Tips Memilih Koper untuk Wisata dan Traveling

Sebelum melakukan perjalanan, berwisata atau traveling, ikuti panduan berikut ini dalam hal pemilihan koper yang tepat dan terbaik sesuai budget dan kebutuhan kamu.

1. Ukuran Koper
Kalian tidak dapat berpergian dengan berat, bahagia dan murah. Pilih dua diantaranya
Jika kamu memilih pergi dengan berat dan bahagia, pilih koper ukuran yang besar agar dapat memuat pakaian ataupun barang apapun yang ingin kamu bawa. Tapi kamu harus siap dengan resikonya, koper yang terlalu besar akan menyulitkan kamu saat membawanya.

Sedangkan jika kamu memilih pergi dengan bahagia dan murah, koper ukuran kabin sudah cukup. Jika kamu memilih pergi berwisata dengan cara berat dan murah, koper ukuran menengah bisa menjadi pilihan yang tepat.

Koper Polo Love 20 inch + Cover | Shopee Indonesia

Jadi pada dasarnya, semua tergantung dari kebutuhan masing-masing individu.
Sebagai tambahan, pertimbangkan juga regulasi yang berlaku di maskapai penerbangan yang akan digunakan. Jangan sampai sudah membeli ukuran tas tertentu, ternyata tidak boleh masuk ke kabin pesawat atau kelebihan kapasitas berat yang diijinkan masuk ke dalam bagasi.

Saat ini sangat banyak tersedia warna dan motif dengan beraneka ragam pilihan di pasaran. Tapi ada baiknya kamu memilih warna dan motif yang tidak terlalu umum atau tidak pasaran, tujuannya agar koper lebih mudah dikenali dan memperkecil kemungkinan koper akan tertukar dengan milik orang lain.

Jika tidak bisa mendapatkan warna dan motif yang unik, kamu tetap bisa membuat koper terlihat istimewa dengan menambahkan ciri tertentu misalnya stiker atau cover pelindung dengan motif tertentu.
Sebaiknya hindari pemilihan warna yang cerah seperti putih atau cream karena kotoran akan mudah terlihat jika kotor.

2. Roda pada koper tentunya berfungsi untuk memudahkan saat membawa koper. Jadi, pilihlah koper yang memiliki roda yang dapat berputar dengan fleksibel.
sebaiknya pilih koper yang memiliki 4 buah roda, selain dapat bermanuver dengan baik, koper dengan 4 roda lebih dapat menopang beban bawaan dengan lebih baik. Selain itu, koper dengan roda 4 dapat dengan mudah didorong apabila sedang berada di bandara atau di kota-kota besar yang infrastrukturnya sudah rapi, melalui tangga atau jalan tak berundak dengan mudah.

Jika koper yang kamu pilih ukurannya sangat besar, pilihlah koper dengan dua roda karena lebih mudah untuk menyelip di sela keramaian.

Pilihlah roda koper yang terbuat dari bahan campuran karet agar lebih awet dan fleksibel. Tambahan lainnya, cari roda koper dengan bahan campuran dari karet agar lebih awet.

3. Pegangan koper merupakan salah satu bagian dari koper yang paling cepat rusak apalagi akibat dari petugas bandara yang melempar koper dengan memegang gagang pada saat dimasukkan ke bagasi pesawat. Jadi pastikan koper yang kamu beli memiliki pegangan yang kokoh sebelum memutuskan untuk membelinya. Koper dengan pegangan ganda biasanya lebih awet dibanding koper dengan pegangan tunggal. Pastikan juga bagian dalam koper, gagang koper yang baik akan memberikan ruang lebih banyak di dalam koper bukan malah menyita ruang dalam koper.

Tags: