Unsur unsur Desain Grafis

Desain grafis mengandung unsur-unsur yang kurang lebih sama dengan unsur seni rupa pada umumnya. Elemen-elemen ini meliputi garis, bidang, ruang, warna dan tekstur. Kelimanya akan dijelaskan pada poin-poin berikut.

1. Garis

Garis adalah kombinasi titik-titik yang dihubungkan bersama oleh pertemuan, urutan, dan urutan. Garis menekankan kontur atau aksen bidang. Jenis dapat tegak lurus, longitudinal, diagonal, melengkung atau bergelombang, diam atau patah.

2. Bidang / Bentuk

Bidang adalah bentuk yang dihasilkan dari pertemuan titik awal dan akhir suatu garis. Jenis bidang ada dua yaitu geometri, seperti lingkaran, persegi, segitiga dan lain-lain. Serta organik yang meliputi bentuk tidak beraturan yang bebas dan fleksibel.

3. Ruang

Ruang adalah ukuran dari desain grafis. Tempat di mana semua grafik bersatu dalam satu kesatuan. Ruang juga dapat diartikan sebagai area kosong yang memberikan jarak antara satu elemen dengan elemen lainnya.

4. Warna

Pada dasarnya warna adalah gambar yang diterjemahkan oleh otak dari retina mata yang menangkap gelombang cahaya. Warna-warna dalam grafik mempermanis di permukaan elemen dan menciptakan perasaan yang menarik perhatian.

5. Tekstur

Tekstur merupakan gambaran sifat suatu jenis permukaan untuk menciptakan kesan yang dapat dilihat sekaligus disentuh. Layaknya warna, tekstur memberikan sensasi visual yang menarik dan menyenangkan.

Berikut penjelasan singkat dari setiap grafik. Perpaduan kelima elemen tersebut dapat menghasilkan tampilan baru yang menarik jika diterapkan dengan benar. Oleh karena itu, desain grafis juga harus memperhatikan prinsip komunikasi visual yang baik.

Apakah kalian tau apa itu powerpoint? powerpoint adalah…. eitss selengkapnya bisa langsung kunjungi tautan tersebut, disana juga tersedia beberapa template ppt lucu untuk kamu.