Tips Memilih Mahar dengan Tepat

Tips Memilih Mahar dengan Tepat

Mahar juga tidak kalah penting dengan cincin nikah, kedua hal ini wajib Anda perhatikan dan persiapkan dengan sangat teliti. Sebab, ketika melangsungkan pernikahan, mahar akan menjadi elemen yang sangat penting dan harus ada. Mahar ini akan diberikan dari pengantin laki-laki kepada pengantin perempuan.

Sementara itu, memilih mahar yang cocok dan tepat bukanlah langkah yang mudah untuk dilakukan. Anda perlu memperhitungkan semua halnya dengan baik dan harus sesuai dengan pertimbangan yang sudah ada.

Membaca sampai sini Anda jadi semakin yakin kan, bahwa mahar tidak kalah penting dengan cincin nikah. Maka dari itu, jangan pernah meremehkan mahar pernikahan dan selalu fokus pada saat memilihnya.

 

Tips memilih mahar yang sesuai

Tips Memilih Mahar dengan Tepat

Dikarenakan pemilihan mahar yang sesuai alias cocok tidak semudah kelihatannya, maka kemungkinan besar banyak orang akan membutuhkan tips-tips untuk melakukannya. Dengan memilih mahar yang sesuai atau cocok, hari pernikahan akan semakin mudah dikenang dan menjadi sejarah yang tak terlupakan.

Nah, tak perlu membahas lain halnya lagi, mari kita simak beberapa tips untuk memilih mahar yang sesuai:

  • Memperhitungkan anggaran yang dimiliki dan jangan sampai membeli barang yang tidak sesuai dengan budget yang telah dipersiapkan.
  • Diskusikan barang mahar dengan pasangan supaya tidak terjadi kesalahpahaman di hari esok.
  • Menyesuaikan mahar dengan tujuan dan misi bersama.
  • Jangan terpengaruh oleh omongan orang lain selain pasangan.

Ketika Anda mengikuti beberapa tips di atas, kemungkinan untuk Anda bisa mendapatkan mahar yang sesuai akan lebih besar. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk menerapkan beberapa tips di atas ketika hendak memilih mahar yang sesuai.

 

Lalu, apakah cincin nikah termasuk sebuah mahar?

 

Bagi sebagian besar orang, masih ada banyak yang belum mengetahui mengenai perbedaan cincin nikah dan mahar. Bahkan, ada juga yang bertanya-tanya tentang apakah cincin nikah juga termasuk dari sebuah mahar.

Tentu jawabannya tidak, kedua hal ini merupakan 2 hal yang sangat berbeda dan sangat tidak bisa untuk disatukan. Jadi, hanya dengan membaca penjelasan di atas, Anda jadi tahu kan bahwa cincin kawin tidak bisa disimpulkan sebagai mahar.

Namun, jika pengantin pria memiliki niatan untuk menjadikan cincin kawin sebagai mahar, maka hal itu akan sah-sah saja, akan tetapi pihak pengantin pria tetap wajib memberikan mahar jenis lainnya, misalnya seperangkat alat shalat, uang tunai, maupun perhiasan model lainnya.

 

Tips-tips di atas dapat Anda ikuti dan lakukan dengan mudah sehingga persiapan pernikahan akan jauh lebih mudah juga. Selain itu, Anda harus selalu mengingat bahwa mahar tidak kalah penting dengan cincin nikah, sehingga Anda tidak boleh meremehkannya ketika sedang mempersiapkan hari bahagia ini.