Wisata Jogja: Nol KM Malioboro

Titik Nol KM Malioboro merupakan salah satu destinasi wisata yang paling favorot lho, Sahabat Paket Wisata Jogja. Nol KM Malioboro merupakan kawasan yang menjadi pusatnya Yogyakarta. Titik Nol KM Malioboro inilah yang menjadi tolok ukur bagaimana tata Kota Yogyakarta didesain. Ada banyak sekali tempat-tempat menarik yang berdiri di sekitar Nol KM Malioboro ini.

Di antaranya kawasan  Malioboro itu sendiri, Keraton Yogyakarta, gedung-gedung tua peninggalan Belanda, Taman Pintar, Bank Indonesia, Pos Pusat, dan masih banyak lagi. Nol KM Malioboro sendiri selalu ramai pada malam hari. Banyak wisatawan atau orang-orang yang tinggal di Yogyakarta ini yang sering sekali nongkrong di sini. Apa lagi, pada malam hari banyak pedagang makanan yang menjajakan makanan khas Yogyakarta di kawasan ini.

Mides pundong, ayam geprek, oseng mercon, kicikan, lontong goreng, tengkleng gajah, ingkung, mangut lele, bakmi jawa, mie lethek, sate klathak, gudangan, jenang gempol, walang goreng, rujak es krim, kopi joss, kopi klotok, geblek, serabi kocor, dan gudeg itu sendiri, hanyalah sedikit dari sekian banyak makanan yang dijual di kawasan Nol KM Malioboro ini.

Berwisata di Nol KM Malioboro sama saja dengan berwisata sejarah lho, Sahabat Paket Wisata Jogja. Hal ini karena disekitar titik Nol KM Malioboro ini terdapat banyak sekali gedung-gedung tua yang menjadi saksi bisu bagaimana kondisi Yogyakarta pada masa kolonialisme, masa perjuangan, sampai akhirnya mendapatkan kemerdekaan.

Di kawasan Nol KM Malioboro ini berdiri gedung BNI pusat yang bangunannya merupakan peninggalan masa penjaajahan. Kemudian, ada kantor gubernur yang juga merupakan peninggalan Belanda, dan masih banyak lagi, termasuk gedung Bank Indonesia. Tak hanya itu, bahkan di Nol KM Malioboro ini juga dibangun sebuah Monumen Serangan Umum 1 Maret, di mana monumen ini merupakan peringatan sejarah ketika terjadi pertempuran antara Jenderal Soedirman dan Kolonel Soeharto melawan pasukan Belanda di lokasi yang sama.

Jadi, ketika kalian berada di Nol KM Malioboro, selain mendapatkan berbagai wejangan yang berhubungan dengan kepariwisataan, kalian juga sekaligus  akan  merasakan sensasi berada di zona yang dulu pernah menjadi medan  pertempuran antara pahlawan kita melawan penjajah. Di lokasi tersebut pulalah kalian bisa membayangkan bagaimana jika kalian berada di sana pada tanggal 1 maret 1949 ketika pertempuaran itu berlangsung. Hmmm. Serem sekali ya. Apakah kalian akan melarikan diri atau akan melakuakan sesuatu yang lain?

Hal lain yang berkesan dari Nol KM Malioboro ini ialah adanya Gedung Agung yang memiliki nilai sejarah tersendiri tidak hanya bagi rakyat Yogyakarta tetapi juga bangsa Indonesia. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Gedung Agung dahulu pada masa agresi militer Belanda pernah dijadikan sebagai kantor kepresidenan ketika Yogyakarta menjadi ibu kota negara Indonesia pasca jatuhnya Batavia (sekarang Jakarta) ke tangan Belanda. Hmmm.

Sekarang sudah tahu kan ya kenapa Nol KM Malioboro penting menjadi salah satu destinasi yang patut dikunjungi? Hal tersebut karena kalian akan mendapatkan banyak sekali manfaat selama berada di sana. Tak hanya mendapatkan kesenangan karena bisa berwisata, tetapi juga sekaligus belajar sejarah secara langsung di tempatnya dari pada sekadar membaca buku seperti masa-masa sekolah yang hanya bisa membayang-bayangkan tempatnya. Atau, paling jauh melihat gambar yang tertera di buku sejarah tersebut.

Nah, jika kalian semakin penasaran seperti apa wujud asli dari Nol KM Malioboro, langsung saja yuk diagendakan perjalanan wisata kalian bersama Royalindo Wisata. Royalindo Wisata memiliki banyak sekali lho Paket Wisata Jogja murah. Mulai dari Paket Wisata Jogja 1 hari sampai dengan Paket Wisata Jogja 5 hari 4 malam. Selain itu, juga ada Paket Wisata Jogja honeymoon.

Menariknya, setiap Paket Wisata Jogja ini masih dibagi-bagi lagi ke dalam banyak tipe. Di mana tipe-tipe ini menawarkan daftar destinasi wisata yang relatif berbeda dengan tipe lainnya. Dari segi tarif pun, juga berbeda antara satu tipe dengan tipe lainnya. Nah, kalian tipikal yang seperti apa nih orangnya? Langsung saja yuk pilih Tipe Paket Wisata Jogjanya agar liburan kalian sesuai dengan ekspektasi kalian.