarta

Masyarakat sewakan sepeda Rp 10.000 /jam atau Rp 40.000 setiap hari untuk nikmati pulau. Kebenaran Pulau Pramuka mempunyai jalan berpaving dengan lebar 2-4 mtr. yang sama-sama tersambung. Di pulau yang membentang selatan-utara ini, panorama matahari keluar dan tenggelam dapat dicicipi dengan beberapa ayunan langkah kaki.

Berkayak di perairan dangkal disamping timur tidak kalah menarik. Disamping ini, Pulau Pramuka mempunyai “sabuk hijau” berbentuk jejeran bakau yang dirintis semenjak tahun 1999. Di sore hari, anak-anak dan ibu-ibu memancing udang atau ikan di teritori yang kerap digunakan aktivis lingkungan untuk mendidik siswa mengenai ekosistem mangrove.

Pengunjung dapat saksikan secara langsung penangkaran penyu sisik (Eretmochelys imbricata) disamping timur Pulau Pramuka. Lokasi ini ialah satu diantara beberapa tempat penangkaran satwa yang dirintis semenjak 1984. Penyu sisik sebagai satwa ciri khas yang menempati beberapa pulau di Kepulauan Seribu. Organisasi Internasional untuk Pelestarian Sumber Daya Alam (International Union for Conservation of Nature) tinggalkannya sebagai hewan yang hampir musnah.

Rekreasi Snorkeling Dan Menyelam Di Pulau Pramuka

Pelancong biasanya bermalam di Pulau Pramuka, lalu berenang atau menyelam di beberapa pulau sekitaran, memiliki jarak 1-3 km, seperti pada Pulau Kreasi, Semak Daun, atau Air, bersama operator atau pemandu.

Perairan di Semak Daun sebagai lokasi favorite snorkeling dan penyelaman di dekat Pulau Pramuka. Tetapi, bila angin ribut yang bakal memunculkan bahaya dan menghalangi perahu kayu, Anda bisa berkunjung Pulau Air yang kemungkinan tidak banyak kendala angin untuk meraihnya. Air dan keadaannya lumayan baik di Pulau Air. Pulau punya individu ini mempunyai pantai berpasir putih disamping timur, air jernih, dan cemara dan tumbuhan ciri khas pesisir.

Pulau Pramuka dan biasanya beberapa pulau di teritori utara terhitung teritori Taman Nasional Kepulauan Seribu. Teritori ini memiliki sumber daya alam yang unik, khususnya bawah laut dan ekosistem karang yang unik.

Perairannya mempunyai terumbu karang pinggiran (fringing reef) di kedalaman 1-20 mtr. dengan beberapa biota yang hidup, diantaranya ikan hias, ikan konsumsi, moluska, penyu, mangrove, dan padang lamun. Lamun ialah tumbuhan yang menyesuaikan untuk hidup di air asin. Kehadirannya bisa secara mudah diketemukan di perairan dangkal Kepulauan Seribu. baca juga sewa penginapan pulau bidadari

Selainnya tumbuhan laut, pengunjung dapat menjumpai ikan-ikan warna menarik di kedalaman sampai 10 mtr.. Biota laut memang tidak sekitar dahulu saat sebelum tahun 2000 saat pariwisata belum berkembang. Tetapi, penyelam dapat merasakannya disekitaran rangkaian beberapa pulau karang Kepulauan Seribu.

Hebat dan asyik bukan rekreasi Pulau Pramuka? Anda dapat bermalam habiskan waktu berlibur Anda di Pulau ini untuk nikmati keelokan bawah laut Pulau Pramuka. Apa lagi ajak keluarga atau rekan pasti membuat berlibur Andah semakin bertambah asyik dan hebat. Demikian sepintas informasi mengenai tempat rekreasi Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu, mudah-mudahan berguna.